7 Impian Teknologi Masa Depan

Posted on

7 Impian Teknologi Masa Depan – Update hari ini tentang Teknologi Masa Depan, kali ini akan dibahas tentang 7 Impian Teknologi Masa Depan.

Nyatanya, arti kata Teknologi sebenarnya adalah sebuah sarana untuk menyediakan barang atau gadget yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia.Jika anda mendengar kata TEKNOLOGI. Apa yang terbesit difikiran anda? Pastinya sebuah alat yang bisa memudahkan manusia dalam segala urusannya.

Sekarang ini sudah banyak teknologi yang berkembang di dunia, dan pastinya anda sudah menikmati itu semua. Saat ini kehidupan manusia sudah sangat tergantung dengan yang namanya teknologi mulai dari hal yang sederhana sampai hal yang kompleks sekalipun sekarang telah bergantung dengan teknologi.

7 Impian Teknologi Masa Depan

7 Impian Teknologi Masa Depan

Coba kita bandingakan perkembangan teknologi dari masa ke masa, coba kita tengok bagaimana teknologi jaman dahulu, semua serba manual manusia pun bekerja lebih lambat, kita ambil contoh komunikasi. Untuk berkomunikasi jarak jauh,  mereka harus menulis surat dan mengirimkannya yang prosesnya juga cukup lama untuk sampai ke orang yang dituju. Sekarang bandingkan dengan teknologi jaman sekarang yang sudah lebih canggih, kita tidak perlu susah-susah menulis, sekarang sudah ada komputer dan printer yang bisa digunakan untuk mencetak bahkan hasilnya akan lebih bagus dibandingkan dengan tulisan tangan, untuk berkomunikasi manusia tidak perlu ribet mengirimkannya melalui pos yang akan memakan waktu cukup lama, sudah banyak alat yang akan mendukung manusia dalam hal komunikasi. Handphone dan internet kini sudah mendunia dan sudah umum digunakan oleh manusia di bumi bahkan sekarang ini banyak produsen alat komunikasi yang sedang berlomba-lomba untuk menciptakan alat yang lebih canggih.

Dari semua itu bisa kita simpulkan bahwa untuk teknologi untuk beberapa tahun kedepan dimungkinkan akan lebih canggih dari saat ini. Teknologi berkembang sangat cepat di dunia, berbagai teknologi telah diciptakan. Namun tahukah anda bahwa masih banyak lagi teknologi-teknologi yang ada di pikiran manusia dan bisa dibilang sebagai khayalan bahkan mustahil untuk di ciptakan.

7 Impian Teknologi Masa Depan

Berikut beberapa teknologi masa depan yang sedang dikembangkan manusia :

1. Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah teknologi masa depan yang dapat membantu manusia untuk memanipulasi partikel-partikel kecil yang hanya seukuran atom. Nanometr mempunyai ukuran 1 per semilyar meter yang mungkin sangat kecil sekali dan sulit di pegang dengan tangan kosong. Sebagai tujuannya nanoteknologi diperkirakan mampu menciptakan material-material baru di masa depan.

2. Invisible Car

Invisible Car adalah Mercedes yang baru-baru ini “show-off” kendaraan invisiblenya di youtube. Mereka mengatakan bahwa produknya tidak akan dikomersilkan setidaknya sampai tahun 2014.

3. Space Elevator

Space Elevator ini yang sedang giat-giatnya dikembangkan oleh Negara jagoan robot dunia yaitu Jepang. Ini merupakan elevator ruang angkasa dengan kabin berkapasitas 30 orang yang akan membawa manusia dari bumi menuju stasiun luar angkasa dalam waktu delapan hari.

4. Driverless Car

Teknologi-teknologi pendukung mobil tanpa pengemudi sudah ada seperti GPS, line departure warning system dan self-parking feature. Tinggal menunggu saja untuk mewujudkan driverless car tersebut.

5. Flaying Car

Ketika anda berada dalam situasi macet parah pasti anda akan berfikir seandainya ada mobil terbang. Dan ternyata dalam waktu dekat memang hal tersebut akan benar-benar terjadi. Perusahaan yang bernama “terrafugia” yang akan memamerkan mobil terbang mereka pada “New York Autoshow 2012”.

6. Mind reading

IBM salah satu badan komputer dunia menjanjikan bahwa lima tahun kedepan mereka akan memiliki komputer yang mampu berinteraksi dengan manusia melalui fikiran. Manusia akan memakai headset yang dapat membaca gelombang fikiran dari otak yang kemudian mengirimkannya pada komputer.

7. Scramjet

Scramjet akan terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara. Dibandingkan dengan Raptor milik Amerika yaitu pesawat tercanggih saat ini yang maksimal kecepatannya  2 kali kecepatan suara.

Jika kita sedang tinggal di New York dan ingin pergi ke Tokyo menempuh waktu yang cukup lama yaitu 18 jam (1080 menit), jika ditempuh dengan menggunakan pesawat Scramjet waktu yang ditempuh hanya 120 menit.

Teknologi memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan hidup manusia, akan tetapi bukan berarti kita manjadi sangat bergantung pada teknologi tersebut bahkan hingga menjadi suatu habbit dan akan menjerumuskan para manusia kedalam ketiakproduktifan karena terlalu bergantung pada yang namanya alat instan. Sebenarnya manfaat terknologi adalah untuk meningkatkan taraf dan kualitas peradaban manusia di bumi ke tingkat yang lebih baik. Oleh karena itu, harus dilandasi dengan pemikiran yang kuat agar kedepannya tidak merugikan manusia itu sendiri.

Demikianlah penjelasan singkat tentang 7 Impian Teknologi Masa Depan, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *