7 Jenis Batu Permata Terbaik dan Manfaatnya

Posted on

7 Jenis Batu Permata Terbaik dan Manfaatnya – Kali ini Baca Bagus kembali berbagi 7 Jenis Batu Permata Terbaik dan Manfaatnya, sebelumnya Baca Bagus sudah berbagi Khasiat dan Manfaat Batu Permata Fosil Kayu Cendana.

Tren Batu Cincin kembali menjangkiti masyarakat Indonesia belakangan ini. Warna, ukuran, dan motif nya yang beraneka ragam menarik perhatian banyak orang untuk mengoleksi atau sekedar ikut tren. Dikatakan, batu cincin ini selain bentuknya yang indah sebagai pelengkap fashion pria, batu cincin juga memiliki manfaat yang penting untuk Anda ketahui. Apa saja, sih?

7 Jenis Batu Permata Terbaik dan Manfaatnya

1. Batu Permata Kalimaya
Batu kalimaya merupakan jenis permata asal Banten yang banyak diburu kolektor akik. Harga batu Kalimaya bisa mencapai puluhan juta untuk kualitas terbaik. Adapun khasiat batu akik kalimaya ini dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri pemakainya. Mungkin karena batu ini memiliki corak yang sangat indah dengan variasi warna yang sangat mempesona.

Batu Permata kalimaya

Batu Permata Kalimaya

Di pasaran internasional, batu ini dikenal dengan sebutan black opal yang dipatok dengan harga yang sangat tinggi, sehingga tidak heran jika jenis batu ini menjadi incaran kolektor mancanegara karena nilainya yang terbilang menggiurkan. Bahkan di Jepang batu permata asli Indonesia ini pernah dijadikan sebagai mahar (mas kawin) dalam sebuah pernikahan.

Jenis batu Kalimaya bermacam-macam, tergantung motif dan warna dasar pada batu tersebut. Namanya pun bervariasi, seperti black oval, kalimaya susu, kalimaya kembang, bahkan ada yang memberi nama aneh-aneh tergantung corak dan warnanya. Variasi dan kombinasi warnanya terdiri dari hijau, coklat, ping, merah, biru kehijauan, putih dan lainnya, yang membuatnya terlihat sangat cocok untuk perhiasan, seperti cincin permata, liontin, atau anting-anting.

Khasiat batu Kalimaya menurut mitos yang berkembang tergantung pada kombinasi warna yang dikandungnya. Jika warna itu cocok, katanya bisa membuat pemiliknya hoki dan juga sebaliknya, jika warna yang terkandung tidak cocok bisa berpengaruh negatif bagi pemiliknya,

Berikut ini beberapa khasiat batu kalimaya :

  • Meningkatkan kestabilan psikis.
  • Dipercaya sebagai lambang kejujuran.
  • Bermanfaat sebagai asihan dan meningkatkan rasa cinta.
  • Dipercaya sebagai batu dari surga.

Harga batu kalimaya bisa 2.500 dollar/karat dan masuk dalam jajaran 10 batu mulia termahal di dunia, selain batu yang selama ini dikenal sangat mahal seperti beryl emerald, blue garnet, jadeite, dan lainnya.

2. Batu Permata Bacan
Batu dengan ciri khas warna hijau ini merupakan batu permata populer dan menjadi incaran kolektor dan penggemar. Batu ini banyak ditemukan di Desa Doko dan Desa Palamea sehingga batu ini diberi nama asal ditemukannya yaitu Bacan Doko dan Bacan Palamea.

Batu Permata Bacan

Batu Permata Bacan

Selain kedua jenis batu tersebut, ada juga yang disebut dengan nama bacan obi yang ditemukan di Pulau Obi. Ketiganya berada pada wilayah kecamatan yang sama yaitu Bacan, hanya saja untuk yang yang paling terkenal adalah Palamea dan Doko.

Sama halnya dengan batu jenis lain, batu Bacan juga dipercaya mengandung energi alam yang tersimpan secara alami di dalamnya. Berhubung batu ini disetarakan dengan batu giok dengan ciri khas warna hijau, maka batu ini dipercaya memiliki khasiat untuk menenangkan pikiran, menyeimbangkan emosi, dan menetralisir energi negatif dalam tubuh pemakainya.

Batu bacan, baik jenis doko atau palamea, memiliki keunikan yang tidak dimiliki jenis batu lainnya dan sering disebut batu hidup atau batu bernyawa, sebab batu ini bisa mengkristal sendiri meskipun sudah dijadikan batu cincin atau telah diangkat dari tempatnya mengendap sejak ribuan atau bahkan jutaan tahun dalam perut bumi. Sedangkan batu obi memiliki ciri warna merah, namun tidak punya kelebihan seperti yang terdapat pada Doko dan Palamea, namun termasuk jenis batu yang juga digemari banyak pengemar batu sehingga batu ini juga berharga tinggi.

Khasiat Batu Bacan :

  • Untuk kesehatan jiwa atau psikis.
  • Menyeimbangkan dan mengatasi kelelahan jiwa pemakainya.
  • Dipercaya bisa sakti.
  • Meningkatkan daya pikir yang berkaitan dengan kerja otak.
  • Memperkuat kerja jantung, mata dan membuat tubuh lebih energik.

3. Batu Permata Bulu Macan
Permata Bulu Macan masuk kategori batu akik atau agate. Konon permata Bulu Macan merupakan mustika asli Indonesia yang lebih tepatnya berasal dari daerah Jawa Timur, sekitar Lumajang dan Jember. Pada bentuk fisiknya, batu ini mengeluarkan warna seperti bulu macan.

Batu Permata Bulu Macan

Batu Permata Bulu Macan

Tingginya nilai ekonomis batu ini dikarenakan faktor kelangkaannya. Mustika ini menjadi incaran dan buruan para kolektor dan penghobi batu mulia, terutama yang mempunyai ukuran besar dan bulu yang gondrong. Permata bulu macan ini diyakini memiliki kekuatan gaib atau tuah untuk kewibawaan, kekebalan, dan kesehatan.

Ia juga dipercaya mampu memberikan keseimbangan fisik atau emosional yang lebih baik. Untuk kesehatan, mustika ini sifatnya dingin dan menyejukkan dan digunakan untuk mengatasi masalah hati, perut, usus besar, ginjal, limpa, serta dapat juga untuk menjaga kadar gula darah. Itulah sebabnya batu ini berguna untuk membantu sakit kepala, pusing, dan gangguan keseimbangan.

4. Batu Permata Kecubung

Kecubung atau Amethyst merupakan jenis batu permata populer di dunia dengan warna umum ungu berkilau, merah muda, dan kebiruan. Batu permata ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan batu kecubung ungu dan dipercaya memiliki khasiat dengan harga yang bisa mencapai ratusan sampai puluhan juta rupiah untuk jenis batu terbaik.

 

Batu Permata Kecubung

Batu Permata Kecubung

Kecubung banyak ditemukan di India, Amerika, Srilangka, Namibia, Rusia, Madagaskar, dan BraZil. Di Indonesia, batu ini banyak ditemukan di Kalimantan dan mempunyai banyak nama, seperti kecubung Kalimantan, combong, batu kecubung wulung, dan lain-lain.

Batu kecubung merupakan batuan mineral kuarsa atau jenis mineral berstruktur kristal heksagonal terbuat dari silika (silikon dioksida) dengan tingkat kekerasan hingga 7 mohs. Keunikan warna pada batu permata ini menimbulkan daya tarik tersendiri dan tidak dimiliki jenis batu mulia lainnya. Terkait mitos yang berkembang, batu ini juga dianggap sebagai batu kelahiran Februari dalam zodiak.

Sebutan pada batu ini juga tidak lepas dengan mitos yang berkembang pada zaman itu dan dikenal dengan istilah‘amethyst’ asal kata Yunani ‘amethystos’ yang berarti obat untuk mencegah mabuk. Untuk itulah batu ini dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya, terutama mereka yang lahir di bulan Februari.

Khasiat batu kecubung diantaranya:

  • Sebagai penenang batin.
  • Media mendapatkan kasih sayang dan simpati.
  • Sebagai media pengobatan lahir dan batin.
  • Untuk penyakit fisik: membantu penderita, rabun, sakit kepala, paru-paru, gangguan pencernaan, kecanduan alcohol, atau jenis penyakit yang berhubungan dengan saraf.
  • Untuk penyakit batin: mengendalikan emosi, membentuk karakter pribadi, semangat hidup, keikhlasan, dan kerendahan hati.
  • Membuka aura dan cakra pada tubuh manusia.
  • Dapat menetralisir energi negatif dalam tubuh.
  • Sebagai pengasihan (asihan).

Harga batu kecubung sebenarnya cukup terjangkau untuk kualitas standar, sama halnya dengan jenis batuan lain yang banyak dibuat perhiasan, biasanya dengan kisaran harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Namun untuk kualitas terbaik, kecubung bisa berharga puluhan sampai ratusan juta rupiah.

5. Batu Permata Giok
Cincin Batu Giok terdiri dari dua macam, yaitu nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, dengan jadeit lebih keras daripada nephrite tapi lebih gampang retak.

Batu Permata Giok

Batu Permata Giok

Batu giok di Cina sudah dikenal pada kira-kira 4000 tahun sebelum masehi. Pada zaman kerajaan batu giok banyak diminati oleh orang Cina, dan batu giok menjadi batu tradisional kerajaan Cina, mulai dari pembuatan senjata, perkakas atau perabotan, ukiran tulisan atau gambar, serta perhiasan.

Jadeite kurang lebih sama kerasnya dengan batu quartz. Batu giok yang berwarna putih biasanya adalah nephrite, yang banyak digunakan dan bernilai tinggi di Cina pada saat itu. Biru kehijauan, oranye kemerahan dan, warna lavender biasanya dikategorikan jadeite, jenis batu yang lebih langka dan berharga pada saat ini.

Kegunaan atau Manfaat

Orang Cina percaya bahwa jika memakai batu giok yang lama-kelamaan menjadi lebih kehijauan, maka berarti hoki untuk si pemakai dan makin hijau makin bagus. Batu giok juga dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh, antara lain sebagai jimat atau barang hoki, menolak keracunan atau infeksi, mengusir hawa negative atau ilmu hitam, meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga, serta menghindarkan permusuhan dan rasa putus asa.

6. Batu Permata Amber
Amber kemungkinan adalah zat tertua yang dipakai manusia sebagai perhiasan yang ditemukan di Eropa Utara pada 8000 B.C. Amber yang berasal dari bahasa Jerman, artinya adalah batu yang dapat dibakar. Ia seperti batu yang sering digunakan sebagai perhiasan wanita, tempat pipa, tempat tembakau, dan lain-lain.

Batu Permata Amber

Batu Permata Amber

Batu Amber ada dua jenis:

Amber berasal dari zat organik yaitu dari tumbuh-tumbuhan yang berubah menjadi sejenis getah, ialah dari pohon prasejarah dengan nama latinnya pinus succinifera, tingginya sama dengan pohon cemara zaman sekarang. Pohon ini tumbuh di rimba-rimba raya Eropa dan selama berjuta-juta tahun meneteskan getah (semacam damar) setetes demi setetes yang lama kelamaan membatu. Oleh karena terbenam ke dalam lapisan-lapisan bumi seperti barang tambang (mineral) lainnya, ia disejajarkan dengan jenis barang tambang.

Getah (damar) pohon jenis cemara yang wangi itu dilanda air laut dan tenggelam. Sewaktu terlempar ke pantai lagi dia diberi nama batu busa laut.

Terkadang amber mengandung minyak aetherisch yang biasa disebut minyak barnsteen, minyak amber, atau juga barnsteenzuur. Amber yg didapatkan di penggalian tanah dan di pantai mutunya sama. Nilai kerasnya 2 dalam daftar keras Mohs dan memiliki struktur kristal amorphous dan beratnya lebih berat daripada air.

Warna amber mulai dari kuning kecoklat-coklatan, kuning emas, kuning muda, sampai tua agak kuning. Adapun yang keputih-putihan, warna lemon, biru, merah (dinamakan “cherry amber”), hijau dan ada juga yang hampir hitam.

Kegunaan atau Manfaat Batu Amber

Zaman dulu, jika dibakar batu amber dipercayai bisa membersihkan hawa sekitar terutama pada waktu melahirkan. Batu ini juga dipercayai dapat menyehatkan mata jika dipandang terus. Dari ke 6 Batu diatas memang memiliki manfaat yang nyata, tanpa mengkaitkan perihal kemistikan, jadi ambilah segi positif.

7. Batu Permata Mata Kucing (Cat’s Eye)
Sejak zaman kuno Batu Mata Kucing atau Cat’s Eye sudah dikenal sebagai batu sakral dan dipercaya sebagai batu perlindungan dan keberuntungan bagi pemiliknya. Konon bagi mereka yang percaya, chrysoberyl mampu mengeluarkan aura yang berfungsi menetralisir energi negatif dalam tubuh menjadi energi positif.

Batu Permata Mata Kucing

Batu Permata Mata Kucing

Berikut ini Khasiat Batu Cat’s eye :

  • Dapat menitralisir aura negatif menjadi positif
  • Dipercaya sebagian orang sebagai batu perlindungan dan azimat
  • Untuk meningkatkan kerukunan dan persaudaraan
  • Dapat meningkat daya ingat dan konsentrasi pikiran
  • Cat’ eye warna kuning dipercaya dapat meningkatkan kekayaan
  • Sebagai penangkal bencana dan bahaya
  • Dapat menerangkan penglihatan mata rabun
  • Gangguan sakit kepala dan syaraf
  • Menambah ketenangan dan ketentraman hati
  • Meningkatkan energi tubuh dan memperlancar aliran darah
  • Penambah semangat dan optimisme

Demikianlah 7 Jenis Batu Permata Terbaik dan Manfaatnya, semoga bermanfaat. Baca juga Cara Merawat Batu Permata Fosil Kayu Jati. [bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *