9 Kunci Utama Jadi Pengusaha Sukses

9 Kunci Utama Jadi Pengusaha Sukses – Mungkin banyak para motivator yang berbicara bagaimana menjadi pengusaha yang sukses dan “Sangat Besar”, bahkan mungkin diantaranya yakin 100% dapat membuat orang sukses. Perlu di ketahui ratusan motivator ini tidak akan berarti apa apa ketika anda ingin mulai berusaha. Omongan tersebut pada intinya hanya bersifat global dan hanya untuk motivasi saja. Mengapa demikian ?

Kebanyakan dari kita akan mendengar cerita pengusaha sukses Indonesia mengenai bagaimana kunci sukses berwirausaha, pasti ada hal hal berikut ini.

  • Selalu berusaha keras, jangan takut gagal
  • Ulet, tekun, kerja keras, pantang menyerah
  • Manfaatkan peluang kecil
  • Belajar dan terus belajar

Mungkin kata kata ini sudah bosan kita dengar dari mereka, namun apakah hal ini dapat membuat kita menjadi wirausaha sukses? jawabannya tentu TIDAK.

9 Kunci Utama Jadi Pengusaha Sukses

9 Kunci Utama Jadi Pengusaha Sukses

 

Pengamatan dari perjalanan hidup beberapa pengusaha sukses, baik pengusaha kecil, menengah, dan besar, berikut adalah kunci sukses berwirausaha yang saya rangkum.

1. Skill

Skill ini sangat penting, artinya anda jangan lari dari skill yang anda miliki sekarang. Dalam arti lain, kembangkan bisnis anda berdasarkan skill anda, bukan berdasarkan tren lingkungan sekitar. Kalau pun anda ingin mengikuti tren, pastikan tidak jauh dari skill yang anda miliki. Jika anda punya skill menjadi sales (penjual) maka bekerjalah menjadi penjual. Mungkin banyak di antara kita yang melihat pengusaha awalnya berprofesi menjadi sales. Mengapa ? karena mereka mengetahui luar dalam bisnis. Mereka mengetahui produk, mereka mengetahui klien, artinya mereka memiliki kesempatan besar membuka usaha ini sendiri karena mereka memiliki skill menjual.

Jika anda memiliki skill dan pengetahuan di mesin, maka berbisnisnya di bidang mesin. Jika anda memiliki keluarga di bidang jasa pengiriman, pelajari dan bukalah bisnis di bidang jasa pengiriman. Jika anda memiliki skill mengajar, jadilah guru dan buka lah tempat kursus. Setidaknya kembangkan bisnis berdasarkan skill kita, maka akan lebih cerah prospeknya.

2. Interaksi dunia luar

Adakah bos /owner yang diam? kebanyakan dari kita mungkin menemukan bos yang “bawel” dan pandai berbicara. Benar kebiasaan interaksi dengan teman, dan komunitas, serta orang lain akan membawa kita menjadi pintar. Artinya interaksi ini sangat penting, anda akan menemukan peluang bisnis di situ. Saat anda menjadi karyawan, pastikan anda memiliki interaksi dengan klien, atau minimal teman sekantor untuk melatih skill ini secara tidak langsung.

Interaksi ini sangat penting karena dari sini lah terkadang muncul ide bisnis dan peluang bisnis baru. Jangan sepelekan hal ini.

3. Giat dan Tekun

Giat dan tekun di sini bukan arti dalam bahasa umum, secara spesifik kunci sukses berwirausaha adalah giat. Contohnya jika anda ingin membuka toko elektronik dan tidak tahu bagaimana cara mencari distributor anda  dapat browsing di internet. Ini mungkin belum kelihatan giatnya, lalu bagaimana jika tidak ketemu? yah sudah tongkrongin toko elektronik yang sudah buka, lihat mobil yang datang memasok barangnya, lalu “CEGAT” tanya sebanyak-banyaknya informasi dari situ, selesaiiii.

Baca : Mengenal Apa itu Forex bagi Pemula

Tekun? setelah membuka toko elektronik tersebut, anda jangan ingin langsung kaya, tidak ada usaha yang sukses tanpa “sedikit” kegagalan. Bila perlu anda buka “24 jam non stop” itu adalah tekun + giat.

4. Cari Relasi

Interaksi dengan dunia luar saja tidak cukup, melainkan anda harus mencari relasi. Relasi yang dimaksud di sini bisa dari sisi konsumen atau pun supplier. Cari peluang untuk mendapatkan relasi dari sisi supplier dan dari sisi konsumen. Kehebatan dalam mencari relasi ini akan menentukan kesuksesan kita dalam berbisnis.

5. Mengalah untuk menang

Ketika awal berdiri sebaiknya anda banyak “mengalah”, mengalah disini bukan dalam artian adu jotos. Mengalah disini contohnya jika ada calon konsumen ngotot minta harga perkenalan, sekali kali berikan lah. Jangan egois mematok harga sesuai keuntungan yang telah ditetapkan. Ada baiknya kadang-kadang anda jual “Rugi” untuk mendapatkan konsumen ini.

Jangan pernah meladeni pebisnis yang telah lebih dahulu mapan, selalu rendah hati dan jangan pernah menjadi biang kerok, karena ‘tiupan angin’ saat anda baru berdiri akan membuat anda roboh seketika.

6. Bersyukur namun jangan puas

Banyak orang yang mensalahartikan istilah puas dan bersyukur, sebagai pengusaha pemula anda harus pandai bersyukur namun tidak mudah puas. Bersyukur terhadap apa yang telah anda capai saat ini, JANGAN menghalalkan segala cara untuk mencapai yang lebih besar namun memasukkan anda ke jurang. Namun anda juga JANGAN PUAS dengan apa yang telah di capai saat ini, terus berjuang demi masa depan yang lebih baik.

7. Berjiwa Sosial

Berbaik hati dan berjiwa sosial akan membawa anda menjadi tentram, bagaimana berjiwa sosial dapat menjadi kunci sukses berwirausaha? pikirkan bagaimana anda ingin membuat kaya para karyawan anda? jangan pikirkan bagaimana anda membuat kaya diri anda sendiri. Tentu anda sudah paham maksudnya, cita cita mulia akan membawakan hasil yang mulia.

8. Inovatif

Contoh anda menjual kue dengan harga 2000 Rupiah, sedangkan pedagang kue lain yang telah puluhan tahun berjualan kue di daerah tersebut menjual dengan harga 200 rupiah juga, dengan ukuran dan rasa yang sama. Bagaimana bisa anda mendapat konsumen, tentu pelanggan tersebut tidak akan beralih pada anda. Coba lakukan promosi, beli kue ini 10 x berturut turut, maka akan di pijat 15 menit oleh ahli pijat. Bayangkan ?

9. Hilangkan kebiasaan menunda

Mungkin ini bersifat umum, namun ini merupakan hal terpenting yang menjadikan seseorang pengusaha sukses dan bisnisnya maju. Tidak pernah menunda pekerjaan, lakukan apa saja yang bisa anda lakukan hari ini, jangan tunda besok. Jika membuka servis hp, servis semua hp begitu diterima, jangan ditunda walau 1 jam pun. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepan, bisa saja anda mendapat order 10 hp lagi ?

Baca : Cara Menghadapi Konsumen yang Cerewet

Saya bukan seorang pengusaha yang sukses, namun setidaknya ini adalah hasil rangkuman yang saya amati dari berbagai perkenalan dengan para pengusaha sukses yang membangun bisnisnya dan bercerita dari 0 perkembangan bisnis mereka. Ada banyak cara menjadi orang suskes selama itu positif ikuti saja, namun jika sudah menyimpang silakan di hindari. Setiap orang memiliki cara menjadi pengusaha sukses yang mungkin berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Ada banyak orang Indonesia yang mendunia tentu setiap orang memiliki kesempatan yang sama seperti mereka. Namun tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang dan menjadikannya sumber keberhasilan. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *