Akibat Memberi Madu Bayi Berusia di bawah 1 Tahun

Akibat Memberi Madu Bayi Berusia di bawah 1 Tahun – Pada kesempatan ini admin Baca bagus akan berbagi informasi mengenai Akibat Memberi Madu Bayi Berusia di bawah 1 Tahun, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Ketahui Alasan Bayi sering Kentut dan Solusinya.

Madu dikenal memiliki banyak manfaat, ditambah lagi madu bercita rasa lezat yang mungkin bisa memanjakan lidah Si Kecil. Meski begitu, kamu disarankan untuk tidak memberikan madu pada bayi kamu yang masih  berusia di bawah 1 tahun.

Akibat Memberi Madu Bayi Berusia di bawah 1 Tahun

Akibat Memberi Madu Bayi Berusia di bawah 1 Tahun

Madu termasuk makanan alami yang tampaknya aman diberikan pada semua kalangan. Namun, madu mengandung bakteri Clostridium botulinum yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan sang bayi. Bakteri tersebut biasanya aman jika dikonsumsi oleh anak-anak berusia 1 tahun ke atas, namun sebaliknya jika dikonsumsi oleh bayi.

Bayi berusia 1 tahun ke bawah belum memiliki usus yang kuat untuk melawan bakteri tersebut. Hasilnya, bakteri bisa berkembang dan memproduksi racun yang bisa memicu keracunan makanan (botulisme).

Botulisme sendiri merupakan penyakit yang jarang terjadi, namun bisa berpotensi menjadi penyakit yang fatal dan mengancam jiwa. Bakteri Clostridium botulinum bisa menyerang sistem sarafnya, membuat otot-ototnya lemah bahkan lumpuh, serta mengganggu sistem pernapasannya.

Tanda awal bayi kamu mengalami botulisme yaitu Si Kecil jadi sulit buang air besar alias konstipasi. Mungkin juga tangisan tidak lagi sekencang biasanya, dia juga jadi kehilangan nafsu makan dan tubuhnya terlihat lemas.

Kondisi tersebut harus segera diatasi oleh penanganan medis guna menghindari komplikasi yang bisa mengancam jiwanya.

Alasan lain mengapa kamu jangan memberikan madu pada makanan dan minuman bayi yaitu asupan manis ini bisa merusak giginya yang akan tumbuh nanti. Tidak hanya itu, bayi mungkin jadi terbiasa dengan rasa manis dan membuatnya terus-menerus ingin mengonsumsi makanan manis.

Jika sudah terbiasa dengan makanan manis, di masa mendatang, risiko Si Kecil menderita kelebihan berat badan atau obesitas menjadi lebih tinggi. Hal ini juga bisa memicu dia terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Kamu mungkin pernah melihat ada beberapa produk makanan bayi yang ditambah madu seperti sereal. Madu pada produk tersebut aman dikonsumsi karena bakteri yang terdapat di dalamnya sudah mati akibat proses pemanasan. Namun, jika kamu khawatir dengan keamanannya, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu.

Tips Memanjakan Lidah Si Kecil dengan Cara Sehat

Bayi berusia 1 hingga 6 bulan hanya diperbolehkan mengonsumsi ASI atau susu formula. Setelah melewati usia tersebut, bayi sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat. Nah, untuk menghindari pemakaian madu guna menambah cita rasa asupan makanannya, kamu bisa memberi pemanis alami yang juga mengandung vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatannya seperti:

  • Jus buah segar.
  • Pisang yang dihancurkan.
  • Buah-buahan kering.
  • Susu formula.
  • ASI.
  • Yogurt tawar.

Hindari menambahkan jus buah kemasan atau yogurt manis pada makanannya, karena produk tersebut mengandung kadar gula tinggi yang tidak baik bagi Si Kecil.

Demikianlah info tentang Akibat Memberi Madu Bayi Berusia di bawah 1 Tahun dari admin, semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat juga 6 Tanda Kamu Sudah Siap Memiliki Bayi secara Emosional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *