Mengenal Batu Akik Bima dari Kecamatan Wawo

Mengenal Batu Akik Bima dari Kecamatan Wawo – Baru sempat lagi update artikel tentang Batu setelah lebaran, kali ini akan dibagikan postingan berjudul Mengenal Batu Akik Bima dari Kecamatan Wawo. Salah satu nama Kecamatan yang berada di Kabupaten Bima, NTB dengan sejuta potensi adalah Kecamatan Wawo. Selain beberapa potensi wisatanya, potensi kerajinan asli daerah pegunungan Kabupaten Bima ini juga menjadi andalan untuk mendongkrak perekonomian daerah.Mengenal Batu Akik Bima dari Kecamatan Wawo

Di kabupaten Bima sendiri terdapat suatu tempat tertentu yang menjadi sentra dari batu akik yang bernama Desa Maria. Nama desa ini sendiri memang sudah terkenal di kalangan para pencinta batu akik, karena itulah banyak orang yang berbondong-bondong datang untuk melihat secara langsung keindahan batu akik bima di lokasi aslinya ini. Daerah tersebut memang memiliki potensi untuk menghasilkan berbagai jenis batu akik dengan jumlah yang sangat besar. Karena itulah warga sekitar yang mengetahui hal ini dapat menggarapnya dan menjadikan daerahnya sebagai daerah penghasil batu akik di bima.

Desa Maria yang ada di wilayah Kecamatan Wawo merupakan sentra kerajinan batu akik, yang keberadaannya sangat terkenal di Kabupaten Bima, dan menjadi referensi para pecinta batu akik untuk berbondon-bondong mengunjungi pusat kerajinan batu akik, di Desa Maria, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Melimpahnya potensi batu mulia di daerah ini membuat warga sekitar tertarik untuk mengolahnya menjadi kerajinan seni bernilai tinggi.

Beberapa warga di Desa Maria membuat industri rumahan sendiri untuk menjual batu akik Wawo.

Desa Maria ini memang memiliki keunggulan potensi, yakni potensi batu akik atau batu mulia yang tidak dimiliki daerah daerah lain di Bima. Sejak dahulu batu akik Wawo yang menjadi Batu akik daerah Bima dan bahkan pemasarannya sudah sampai ke luar daerah.

Namun sayang, potensi batu akik Wawo belum berkembang secara maksimal. Itu terlihat dari pengelolaan salah satu produksi batu mulia ini yang hanya dikelola mandiri atau secara oleh swadaya masyarakat setempat.

Demikianlah informasi singkat tentang Mengenal Batu Akik Bima dari Kecamatan Wawo, semoga bermanfaat. [bt]

Mengenal Batu Akik Bima dari Kecamatan Wawo | Admin | 4.5
Leave a Reply