Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya), Khasiat, Manfaat dan Kegunaan

Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) – Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) adalah bentuk
amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa (bentuk mineraloid-nya, bukan mineral). Sebesar 3% hingga 21% dari berat keseluruhannya berupa air, namun biasanya isinya antara 6% hingga 10%. Opal terbentuk pada suhu yang relatif rendah dan ada di retakan setiap jenis batuan, umumnya ditemukan bersama limonit, batu pasir, riolit, marl dan basal. 97% opal berasal dari Australia dan merupakan batu permata nasionalnya.

Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya)

Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya)

Struktur dalam black opal kalimaya membuatnya mampu menyebarkan cahaya; tergantung kondisi tempat batu ini terbentuk yang membuatnya dapat memunculkan berbagai warna. Warna opal bervariasi mulai dari jernih sampai putih, abu-abu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, slat, zaitun, cokelat, dan hitam. Dari warna-warna tersebut, merah dan hitam adalah yang paling langka, sementara putih dan hijau sangat umum. Opal juga bervariasi dalam kepadatan optiknya mulai dari opak hingga semi-transparan. Untuk dipakai pada batu permata, warna alaminya sering digunakan dengan meletakkan lapisan opal tipis pada batu gelap seperti basal.

Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) mempunyai nilai keras 5.5-6.5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke delapan. Komposisinya pun agak sederhana yaitu kiezelzuur dan air dan bermacam-macam logam yang menyebabkan Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) memantulkan beraneka ragam warna. Dari segala macam variasi warna, Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) yang berwarna merah dan hitam adalah yang paling langka dan warna putih dan hijau adalah yang paling umum. Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) yang mempunyai dasar background hitam lebih berharga daripada yang putih. Tapi dari semua itu Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) yang memantulkan beraneka ragam warna adalah yang paling tinggi nilainya. Karena salah satu komposisi dari Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) itu adalah air (3-10% bahkan ada yang sampai 20%) maka hati-hati jangan biarkan batu ini menjadi terlalu kering karena akan mudah retak, juga jangan terbentur terlalu keras oleh karena itu. Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) juga merupakan batu nasional dari negara Australia. Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) juga banyak disukai oleh para raja dan bangsawan.

Permainan warna pada permata opal disebabkan oleh butiran-butiran halus silica yang tersusun sangat rapi dan berfungsi membelokkan cahaya serta memancarkannya, sehingga menyebabkan warna-warna pelangi bermunculan saat dilihat dari sudut berbeda.

Jenis Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya)

Terdapat beberapa jenis opal yang dikenal masyarakat umum seperti:

  • Opal biasa (common opal): Opal yang tidak menunjukkan permainan warna sama sekali.
  • Opal putih (white opal): opal berwarna putih, abu-abu, putih susu, hanya memiliki sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali.
  • Opal hitam (black opal): opal berwarna agak gelap kehitaman atau kecokelatan dengan permainan warna, sehingga membuatnya lebih kontras.
  • Boulder opal: opal yang masih menempel pada batuan.
  • Matrix opal: opal yang masih menempel pada batuan sebagai garis atau bercak-bercak warna.
  • Fire opal: opal tembus pandang atau sedikit tembus pandang berwarna merah, oranye, kuning atau kecoklatan dengan sedikit permainan warna atau tidak ada sama sekali.

Kasiat, Kegunaan dan Manfaat Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya)

Mungkin Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) adalah salah satu batu yang dipercayai mempunyai pengaruh buruk dan pengaruh baik buat si pemakai, selain batu intan seperti The Hope atau Koh-i-noor. Kepercayaan yang berlawanan ini sering membuat orang bingung manakah yang benar. Salah satu kepercayaan sebagian orang yaitu Batu Permata Black Opal (Batu Akik Kalimaya) tidak baik dan hanya menimbulkan nafsu birahi saja buat si pemilik, membuat pikiran kacau, menggoncangkan urat syaraf. Perempuan yang alim jika memakai batu ini dalam beberapa bulan bisa menjadi perempuan genit dan suka “nakal”. Orang Cina juga menganggap batu ini dapat merusak keharmonisan rumah tangga, dan memberi dampak buruk terhadap kesehatan.

Namun ada juga sebagian orang yang percaya bahwa memiliki Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) ini dapat membahagiakan pemakai (umumnya bercahaya jika pemiliknya sedang bahagia dan tidak bersinar jika pemiliknya sedang murung), menyembuhkan penyakit mata, lemah zakar atau impotensi, dan meningkatkan daya ingatan. Opal berwarna hitam katanya tidak boleh sembarang orang memilikinya, jika tidak cocok maka Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) itu akan membawa bencana dan jika cocok maka akan membawa kebahagiaan buat si pemiliknya.

Baca juga :

Astrology, Zodiac dan Hadiah Pernikahan

Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan October (sama halnya dengan bunga calendula) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 14. Dalam dunia astrology atau perbintangan Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya) dihubungkan dengan zodiac Libra dan Scorpio.

Demikianlah pembahasan tentang Batu Permata Black Opal (Batu Kalimaya), semoga bermanfaat. [bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *