Batu Permata Giok, Khasiat, Manfaat dan Astrologi

Batu Permata Giok – Batu Permata Giok atau jade adalah sejenis batu “permata hijau” adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu. Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan.

Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai “batu penyelamat” bahkan sebagai “batu kesehatan” oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupunAmerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.

Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam. Dalam dunia kesehatan, batu ini banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium,potasium, besi dan magnesium.

Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk.

Bentuk dan ukuran Batu Permata Giok

Dalam sejarahnya, batu permata giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk patung Buddha, patung naga dan patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau.

Batu giok di Cina sudah dikenal pada kira-kira 4000 tahun sebelum masehi. Pada zaman kerajaan batu giok banyak diminati oleh orang Cina, dan batu giok menjadi batu tradisional kerajaan Cina. Mulai dari pembuatan senjata, perkakas atau perabotan, ukiran tulisan atau gambar serta perhiasan semuanya menggunakan batu giok.

Macam-macam Batu Permata Giok

Batu giok terdiri dari dua macam; nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, jadeit lebih keras daripada nephrite tapi lebih gampang retak. Jadeite kurang lebih sama kerasnya dengan batu quartz. Batu giok yang berwarna putih biasanya adalah nephrite dan yang digunakan dan bernilai tinggi di Cina pada saat itu adalah nephrite. Biru kehijauan, oranye kemerahan dan warna lavender biasanya selalu jadeite, jenis batu yang lebih langka dan berharga pada saat ini.

Batu giok mempunyai nilai keras 6-6.5 (Nephrite), 6.5-7 (Jadeite) berdasarkan daftar keras Mohs. Nephrite terbuat dari silikat kalsium dan magnesium, sedangkan jadeite adalah silikat natrium dan alumunium. Kandungan lain yang mungkin terdapat dalam jadeites adalah kalsium, kalium, krom, magnesium, titanium, mangan dan air. Dalam pengamatan mikroskop, nephrite tampil sebagai gumpalan yang terjalin erat seperti serat filamen. Jadeite menunjukkan struktur yang lebih bersifat kristal.

Batu giok juga disebut-sebut sebagai “the toughest gemstone”, artinya adalah batu yang terkuat di antara batu-batu mulia lainnya, bahkan lebih kuat dari pada intan atau berlian. Intan atau berlian menyandang gelar batu terkeras dari segala macam batu di dunia tetapi batu intan mudah retak dan patah jika terbentur cukup keras karena walaupun susunan komposisi struktur intan membuat mereka keras namun ‘brittle’. Batu intan hanya bisa dipotong dengan batu intan lainnya dan tidak akan tergores oleh batu jenis lain.

Batu giok mudah tergores dan sangat lembut jika dibandingkan dengan intan namun anti-retak atau ketahanan terhadap patah batu giok sangat tinggi. Oleh sebab itu batu giok sering dijadikan sebagai senjata atau alat-alat perang lainnya pada zaman kerajaan Cina.

Warna-warna Batu Permata Giok

Warna batu giok bermacam-macam, ada yang putih susu, putih kehijauan, hijau, hijau tua bahkan ada juga yang warna abu-abu dan kemerah-merahan atau merah-coklat. Namun batu giok yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua bening. Imperial jade adalah nama yang diberikan pada batu giok yang dianggap paling berkualitas, warnanya harus berwarna hijau zamrud yang bening dan agak kental.

Warna batu imperial jade yang hijau dalam dikarenakan oleh adanya zat chromium, sedangkan keberadaan iron (Fe) menghasilkan warna hijau yang lebih pucat, biru-kehijauan atau biru-kehitaman. Warna tergelap biasanya berisi jumlah yang relatif tinggi akan oksida besi. Bagi para pecinta dan kolektor batu giok, hati-hati karena banyak dealer yang mewarnai giok putih untuk menyerupai warna batu giok imperial jade dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Meskipun batu giok saat ini adalah salah satu batu permata yang paling indah dan terjangkau, sayangnya batu ini juga menjadi salah satu batu yang paling banyak dipalsukan. Disarankan agar membeli batu giok atau batu permata lainnya dari sumber yang terpercaya.

Khasiat atau Manfaat Batu Permata Giok

Orang Cina percaya bahwa jika memakai batu giok dan lama-kelamaan batu giok tersebut menjadi lebih kehijauan maka berarti hoki untuk si pemakai dan makin hijau makin bagus (asal jangan kebalikannya). Batu giok juga dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain sebagai jimat atau barang hoki, menolak keracunan atau infeksi, mengusir hawa negative atau ilmu hitam, meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan rumah tangga, menghindarkan permusuhan dan rasa putus asa.

Baca juga :

Astrology, Zodiac dan Hadiah Pernikahan

Batu giok dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Maret dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 35. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu giok dihubungkan dengan zodiac Virgo.

Demikianlah pembahasan seputar Batu Permata Giok, Khasiat, Manfaat dan Astrologi, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *