Batu Permata Safir, Khasiat atau Manfaat dan Astrologi

Posted on

Batu Permata Safir – Batu permata safir adalah sejenis batu mulia dari anggota mineral corundum sama seperti batu mirah (ruby). Mereka berdua bisa dikatakan kakak adik yang sama-sama mempunyai nilai keras 9 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati di urutan ke dua setelah batu intan. Perbedaan dari keduanya terletak pada warna yaitu merah untuk batu mirah dan biru untuk batu safir.

Batu permata safir terbuat dari alumunium oxide dan titanium sedangkan batu mirah terbuat dari alumunium oxide dan chromium (chromium yang mengakibatkan terjadinya warna merah pada batu mirah). Jika batu safir yang memiliki warna yang bermacam-macam selain biru atau merah maka batu itu dinamakan “fancy sapphire”. Warna yang paling ideal buat batu safir adalah biru langit dan birunya tidak boleh terlalu kental atau terlalu keputihan karena akan mengurangi nilai harganya. Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi.

Dalam dunia perdagangan batu mulia sudah tidak heran lagi jika kita mendengar batu-batu mulia sengaja dipanaskan untuk mengubah atau memperindah batu-batu tersebut seperti warnanya, kilauannya, pembentukkannya dan lain-lain. Diperkirakan 90% dari batu-batu mirah atau safir akan melalui proses tersebut, suatu proses yang permanen dan telah diterima di setiap perdagangan batu mulia. Walaupun proses ini bisa mengubah batu yang tidak berharga menjadi batu yang mahal harganya tetapi tindakan ini amat beresiko karena perbuatan tersebut bisa mengakibatkan batu ini rusak, retak, pecah dan dalam kejadian tertentu warna dari batu-batu tersebut malah hilang.

Khasiat atau Manfaat Batu Permata Safir

Dalam bahasa Yunani batu ini dinamakan zaffiros, dalam bahasa Latin sapphirus dan dalam bahasa Persia Yakut-i-asrak. Dalam kilauan cahaya batu safir tidak sekilau batu mirah tetapi batu safir juga merupakan batu yang sangat digemari dan diminati orang banyak bahkan tidak sedikit orang yang rela membeli batu safir dengan harga yang amat tinggi. Batu safir sering dianggap batu yang mempunyai pengaruh-pengaruh khusus terhadap si pemiliknya, sering dianggap seperti sebuah jimat atau barang hoki dan memiliki sifat-sifat mistik. Selain itu safir juga dianggap bisa memperbaik soal asmara, memberi kesehatan seperti menolak racun dan melindungi mata, menenteramkan hidup dan menuntun orang menjadi mempunyai penglihatan ajaib. Cahaya akan hilang jika pemiliknya berbuat hal-hal yang jahat, hal tidak senonoh atau cabul.

Baca juga :

Astrology, Zodiac dan Hadiah Pernikahan

Batu safir dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 5 dan ke 45. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu safir adalah batu untuk orang yang lahir di bulan September (sama halnya dengan bunga aster) dan batu safir dihubungkan dengan zodiac Aries, Cancer, Libra dan Taurus

Demikianlah pembahasan seputar Batu Permata Safir, Khasiat atau Manfaat dan Astrologi. semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *