Batu Permata Tashmarine

Posted on

Batu Permata Tashmarine – Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.

Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya.

Batu Permata Tashmarine

Batu Permata Tashmarine

Tashmarine adalah nama dagang untuk batu permata berwarna hijau kekuningan dari diopside. Tetapi jangan sampai disamakan dengan Chrome Diopside, sebab Tashmarine tidak mengandung kromium apapun dan warna hijaunya lebih terang.  Warna Tashmarine mungkin muncul karena ada kandungan besi (Fe) .

Sumber Tashmarine adalah daerah pertambangan di dataran tinggi wilayah Provinsi Xinjiang, Cina, tetapi juga telah ditemukan pula di Tajikistan.

Baca juga :

Nama Tashmarine berasal dari “tash” yang artinya “batu” dan “marine” yang berarti “laut” dalam bahasa Latin. Oleh karena itu, trashmarine berwarna hijau laut. Tash merupakan julukan Natasha, putri Eric dan Kathe Braunwart, pemilik Columbia Gem House, perusahaan yang pertama membawa permata ke pasar.

Demikianlah pembahasan singkat Batu Permata Tashmarine dari admin bacabagus.com yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Batu Permata.[bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *