Cara Aman Menikmati Gerhana Matahari Total

Posted on

Cara Aman Menikmati Gerhana Matahari Total – Pada kesempatan ini admin bacabagus.com akan berbagi tentang Cara Aman Menikmati Gerhana Matahari Total. Indonesia akan menjadi negara yang dapat menyaksikan Gerhana Matahari pada 9 Maret 2016. Meskipun fenomena ini terbilang langka, namun ada beberapa hal yang mesti menjadi pegangan saat menikmati itu.

Cara Aman Menikmati Gerhana Matahari Total

Cara Aman Menikmati Gerhana Matahari Total

Tak hanya langka, Gerhana Matahari juga menyuguhkan pemandangan yang cukup indah. Namun, tanpa adanya tindak pencegahan yang tepat, maka ini akan menjadi berbahaya.

Sinar Matahari yang begitu kuat bisa membuat manusia merasakan kehangatan dari jarak 150 juta km. Saking kuatnya, ttulah sebabnya melihat Matahari secara langsung, bahkan untuk beberapa detik, bisa merusak mata. Tak hanya itu, sinar matahari atau cahaya ultraviolet (UV) dapat membakar sel-sel, menyebabkan potensi pandangan kabur permanen dan blind spot.

Oleh sebab itu, ada beberapa tips supaya tetap aman ketika menyaksikan Gerhana Matahari. Berikut ini tipsnya, sebagaimana dirangkum Okezone dari laman BBC, Senin (7/3/2016).

Membuat Proyek Pinhole

Cara paling aman untuk melihat Gerhana Matahari adalah proyek ke selembar kertas. Dengan menggunakan kotak kardus, maka Anda bisa membuat proyek pinhole atau lubang jarum.

Menggunakan Binoculars yang Aman

Viewers Pinhole cukup murah dan mudah untuk membuatnya. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan gambar yang lebih baik menggunakan projecting Sun dengan binoculars. Keuntungan dari metode ini ialah Anda bisa menyaksikan gerhana dengan orang lain sebagai gambar yang jauh lebih besar.

Melihat Langsung ke Matahari

Jangan pernah melihat ke Matahari tanpa menggunakan sepasang kacamata khusus gerhana. Kacamata khusus gerhana ini akan memblok lebih dari 99 persen cahaya Matahari.

Seperti diketahui, beberapa wilayah Indonesia kebagian untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) dan yang lainnya bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian, termasuk Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *