Cara Belajar yang Benar Menghadapi Ujian Nasional

Cara Belajar yang Benar Menghadapi Ujian Nasional – Ujian Nasional jadi momok yang sangat menakutkan bagi tiap siswa yang duduk di bangku kelas atas, Kelas XII SMA/SMK atau sederajat dan SMP/Mts atau sederajat. Karena perjuangan selama hampir 3 tahun akan segera ditentukan hasilnya lewat Ujian Akhir Nasional. Tapi tidak perlu takut, karena dengan usaha dan doa semua akan bisa teratasi dengan baik. Sebenarnya Ujian Nasional tidaklah semenakutkan apa yang terlintas di benak. Dengan persiapan matan dan Cara Belajar yang benar akan membuat Ujian Nasional akan mudah dilewati.

Cara Belajar yang Benar Menghadapi Ujian Nasional

Cara Belajar yang Benar

Hal pertama yang perlu dipesiapkan adalah mental, niat yang baik mau belajar dan teru berjuang sampai titik darah penghabisan. Dan tentunya anda harus memegang SKL Ujian Nasional, dari sinilah kita bisa mengetahui materi yang mana harus dipelajari untuk lulus Ujian Nasional. Jika sudah punya, silahkan ikuti Tips Belajar yang Benar Menghadapi Ujian Nasional berikut ini.

Pahami Kata Kunci Materi

Membaca adalah kunci belajar Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

Catat pokok materi

Mencatat pokok-pokok pelajaran Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

Mengulang Pelajaran pada waktu yang tepat

Pilih waktu belajar yang tepat Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama loh. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Belajar Mengasah Pemikiran kritis

Kembangkan materi yang sudah dipelajari Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.[bt]

Cara Belajar yang Benar Menghadapi Ujian Nasional | Baca Tutorial | 4.5