Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar

Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar – Pada kesempatan ini admin bacatutorial.com akan berbagi tentang Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar.

Tanaman Mawar adalah tanaman yang banyak disukai oleh semua orang terutama oleh kalangan remaja, karena tanaman mawar mempunyai unsur estetika yang tinggi bagi seseorang yang melihatnya. Tanaman mawar merupakan tanaman hias yang harga jualnya pun tanaman cukup stabil terutama. dan dalam pembudidayaanna pun tidak terlalu sulit, karena itu banyak orang yang sukses dengan Budidaya Tanaman Hias mawar ini.Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar

Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar

1. Persiapan Lahan

Persiapan lahan adalah pengolahan tanah atau mempersiapkan lahan untuk dijadikan media tanam     yang baru bagi tanaman agar dapat tumbuh lebih baik dengan unsur hara yang bersedia lebih banyak.

2. Persiapan Benih

Persiapan benih/bibit adalah proses penyediaan benih untuk dijadikan bahan tanam.

3. Penanaman Benih

Penanaman adalah pemindahan benih dari polybag ke media tanam yang baru dengan tujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dari tanaman tersebut. Jarak tanam yang digunakan dalam satu bedengan adalah 20×20 cm dan jarak antar bedengan diperkirakan 50 cm.

4.  Pemeliharaan tanaman

  • Pengepelan. Pengepelan adalah pembuangan daun tua bagian paling bawah tangkai yang berkisar antara 2-3 daun dari bawah.
  • Pewiwilan. Pewiwilan adalah pembuangan bunga yang tumbuh pada bagian tangkai pembendingan.
  • Pembendingan adalah  perundukan tangkai tanaman mawar pada tangkai yang tumbuh pada batang utama (batang okulasi), tujuannya untuk menumbuhkan tunas baru pada tangkai pembendingan.

Cara  Budidaya Tanaman Hias Mawar dalam Pot

Keindahan dinilai berdasarkan apa yang kita lihat. Indah itu pasti memiliki nilai yang tertentu dalam diri masing-masing. Begitu juga dengan bunga mawar yang kerap disapa ‘rose flower’. Bagi pecinta bunga mawar , tentunya bunga ini memiliki ciri dan karakteristik tersendiri yang memiliki nilai seni. Sehingga, terciptalah kepuasan tersendiri. Budidaya bunga mawar, tidaklah sulit. Apalagi bagi para Ibu atau wanita, menanam bunga mawar ini sudah tidak asing lagi.

Dalam cara menanam bunga mawar dalam pot, dapat dilakukan atau diperbanyak dengan cara stek, biji, dan ada juga yang melakukan dengan okulasi. Namun, dari bebragia cara tersebut, perbanyakan tanaman yang paling mudah dilakukan adalah dengan stek batang. Cara ini tidak membutuhkan perlakukan khusus, cepat pengerjaanya dan simple. Selain itu, dapat membuat perbanyakan bunga dengan banyak.

Menanam bunga mawar dalam pot bisa dilakukan jika memang tidak ada tempat khusus atau tempat yang cukup di taman. Berikut tips budidaya bunga mawar dalam pot :

  • Sediakan bibit stek yang akan ditanam dalam pot. Usahakan mengambil pada bagian tengah namun tidak jauh dari pangkalnya. Jangan menanam bagian yang masih muda atau ujungya, karena bagian ujung tanaman mawar ini, tidak mampu beradaptasi baik dengan lingkungannya karena jaringan tanamannya masih muda. Menanam bagian ujung, biasanya jarang berhasil
  • Sediakan pot, baik yang terbuat dari keramik, semen, liat, atau plastik.
  • Sediakan tanah yang  hitam, atau bekas pembakaran . Tanah hitam diambil pada bagian atasnya ata top-soilnya. Sediakan pupuk kompos, pasir masing masing 1:1: 1/4

Cara  budidaya bunga mawar dalam pot :

  • Campurkan bahan (tanah, pupuk kandang, pasir ) . Masing masing perbandingannya yakni 1:1:1/4 , artinya jika kita membuat tanah 1 ember, maka pupuk kandang juga 1 ember, diikuti dengan pasir 1/4 ember. Campur/aduk hingga merata.
  • Setelah itu, masukkan tanah yang telah dicampur tersebut kedalam pot, besarnya ukuran pot tergantung selera.
  • Masukkan, potongan batang mawar yang telah disiapkan tadi. Tancapkan ke pot yang telah berisi tanah.
  • Setelah itu, siram sedikit dengan air. Simpan pada tempat yang sejuk dan tidak terkena langsung oelh sinar matahari. Usahakan menyimpan pada tempat yang agak gelap agar  pertumbuhan tunas dari mata tunas batang mawar terangsang dan perakarannya juga serta akan mengikuti.
  • Jika telah tumbuh tunas, pindahkan ketempat yang terang agar mendapat sinar matahari untuk memulai proses fotosintesis.
  • Siram tanaman pada pagi atau sore hari dengan teratur pada 1-2 bulan setelah penanaman dilakukan.

Jangan lupa memberikan pupuk kandang atau pupuk buatan yang memang khusus disediakan untuk penanaman bunga mawar. Pemberian pupuk dilakukan dengan membenamkan pupuk kedala tanah dalam pinggiran pot.

Baca :

Demikianlah informasi singkat Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar dari admin bacatutorial.com, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *