Intip Cara Konyol Dilakukan Guru Agar Muridnya Tidak Mencontek

Intip Cara Konyol Dilakukan Guru Agar Muridnya Tidak Mencontek – Halo.. apa kabar pembaca setia Baca Bagus? Pada kesempatan ini admin akan membagikan sebuah artikel ringan dan bisa membuat fresh otak. Mengingat minggu ini adalah minggu yang berat bagi para siswa yang sedang menjalani serangkaian ujian. Bukan cuma siswa saja yang stress akan tetapi guru lebih stress lagi ketimbang siswa. Intip saja Cara Konyol Dilakukan Guru Agar Muridnya Tidak Mencontek pada saat ujian berikut ini.

Tidak Memakai Pakaian

Tidak Memakai Pakaian

Kebijakan anti mencontek pertama berasal dari India. Ada sebuah tes masuk di daerah bagian Bahir untuk masuk menjadi angkatan bersenjata India. Para peserta diwajibkan untuk melepas pakaiannya dan hanya menggunakan celana saat tes berlangsung. Ini bertujuan untuk mencegah peserta berbuat curang dengan membawa kertas catatan atau alat elektronik. Selain tak memakai pakaian, mereka diharuskan duduk di lapangan dengan jarak 8 kaki antar peserta. Dan tak lupa ada pengawas yang berpatroli di area selama tes berlangsung.

Menggunakan Penutup Kertas

Menggunakan Penutup Kertas

Pada tahun 2013, dosen di Universitas Kasetsart, Thailand membuat peraturan anti mencontek yang unik. Ia membuat para muridnya tidak bisa melirik kiri dan kanan dengan cara menyuruh mereka menggunakan kertas yang sudah didesign khusus di kepalanya.

Menggunakan CCTV

Menggunakan CCTV

Beda lagi dengan yang ada di cina, para guru memasang cctv di setiap kelas untuk mencegah dan menangkap siapa-siapa saja yang berbuat curang. dalam foto tersebut terlihat seorang guru sedang mengawasi murid-muridnya di layar monitor yang merekam secara real time.

Ujian di Lapangan

Ujian di Lapangan

Mencontek sudah menjadi masalah besar bagi sekolah menengah pertama di Wuhan, Cina. Jadi guru di sana membuat kebijakan yang aneh yaitu dengan melakukan ujian di tempat terbuka, tepatnya di lapangan sekolah.

Dilarang Menggunakan Handphone

Dilarang Menggunakan Handphone

Di era teknologi seperti sekarang, perangkat elektronik seperti handphone memiliki peran yang penting dalam kehidupan, termasuk bagi murid-murid yang punya niatan mencontek lewat alat elektronik ini. Nah gambar di atas, menunjukan bagaimana cara mencegah murid-murid mencontek lewat Handphone.

Menggunakan Kardus

Menggunakan Kardus

Jika murid-murid yang mengikuti ujian tergolong anak yang bandel dan sulit diatur ketika dengan ujian, cara ini bisa menjadi solusinya. Para peserta tes diharuskan menggunakan kardus di kepalanya dengan tujuan tidak melirik teman di kiri atau kanan.

Mengawasi dari Atas

Mengawasi dari Atas

Mungkin guru-guru sering kecolongan ketika mengawasi murid yang sedang ujian. Terlebih jarak pandang guru yang mengawas di depan sangat terbatas, sehingga pengawasan tidak dapat dilakukan menyeluruh kepada murid. Nah guru ini menemukan solusinya agar ia bisa melihat seluruh muridnya ketika ujian.

Menggunakan Metal Detector

Menggunakan Metal Detector

Cina bisa dibilang pemimpin dalam membuat kebijakan mengenai anti-mencontek. Terlihat di beberapa universitas di Cina memiliki metal detector yang digunakan untuk mencegah muridnya membawa barang-barang elektronik.

Menggunakan Drone

Menggunakan Drone

Jika Cina menggunakan metal detector untuk mencegah tindakan mencontek, hal lebih gila terjadi di Belgia. Karena di sana, seorang guru menggunakan drone di dalam kelas untuk mengawasi para muridnya yang sedang ujian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *