Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik – Cara  tanam dengan cara hidroponik sekarang telah menjadi tren di masyarakat. Caranya pun lumayan unik sebab tak membutuhkan media tanah sebagai media tanamnya semacam pada tanaman pada umumnya, melainkan mengutamakan media air sebagai faktor utamanya. Tak sedikit sekali tanaman-tanaman yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik.

Sayuran kangkung pasti bukan sayuran yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sayur kangkung ini menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia serta tak sedikit sekali olahan-olahan lezat yang dapat dibangun dari sayur kangkung. Serta untuk menghemat pengeluaran belanja Anda, mungkin Kamu dapat mencoba menanam sendiri sayur kangkung di rumah Anda. Khususnya dengan sistem hidroponik yang dikualitas lebih praktis serta mudah dibangun di rumah.

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik

Menanam kangkung dengan sistem hidroponik ini pasti dapat menjadi langkah pilihan bagi masyarakat kota besar yang tak punya lahan luas untuk bertepat tanam. Lalu bagaimana langkah-langkah menanam kangkung? Berikut penjelasannya:

  • Tahap Persiapan. Pada bagian persiapan ini Kamu wajib mempersiapkan semua alat serta bahan yang Kamu butuhkan untuk menanam kangkungnya. Apa saja alat serta bahannya? Kamu pasti membutuhkan bibit kangkung. Tidak hanya itu Kamu juga wajib menyiapkan peralatan penanamannya berupa pot, pasir, air, serta styrofoam. Kegunaaan pot merupakan untuk menampung air serta pasir untuk menanam kangkung dengan cara hidroponik. Lebih disarankan lagi supaya Kamu memakai air yang berasal dari sumur sebab dikualitas baik untuk pertumbuhan tanaman kangkung. Sedangkan styrofoam bakal berkegunaaan sebagai penyangga tanaman ketika kangkung telah ditanam pada media pot tersebut. Celahi styrofoam dengan diameter 1 cm untuk menyangga tanaman kangkung.
  • Tahap Penanaman. Tahapan kedua merupakan bagian menyemaian bibit kangkung pada pot yang tadi telah diisi dengan pasir serta air (sumur). Tetapi disarankan supaya Kamu jangan mengisi pot dengan pasir yang terlalu tak sedikit. Faktor ini justru bakal mengganggu pertumbuhan tanaman kangkung nantinya. Saat Kamu memasukkan bibit kangkungnya, perbuat dengan sangat berhati-hati. Lalu masukkan kangkung ke dalam styrofoam yang sebelumnya telah Kamu celahi tadi.
    Selanjutnya tugas Kamu merupakan menantikan hingga berkecambah, tumbuh bakal daun, tumbuh daun sejati, lalu mulai sinari dengan cahaya matahari. Seusai itu rawatlah tanaman kangkung hingga Kamu dapat memanennya sendiri.

Baca : Macam Macam Sistem Hidroponik dan Media Hidroponik

Cara menanam kangkung dengan cara hidroponik ini mempunyai berbagai kelebihan dibandingkan dengan tutorial biasanya. Kelebihan penanaman dengan cara hidroponik ini antara lain dapat membikin kangkung tumbuh dalam waktu yang lebih cepat serta lebih subur. Faktor ini dikarenakan sebab menanam dengan sistem hidroponik menjamin tanamannya bakal mendapat asupan nutrisi dengan cara cukup. Apabila Kamu ingin menonton perbandingannya, Kamu mungkin dapat meperbuat penanaman kangkung dengan dua cara. Yaitu dengan hidroponik serta dengan tutorial yang biasa, lalu lihat perbedaannya. Kelebihan selanjutnya merupakan tanaman kangkung yang dihasilkan organik serta tak tercampur dengan zat-zat kimia lainnya.[bt]

Cara Menanam Kangkung Secara Hidroponik | Admin | 4.5
Leave a Reply