Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Tradisional

Posted on

Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Tradisional – Admin Baca Bagus kali ini akan berbagi Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Tradisional, sebelumnya Admin juga sudah berbagi seputar tentang Cara Mengkilapkan Batu Akik Secara Alami. Langsung saja kita semiak bersama Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Tradisional.

Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Tradisional

Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Tradisional

Batu akik yang indah dan berkilau itu tergantung dari perawatan harian yang rutin dan konsisten. Sebenarnya banyak cara yang bisa diterapkan agar batu akik terlihat menawan. Ada yang menggunakan cara instan dan cara tradisional.

Dalam mengkilapkan batu akik secara tradisional bisa menggunakan alat alat dan bahan yang sederhana yang sering kita jumpai disekitar rumah.

Berikut ini cara mengkilapkan batu akik secara tradisional

Dengan menggunakan kulit bambu kering

Kulit bambu yang permukaannnya tidak rata ternyata bisa untuk memoles batu akik. Ulasan lengkapnya bisa dilihat dalam artikel Cara Mengkilapkan Batu Akik dengan Bambu.

Menggunakan Klaras

Mengkilapkan batu akik dengan menggunakan klaras ( daun pisang kering). Caranya dengan gombal atau kain yang sudah dibasahi dan diperas airnya. Kemudian ambil daun pisang kering dan gosok secara beraturan. Sesekali selingi dengan dilap kain basah. Ini bertujuan agar debu halus hasil gosokan hilang.

Menggunakan kulit binatang

Penggunaan kulit binatang sebagai media penggosok bisa untuk mengkilapkan batu akik. Caranya, siapkan kulit binatang yang sudah bekas bisa diambil dari sabuk, dompet dan jaket bekas atau juga bisa menggunakan kulit binatang qurban yang tidak dipakai. Gosok secara beraturan dengan busa sebagai alas kulit. Tempatkan busa dibawah kulit binatang dan tempatkan di meja atau tempat yang rata. Lalu ambil gombal atau kain bekas yang sudah dibasahi. Sesekali usapkan ke kain basah agar serbuk halus batu terangkat

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Mengkilapkan Batu Akik secara Tradisional, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan agan-agan tentang Cara Mengkilapkan Batu Akik. Jangan lupa baca juga Cara Mengkilapkan Batu Akik dengan Abu Rokok[bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *