Cara Penggunaan Operasi Hitung Bilangan Bulat untuk Menyelesaikan Masalah

Cara Penggunaan Operasi Hitung Bilangan Bulat untuk Menyelesaikan Masalah – Pada kesempatan ini admin bacatutorial.com akan berbagi tentang Cara Penggunaan Operasi Hitung Bilangan Bulat untuk Menyelesaikan Masalah. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Cara Operasi Hitung Campuran pada Bilangan Bulat.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh Soal

1. Pada percobaan fisika, seorang siswa melakukan pengukuran suhu pada sebongkah es. Suhu es tersebut mula-mula –5°C. Setelah dipanaskan, es berubah menjadi air yang b ersuhu 3°C. Berapa kenaikan suhu es tersebut hingga menjadi air?

Penyelesaian:

Suhu es mula-mula adalah –5°C. Setelah dipanaskan, es berubah menjadi air yang bersuhu 3°C. Artinya, suhu es mengalami kenaikan, yaitu selisih suhu terakhir dengan suhu mula-mula. Misalkan kenaikan suhu es tersebut = t, maka kondisi ini dapat dituliskan sebagai t= 3 – (–5) = 8. Jadi, suhu es naik 8°C hingga berubah menjadi air.

2. Dalam suatu tes, penilaian didasarkan bahwa jawaban benar diberikan nilai 2, jawaban salah diberikan nilai –1, dan untuk soal yang tidak dijawab diberikan nilai 0. Dari 30 soal, seorang siswa menjawab 25 soal dan 19 diantaranya dijawab dengan benar . Berapakah nilai yang diperoleh siswa tersebut?

Penyelesaian:

Dari 30 soal, 25 soal dijawab dengan 19 di antaranya benar. Artinya, siswa tersebut menjawab 25 soal, 19 soal dijawab benar dan 6 soal dijawab salah. Dengan d emikian, ada 5 soal yang tidak dijawab siswa.

Jadi, nilai yang diperoleh siswa tersebut adalah = (jawaban benar x 2) + (jawaban salah x (–1)) + (tidak dijawab x 0)

= (19 x 2) + (6 x (–1)) + (5 x 0)

= 38 + (–6) + 0

= 38 – 6

= 32

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Penggunaan Operasi Hitung Bilangan Bulat untuk Menyelesaikan Masalah dari admin bacatutorial.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Pengertian Perpangkatan Bilangan Bulat dan Sifatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *