Cara Sederhana Tapi Bagus untuk Menghadapi Update Algoritma Google

Cara Sederhana Tapi Bagus untuk Menghadapi Update Algoritma Google – Pada kesempatan ini admin bacatutorial.com akan berbagi tentang Cara Sederhana Tapi Bagus untuk Menghadapi Update Algoritma Google. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang 5 Penyebab Ranking Blog/Website/Situs Turun di SERP Google.

Cara Sederhana Tapi Bagus untuk Menghadapi Update Algoritma Google

Beberapa orang mencoba mencari jalan keluar dengan cara menggunakan trik-trik tertentu yang tidak sesuai dengan TOS Google agar tetap terhindar hukuman Google Panda. Mungkin selama ini mereka bisa berhasil mengelabui robot Google, tapi menurut saya, itu adalah tindakan yang sia-sia karena akan ada saatnya trik mereka akan ketahuan dan akan mendapatkan hukuman yang berat yang sangat merugikan.Cara Sederhana Tapi Bagus untuk Menghadapi Update Algoritma Google

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kita ingat dan lakukan agar situs kita selalu siap menghadapi setiap perubahan algoritma mesin pencari, terutama Google:

1. Mengganti Konten Yang Kurang Baik

Buatlah konten Anda menjadi lebih baik, ganti semua konten yang menurut Anda tidak memberikan informasi yang bermanfaat atau terlalu singkat. Untuk mengidentifikasi apakah sebuah konten bisa dikatakan punya value, Anda bisa melihat jumlah pembaca yang telah membuka dan membaca konten tersebut (untuk situs WordPress bisa dengan menggunakan bantuan plugins “Count Per Day”). Bila pembaca konten tersebut sangat jarang atau dibaca dengan waktu yang sangat singkat maka sudah bisa diindikasikan sebagai konten yang tidak baik. Buatlah konten tersebut menjadi sebuah konten yang lebih berguna bagi pembaca Anda dengan menambahkan konten yang unik di dalamnya.

Artikel terkait : Cara Memilih Domain Yang Baik Untuk Situs/Blog/Website Anda

2. Buat Rasio Iklan Yang lebih Baik

Jika saat ini situs Anda tidak memasang iklan maka lupakan langkah ini dan lanjut ke langkah berikutnya. Namun, jika situs Anda memasang iklan, coba perhatikan lagi penempatan iklan di dalam situs tersebut. Saya pribadi tidak menyarankan penggunaan iklan “above the fold” (iklan persis di atas konten), tapi jika Anda memang menggunakannya sebaiknya gunakan bentuk iklan yang tidak terlalu besar sehingga pembaca bisa langsung melihat konten di dalam situs Anda tanpa harus melakukan Scroll ke bawah. Anda harus menyadari fakta bahwa user datang ke situs Anda karena ingin membaca konten Anda, karena itu pastikan memberikan keinginan mereka dengan mudah.

3. Lakukan Maintenance Situs Secara Berkala

Bila saat ini Anda memiliki sebuah situs yang besar dengan jumlah pengunjung yang banyak, maka Anda perlu melakukan maintenance pada situs tersebut secara berkala. Terkadang sebuah situs memiliki masalah dengan munculnya error, halaman kosong, broken link, dan masalah lain yang bisa mengurangi kualitas situs tersebut di mata search engine ataupun user. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan audit pada sebuah situs secara berkala, untuk menemukan halaman yang kosong, link yang rusak, dan lain-lain. Jika Anda tidak sanggup melakukannya sendiri, ada baiknya menyewa jasa seseorang yang ahli dalam hal ini.

4. Memposting Konten Bermutu

Pemiliki situs harus menyadari bahwa sebuah konten yang baik adalah konten yang memberikan value kepada pembacanya. Karena itu, pastikan bahwa konten yang akan dipublish adalah konten yang memang berguna bagi pembaca situs Anda. Jangan memaksa untuk memasukkan keyword di dalam konten hanya untuk mengejar posisi yang baik di SERP Google untuk kata kunci tertentu karena perilaku pengunjung di dalam sebuah website juga bisa mempengaruhi SEO sebuah website. Jika konten Anda disukai oleh pembaca – dapat kita lihat dari jumlah share, like, dari media sosial – maka saya yakin bahwa situs Anda akan aman dari “amukan” algoritma Google.

5. Hindari Jalan Pintas

Search engine Google selalu memberikan penalti pada situs-situs yang mengambil jalan pintas dalam mencapai peringkat yang baik di mesin pencari. Mengambil jalan pintas biasanya dilakukan oleh webmaster yang ingin membuat peringkat sebuah situs menjadi lebih baik dengan cara-cara yang tidak disarankan, misalnya dengan spam links, pertumbuhan like dan share di media sosia dengan tidak wajar, dan lain-lain. Algoritma Google bisa membaca perilaku pengunjung sebuah situs, sehingga mereka juga akan mengetahui apakah konten di situs tersebut layak dibaca atau tidak.

Artikel terkait: Cara Membuat dan Membangun Backlinks Berkualitas Untuk Blog/Website/Situs

Algoritma Google Panda biasanya memberikan pinalti secara menyeluruh pada sebuah website. Yang artinya, jika di dalam sebuah situs terdapat beberapa konten yang buruk maka atau bahkan sangat buruk, maka Google akan memberikan penilaian buruk pada situs tersebut secara keseluruhan. Mungkin kita bisa memperbaiki beberapa konten yang buruk tadi, namun akan lebih mudah bila kita memastikan dari awal apakah konten tersebut adalah konten yang memberikan value pada pembaca atau tidak sebelum memutuskan untuk mem-publish nya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Sederhana Tapi Bagus untuk Menghadapi Update Algoritma Google dari admin bacatutorial.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga 6 Cara Membuat Konten Blog Lebih SEO Friendly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *