Ciri Batu Biduri Bulan Asli

Posted on

Ciri Batu Biduri Bulan Asli – Batu biduri bulan sudah lama dikenal keindahannya di Indonesia, banyak berasal dari India dan dari Srilanka (ceylon) dengan berbagai jenis dan kualitas. Perlu dipahami terlebih dahulu arti biduri adalah Batu Mulia. Ketersediaan batu biduri bulan ini seperti batu mulia lainnya bahwa diperlukan minimal ratusan tahun untuk terproduksi secara alami pada kandungan mineral potasium alumunium silikat.

Ciri Batu Biduri Bulan Asli

Ciri Batu Biduri Bulan Asli

Mengetahui Keaslian Batu Biduri Bulan memang bukanlah merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, pasalnya memang dibutuhkan pengetahuan yang lebih khususnya di bidang batu akik dan batu permata untuk dapat membedakan antara batu sintetis dengan batu akik yang benar-benar asli. Karena tentunya tidak setiap orang akan dapat membedakan antara batu akik yang asli dengan sintetis atau yang palsu, karena terkadang bagi para penghobi atau kolektor batu akik dan permata sendiri kerap terjadi kecolongan atau tertipu dengan batu akik sintetis khususnya bagi para pemula.

Maka dari itulah berbagai macam tips dan juga cara untuk membedakan batu akik yang asli dan sitetis tentunya akan sangat membantu dan bermanfaat bagi anda yang memiliki hobi tersebut, sehingga anda pun tidak akan mudah tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada saat ini harga dari berbagai macam batu akik sendiri sangatlah mahal, terlebih untuk jenis batu akik yang langka, maka dari itulah terdapat banyak pihak yang tidak bertanggung jawab demi meraup keuntungan melalui kondisi tersebut.

Ciri Batu Biduri Bulan Asli

  • Ciri keaslian biduri bulan biru “blue flash moonstone”, kristal bening seperti kaca, ketidak beningannya harus karena ada serat kristal seperti es, ada inklusi atau kotoran alami seperti rambut atau noda, ada cahaya biru yang bergerak mengikuti sumber cahaya.
  • ciri keaslian biduri bulan cat eye “cats eye moonstone” pada umumnya kristal sangat bening dan bersih dari serat dan inklusi, kotoran alami seperti rambut dapat terlihat dengan kaca pembesar 10x (loop 10x) dan terdapat cahaya putih lurus yang membentuk kesan mata kucing.

Penilaian Kualitas Batu Biduri Bulan Asli

Keindahan batu biduri bulan dapat diukur dari beberapa hal sebagai berikut

  • Kebeningan dan kebersihan, seperti pada blue flash moonstone yang bening atau serat hanya sedikit sekali yang dapat terlihat walau pakai loop 10x dan juga kotoran atau inklusi tidak terlihat oleh mata, tentunya dapat menambah keindahan luter biru atau permainan efek blue sheennya, karena sinar biru di dalam biduri bulan dapat terhambat pergerakanya jika menemui serat es.
  • Luster yang kuat dan rapih, baik pada biduri bulan biru maupun biduri bulan cat eye hal ini sangat menentukan kualitas keindahan batu mulia tersebut, luster blue flash yang lebih luas dan bebas halangan serat kristal tentu menambah keindahan batu mulia tersebut dan untuk luster mata kucing (chatoyant) juga dilihat dari ketajaman dan kerapihan garis sinar putih tersebut disamping kristal yang bening dan bersih .. disinilah exclusivitas batu mulia moonstone di tentukan.
  • Ukuran dan kerapihan potongan juga menentukan penilaian kualitas batu mulia.

Demikian sedikit ulasan mengenai Ciri Batu Biduri Bulan Asli, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan agan-agan tentang Batu Biduri. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *