Ciri Batu Limau Manis Asli

Posted on

Ciri Batu Limau Manis Asli – Pada kesempatan ini Admin Baca Tutorial akan berbagi kepada agan-agan tentang Ciri Batu Limau Manis Asli. Batu limau merupakan jenis batu akik Chalcedony dan memiliki banyak variasi warna mulai dari warna kuning keemasan, merah, warna cempaka dan masih banyak lagi varian warna yang cukup menarik. Batu akik ini tergolong batuan keras dengan tingkat kekerasan 6.5-7 skala mohs.

Ciri Batu Limau Manis Asli
Ciri Batu Limau Manis Asli

Karakteristik batu akik limau manis tampak seperti kulit jeruk limau yang telah matang dengan warna kuning keemasan, merah kekuningan, jingga kemerahan, atau putih kecoklatan. Sekilas wujud fisik batu ini hampir menyerupai batu raflesia, karena kebetulan keduanya sama-sama merupakan batu-batuan chalcedony. Kesan wujudnya yang terlihat sangat manis menjadi daya tarik tersendiri dari batu permata ini sehingga ramai diburu oleh para kolektor batu akik.

Batu limau manis memiliki tingkat kekerasan berkisar antara 6,5-7 dalam skala Mohs alias cukup keras. Batu ini dapat ditemukan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Batu limau manis merupakan salah satu batu akik yang berharga cukup mahal dan tersohor di luar negeri.

Ciri Batu Limau Manis Asli

Salah satu dari ciri umum jenis Batu Limau Manis warnanya yang beragam dengan tingkat kecerahan yang juga bervariasi dan mengkristal. Dipulau jawa batu ini banyak di temukan di daerah Pacitan dengan warna yang juga beragam sehingga penamaan juga bermacam-macam seperti diataranya King kladen, Baron red, siwalan (kolang kaling) karena warna yang mirip dengan buah siwalan putih bening.

Untuk jenis batu limau madu sendiri memiliki warna yang cukup cantik sehingga sering menjadi buruan banyak orang terutama dikalangan penghobi. Diberbagai negara jenis batu asal Indonesia ini sudah tidak asing lagi bahkan termasuk jenis batu paling dicari dengan harga tinggi.

Demikianlah pembahasan singkat tentag Ciri Batu Limau Manis Asli yang bisa admin Bacatutorial.com bagikan untuk anda, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan agan-agan tentag Batu Limau Manis. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *