Ciri Ciri Batu Akik Kecubung Ungu

Ciri Ciri Batu Akik Kecubung Ungu – Update hari ini masih tentang Batu Akik Kecubung Ungu, kali ini akan dibahas tentang Ciri Ciri Batu Akik Kecubung Ungu.

Batu Kecubung Ungu merupakan jenis batu mineral kuarsa dimana pewarnaanya memang lebih dominan mulai dari warna ungu tua sampai merah muda. Dalam sejarahnya warna ungu tersebut berasal dari kerajaan zaman dulu yang sering digunakan oleh para petinggi termasuk para raja, ratu maupun anggota kerajaaan lainya. Disamping itu, batu ini seringkali dipercaya memberikan manfaat bagi siapa pemiliknya untuk keindahana, keberuntungan atau bahkan kesuksesan. Namun lepas dari itu semua batu bewarna ungu yang satu ini memiliki tampilan begitu menarik dari batu mulia sejenis, nampak unik serta memperlihatkan keistimewaan tertentu. Karena itulah kebanyakan masyarakat memilih batu kecubung ungu sebagai koleksi terpenting hingga tak jarang dari mereka menghabiskan waktunya demi mendapatkan batu tersebut sampai ke berbagai belahan penjuru dunia.

Ciri Ciri Batu Akik Kecubung Ungu

Ciri Ciri Batu Akik Kecubung Ungu

Asal anda tahu, di Indonesia sendiri jenis – jenis batu kecubung pun sudah ada di kota – kota tertentu yang salah satunya Kalimantan. Kota tersebut sudah sejak lama terkenal dengan berbagai kualitas tinggi batu mulia atau batu akik terbaik termasuk juga Batu Kecubung Ungu. Jika anda membelinya kesana, sudah dapat dipastikan harganya akan melambung tinggi karena terjamin kualitasnya. Mungkin bila anda membelinya ke tempat lain akan ada perbandingan harga yang signifikan bahkan lebih mahal. Tapi jangan salah jika terkadang para pedagang pun tak henti – hentinya berbuat curang demi mendapatkan keuntungan lebih dengan melakukan imitasi (duplikat) terhadap batu mulia yang asli. Jadi sebelum anda membeli batu jenis kecubung ungu ini, ada baiknya baca ciri – ciri utama dibawah ini agar mengetahui secara pasti keaslian maupun kualitasnya.

Ciri-Ciri Batu Kecubung Ungu Asli

1. Warna Ungu

Biasanya warna ungu akan nampak jelas ketika diberikan cahaya. Jadi sebenarnya warna dasarnya nampak  gelap pekat bercampur keunguan. Disamping itu pula warna ungunya memiliki ciri khas unik jika asli, berbeda halnya bila batu tersebut palsu.

2. Nampak Tembus

Dalam artian bahwa ketika batu kecubung ini disinari menggunakan senter, maka akan nampak tembus pandang. Meski warna ungunya sedikit menghalangi, umumnya begitu dan bila anda tidak mendapati ciri – ciri tersebut bisa jadi keaslianya perlu dipertanyakan.

3. Tidak Tergores

Batu kecubung ungu yang asli bila menggoreskan pada bagian kaca maka yang tergores adalah kacanya. Ini menandakan bila batu itu asli, sedangkan batu sintetis atau imitasi tidak akan bisa menggoreskan kaca bahkan peleburan jenis batu menggunakan teknik tertentu pun terkdanag masih dapat menggores kaca.

4. Memiliki Kilauan Khas

Ciri-Ciri Batu Kecubung Ungu selanjutnya yaitu mempunyai kilauan unik sebagai ciri khas utama. Jika anda sudah biasa melihat kilauan jenis batu kecubung tertentu, maka secara otomatis bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Nah, bagi anda kolektor baru, sebaiknya membiasakan dahulu terhadapa kilauan batu akik sejenis sehingga nantinya akan tahu sendiri ciri tersebut.

5. Sangat Keras

Diketahui jika jenis batu kecubung selalu memiliki sifat keras bahkan sampai skala 7 mohns yang artinya berada di level lebih tinggi dibandingkan jensi batu mulia lainya. Maka tidak heran jika harganya pun selangit  karena berimbang pada kualitas dan penampilanya yang cantik serta menarik.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Ciri Ciri Batu Akik Kecubung Ungu, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *