Ciri Ciri Batu Ruby Asli

Ciri Ciri Batu Ruby Asli – Update kali ini masih seputar Batu Ruby, pembahasan akan difokuskan pada Ciri Ciri Batu Ruby Asli. Batu Ruby menjadi salah satu batu permata popular dan banyak dicari oleh para pecinta batu permata. Tapi sangat disayangkan, banyak sekali orang-orang tidak bertanggun jawab melakukan pemalsuan Batu Ruby. Maka dari itu Admin Bacabagus.com berinisiatif membagikan postingan tentang Ciri Ciri Batu Ruby Asli, agar agan-agan bisa mengenali Batu Ruby yang Asli.

Ciri Ciri Batu Ruby Asli
Ciri Ciri Batu Ruby Asli

Ciri Ciri Batu Ruby Asli

Berikut ini adalah artikel tentang cara mengetahui batu permata ruby yang asli (Natural) yang saya ambil dari beberapa referensi yang menurut saya adalah paling akurat untuk mengetahui ciri-ciri batu permata ruby yang asli atau natural.

Ciri ciri batu ruby asli yang berada dipasaran dapat dibedakan berdasarkan berbagai hal seperti harga, bentuk fisik, warna, dan sebagainya. Batu permata yang harganya mahal tentu menjadi peluang bagi para penipu yang memanfaatkan hal ini untuk membuat imitasi dari batu berharga tersebut. Mengetahui hal tersebut pastinya anda pecinta batu ruby harus berhati hati dalam melakukan transaksi dan membeli batu yang asli.

Ciri Ciri Batu Ruby Asli Dari Fisiknya

Ruby merupakan salah satu batu mulia yang paling populer di Indonesia, kepopuleran ini membuat banyak orang berusaha membuat imitasinya. Berikut adalah ciri ciri batu ruby asli dari bentuk fisiknya dan tekstur batu tersebut.

1. Kekerasan Batu Ruby

Batu ruby asli memiliki bentuk dan sangat keras, bahkan baja pun tidak dapat membuat gores batu permata ruby ini.

2. Komposisi Kimia Batu Ruby

Rubi memiliki kekerasan 9,0 skala Mohs dalam skala kekerasan mineral karena mereka sebenarnya merupakan permata yang dibentuk dari korundum mineral. Korundum adalah bentuk kristal aluminium oksida, yang merupakan salah satu mineral yang paling tahan lama di bumi. Korundum juga memproduksi safir. Rumus kimia untuk ruby adalah Al2O3, gravitasi spesifik 3,9-4,1, dan indeks bias 1,76-1,77.

Salah satu cara mudah yang dilakukan banyak ilmuan dalam meneliti keaslian suatu ruby adalah serat yang terkandung dalam batu tersebut. Batu yang asli memiliki bentuk ketidaksempurnaan pada bentuknya, yang mana didalamnya terdapat serat yang membuat batu ini tidak terlalu jernih. Walaupun ruby yang natural banyak dijual di pasaran, namun saat ini telah ditemukan teknologi untuk menghilangkan serat yang membuat ruby tidak bening.

3. Warna Ruby Batu Ruby

Warna Ruby umumnya adalah berwarna merah, namun ruby juga memiliki warna sekunder seperti oranye, ungu, violet dan merah muda. Bahkan di Indonesia sendiri batu ini dikenal dengan batu merah delima karena warna merah yang jadi khasnya.

4. Pantulan Sinar Batu Ruby

Ciri ciri batu ruby asli juga dapat diamati dengan pantulan sinar cahaya yang melewatinya. Sinar yang dipantulkan terkadang dapat membentuk three-ray dan six-point star (berbentuk bintang) yang disebabkan oleh bentuk alami dari ruby yang memiliki serat serat didalamnya.

Ciri Ciri Batu Ruby Asli Yang Mudah

Ciri ciri batu ruby asli yang mudah dilihat oleh anda pecinta batu mulia agar tidak mudah tertipu antara lain adalah melihat tekstur batu tersebut. Selain itu dari sisi harga batu ini juga memiliki harga yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari batu akik. Jika harga batu dijual miring sudah pasti batu tersebut adalah palsu dan hanya imitasi untuk mengeruk keuntungan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Ciri Ciri Batu Ruby Asli, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *