Ciri Khas dan Cara Merawat Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang

Ciri Khas dan Cara Merawat Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang – Update hari ini masi tentang Bau Akik, kali ini akan dibagikan Ciri Khas dan Cara Merawat Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang. Meski dikenal dengan nama sungai dareh batu yang berwarna hijau cerah ini juga dikenal dengan nama lain seperti batu lumut, batu lumuik, giok kandi dan Giok sumatra. Sebenarnya varian batu giok asal Sumatera bukan hanya batu sungai dareh saja namun juga ada lumut aceh yang juga disebut dengan giok aceh dan dikenal dengan istilah Jade di negeri Korea. Namun yang kini menjadi primadona dari Sumatera adalah Batu Sungai Dreh Pucuk Pisang.

Ciri Khas dan Cara Merawat Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang

Ciri Khas dan Cara Merawat Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang

Dan salah satu jenis batu sungai dareh terbaik adalah jenis batu sungai dareh pucuk pisang, selain batu sungai dareh pucuk pisang terdapat juga jenis batu sungai dareh lainnya yang memiliki kualitas tidak kalah baiknya seperti batu sungai dareh totol lumut, kumbang jati, dan juga batu sungai dareh kristal.

Batu sungai dareh pucuk pisang memiliki ciri khas warna hijau muda seperti lumut namun terdapat juga yang berwarna kekuningan, selain sangat mengkilap jika sudah dipoles, kecantikan batu sungai dareh ini juga karena motifnya yang unik dan cantik. Batu ini diketahui memiliki tingkat kekerasan hingga 7 skala mohs

Untuk dapat mengetahui keaslian dari jenis batu akik tersebut maka tentunya harus dilakukan berbagai tes tertentu yang tidak berbeda jauh dengan batu akik lainnya, untuk lebih pasti, memang alangkah baiknya jika di tes di tempat khusus seperti di sebuah laboraturium.

Cara Merawat Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang

Batu sungai dareh yang telah menjadi kristal tentu harganya jauh lebih mahal dibanding yang masih proses. Keindahan batu sungai dareh yang sudah dibentuk terletak pada corak atau komposisi warna dalam batu, kilau hasil penggosokan yang sempurna, serta pantulan cahaya bila diberi cahaya dari atas.

Caranya sangat mudah yakni :

  • Anda hanya perlu membeli air yang mengandung oksigen atau lebih dikenal dengan air Oxy yang banyak dijual di supermarket atau mini market disekitar rumah.
  • Masukkan batu sungai dareh dalam air oksigen dan tutup kembali dengan rapat. Biarkan kurang lebih 3 – 7 hari dalam wadah tertutup.
  • Keluarkan batu dan dijemur dibawah terik matahari minimal 1 jam dan maksimal 3 jam dalam sehari, setelah dijemur rendam kembali batu dengan air oksigen dalam wadah tertutup rapat.
  • Lakukan berulang-ulang hingga diperoleh perubahan pada batu sungai dareh menjadi kristal. Mungkin baru mulai terlihat hasilnya setelah dilakukan selama 1 sampai 3 bulan.

Demikianlah informasi singkat mengenai Ciri Khas dan Cara Merawat Batu Sungai Dareh Pucuk Pisang, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *