Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Inggris

Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Inggris – Pada kesempatan ini admin Baca Tutorial akan berbagi informasi mengenai Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Inggris, Berikut Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Inggris secara lengkap.

Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Inggris

Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Inggris

 KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan petunjuk, kesehatan, ketabahan, dan kesabaran kepada kami sehingga penulisan buku Scaffolding: English for Junior High School Students (Grade VII) ini terselesaikan.

Buku ini disusun dengan tujuan menyediakan bahan ajar mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas VII dengan acuan Standar Isi mata pelajaran bahasa Inggris tahun 2006. Bahan ajar ini dirancang untuk pemakaian secara nasional dan oleh karenanya guru di seluruh Indonesia dapat menggunakannya langsung di dalam kelas atau dengan melakukan adaptasi seperlunya menyesuaikan KTSP masing-masing. Materi dan tugas pembelajaran dikembangkan dengan prinsip-prinsip Pendekatan Komunikatif untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam keempat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu materi dan tugas pembelajaran secara integratif mengembangkan kecakapan hidup dalam arti luas dan peningkatan kesadaran akan kebinekaan.

Materi dan tugas-tugas pembelajaran dalam buku ini diorganisasikan ke dalam dua siklus pembelajaran, yaitu siklus lisan dan siklus tulis. Sementara siklus lisan menekankan pengembangan keterampilan menyimak dan berbicara, siklus tulis mengembangkan keterampilan membaca dan menulis. Sesuai dengan prinsip keterpaduan dalam pembelajaran bahasa, kedua siklus tersebut mengembangkan keempat keterampilan berbahasa secara terintegrasi. Baik siklus lisan maupun siklus tulis tersusun atas empat macam kegiatan pembelajaran, yaitu pembuka, pajanan terhadap bahasa target, penjelasan mengenai unsur-unsur kebahasaan, dan latihan berkomunikasi dalam bahasa target secara terbimbing maupun bebas. Selain itu, untuk keperluan pengayaan dan evaluasi, setiap unit dilengkapi dengan tugas terstruktur berupa pekerjaan rumah dan evaluasi. Untuk memberi kesempatan kepada peserta didik mengevaluasi dirinya secara mandiri, disediakan format evaluasi diri.

Materi dan kegiatan pembelajaran dalam buku ini lebih dikembangkan untuk mendorong terjadinya learning pada diri siswa. Kegiatan-kegiatan belajar dikembangkan untuk menjadikan siswa secara individu, berpasangan, dan kelompok kecil secara aktif belajar bahasa Inggris melalui kegiatan memahami dan menggunakan bahasa Inggris untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan secara alami. Guru lebih bertindak sebagai fasilitator, pemberi feedback, dan pendorong siswa agar berani mengekspresikan dirinya dengan tidak mengabaikan pentingnya akurasi berbahasa. Dengan kegiatankegiatan pembelajaran dan peran guru yang demikian, siswa terbimbing dan memperoleh fasilitasi dalam berlatih mengekspresikan dirinya sehingga secara bertahap akhirnya mampu berkomunikasi dengan baik.

Sehubungan dengan terselesaikannya penulisan buku ini kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungannya selama proses penyusunannya. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada istri, anak, ayah, ibu, saudara-saudara, dan kekasih kami yang telah dengan sabar menyemangati langkah demi langkah dalam penulisan buku ini. Mohon maaf atas hari-hari libur dan akhir-akhir pekan yang tidak bisa kita lewatkan bersama dan terima kasih atas pengertiannya.

Kami menyadari bahwa buku ini masih memiliki kekurangan-kekurangan. Masukan dari berbagai pihak, terutama guru dan siswa pemakai bahan ajar ini, untuk perbaikan sangat kami harapkan. Semoga bahan ajar ini memberikan manfaat bagi pembelajaran bahasa Inggris di tanah air.

Penulis

Demikianlah info Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Inggris dari admin, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *