Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial

Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial – Pada kesempatan ini admin Baca Tutorial akan berbagi informasi mengenai Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial, berikut ini Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial secara lengkap.

Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial

Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial

Belajar IPS yang Bermakna bagi Siswa dan Bermanfaat bagi Bangsa

Peran dan kedudukan pembelajaran IPS sungguh sangat strategis. Tidak saja bagi siswa tetapi juga bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia. Mata pelajaran IPS menjadi strategis karena mengkaji seluruh aspek kehidupan sosial kita. Di dalamnya kita bisa mempelajari kehidupan bangsa dari dimensi sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi, sosiologi, filsafat, dan psikologi sosialnya. Diharapkan siswa mampu memetik pelajaran untuk kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih baik. Selain itu, siswa nantinya bisa memiliki kecerdasan sosial yang tinggi, pemikiran yang rasional, tidak emosional dalam menyikapi permasalahan sosial yang ada di lingkungannya, serta aktif dalam mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Permasalahannya, mengapa pembelajaran yang selama ini dikembangkan di lingkungan sekolah belum mampu menjawab permasalahan sosial yang dihadapi bangsa Indonesia? Mengapa justru muncul kesan bahwa apa yang dipelajari di sekolah tidak ada korelasinya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan dan kebangsaan Indonesia? Salah satu alasannya adalah banyaknya buku IPS yang tidak menempatkan masyarakat sekitar sebagai “laboratorium sosial” untuk memperkaya pembelajaran. Dampaknya adalah siswa menjadi pasif dan hanya berorientasi pada hafalan materi.

Dalam rangka turut memperbaiki pembelajaran IPS itulah buku ini kami susun. Buku ini akan mendorong siswa untuk bisa aktif menemukan pengetahuan dan pengalaman dalam beragam bentuk tugas yang berorientasi sosial kemasyarakatan. Di setiap akhir pembelajaran, disajikan uji kompetensi yang dimulai dari sebuah wacana dengan beragam tema yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan ada di lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti pembelajaran IPS melalui buku ini, siswa tidak saja akan cerdas, rasional, dan konstruktif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, tetapi juga memiliki pola pikir yang multidimensi. Siswa akan mampu memecahkan setiap persoalan dalam hidupnya dari berbagai dimensi sehingga penyelesaiannya pun juga semakin utuh. Sebuah inovasi pembelajaran IPS telah kita lalui dengan menggunakan buku IPS ini.

Tak ada gading yang tak retak. Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan saran dan kritik dari pembaca untuk perbaikan kami pada masa mendatang. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami hingga selesainya penyusunan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi masa depan bangsa Indonesia.

Selamat belajar!

Klaten, Juli 2008

Penulis

Demikianlah info singkat dari admin tentang Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *