Contoh Kata Pengantar Buku

Contoh Kata Pengantar Buku – Pada kesempatan ini admin Bacatutorial.com akan berbagi informasi mengenai Contoh Kata Pengantar Buku. Khusus bagi anda yang sedang mencari referensi Contoh Kata Pengantar Buku.

Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia

Pendidikan dasar enam tahun telah kalian lalui dengan lancar. Selanjutnya, kalian telah memasuki pendidikan menengah pertama yang merupakan jenjang minimal pendidikan masyarakat Indonesia.

Jenjang pendidikan menengah pertama memiliki perbedaan dengan sekolah dasar. Pada pendidikan menengah ini, kalian akan menemukan keanekaragaman, baik teman, mata pelajaran, maupun guru. Oleh karena itu, diperlukan interaksi yang berkesinambungan untuk memasuki lingkungan baru ini. Dengan demikian, kalian dituntut memiliki keterampilan yang baik.

Pada pelajaran bahasa Indonesia, kalian akan berlatih meningkatkan keterampilan berbahasa, yang meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Di antaranya, mendengarkan berita, bertelepon dengan santun, membaca cepat, menulis buku harian, dan lain-lain. Untuk meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra, kalian akan berlatih mendengarkan dongeng, mengomentari buku, membaca cerpen, maupun menulis puisi. Bagaimana kemampuan kalian dalam bersastra?

Dengan mempelajari buku Aktif Berbahasa Indonesia, kemampuan berbahasa dan bersastra kalian akan lebih terasah. Oleh karena itu pelajarilah dengan sungguhsungguh. 

Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat bagi kalian. Selamat belajar, semoga sukses.

 

Surakarta, September 2007

 

 

Penulis

Contoh Kata Pengantar Buku

Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 

Peran dan kedudukan pembelajaran IPS sungguh sangat strategis. Tidak saja bagi siswa tetapi juga bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia. Mata pelajaran IPS menjadi strategis karena mengkaji seluruh aspek kehidupan sosial kita. Di dalamnya kita bisa mempelajari kehidupan bangsa dari dimensi sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi, sosiologi, filsafat, dan psikologi sosialnya. Diharapkan siswa mampu memetik pelajaran untuk kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih baik. Selain itu, siswa nantinya bisa memiliki kecerdasan sosial yang tinggi, pemikiran yang rasional, tidak emosional dalam menyikapi permasalahan sosial yang ada di lingkungannya, serta aktif dalam mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Permasalahannya, mengapa pembelajaran yang selama ini dikembangkan di lingkungan sekolah belum mampu menjawab permasalahan sosial yang dihadapi bangsa Indonesia? Mengapa justru muncul kesan bahwa apa yang dipelajari di sekolah tidak ada korelasinya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan dan kebangsaan Indonesia? Salah satu alasannya adalah banyaknya buku IPS yang tidak menempatkan masyarakat sekitar sebagai “laboratorium sosial” untuk memperkaya pembelajaran. Dampaknya adalah siswa menjadi pasif dan hanya berorientasi pada hafalan materi.

Dalam rangka turut memperbaiki pembelajaran IPS itulah buku ini kami susun. Buku ini akan mendorong siswa untuk bisa aktif menemukan pengetahuan dan pengalaman dalam beragam bentuk tugas yang berorientasi sosial kemasyarakatan. Di setiap akhir pembelajaran, disajikan uji kompetensi yang dimulai dari sebuah wacana dengan beragam tema yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan ada di lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti pembelajaran IPS melalui buku ini, siswa tidak saja akan cerdas, rasional, dan konstruktif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, tetapi juga memiliki pola pikir yang multidimensi. Siswa akan mampu memecahkan setiap persoalan dalam hidupnya dari berbagai dimensi sehingga penyelesaiannya pun juga semakin utuh. Sebuah inovasi pembelajaran IPS telah kita lalui dengan menggunakan buku IPS ini.

Tak ada gading yang tak retak. Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan saran dan kritik dari pembaca untuk perbaikan kami pada masa mendatang. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami hingga selesainya penyusunan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi masa depan bangsa Indonesia.

 

Selamat belajar!

 

Klaten, Juli 2008

 

 

Penulis

 

Contoh Kata Pengantar Buku Matematika

Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya 1 ini membantumu belajar matematika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah kamu pahami. Di dalam buku ini kamu akan menjumpai soal-soal yang dapat melatih keterampilanmu. Dengan harapan, kamu akan lebih tertarik dan suka belajar matematika.

Setiap awal bab di buku ini disajikan kover bab. Bagian ini berisi ilustrasi dan deskripsi singkat yang menarik berkaitan dengan materi bab yang bersangkutan. Selain itu, di awal bab juga disajikan tujuan pembelajaran yang harus kamu capai dalam setiap bab. Kata-kata kunci merupakan inti dari materi. Bacalah terlebih dahulu kata-kata kuncinya sebelum kamu mempelajari isi materi.

Di dalam buku ini disajikan Tugas Mandiri yang akan meningkatkan pemahaman kamu terhadap konsep yang telah kamu pelajari. Diskusi akan mendorongmu untuk lebih bersemangat dalam bekerja sama. Soal Tantangan akan memotivasi kamu dalam memahami konsep. Pelangi Matematika akan menambah pengetahuan dan wawasan kamu mengenai tokoh yang berjasa besar pada konsep yang sedang dipelajari. Tips akan membantumu memahami konsep yang sedang kamu pelajari. Di bagian akhir setiap bab dilengkapi dengan soal-soal untuk mengevaluasi kompetensi yang telah kamu capai setelah mempelajari satu bab. Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat dan jangan segan untuk bertanya jika kamu menemui kesulitan. Selamat belajar, semoga sukses.

 

Surakarta, …………….. 2008

 

 

 

Penulis

 

Contoh Kata Pengantar Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-

Nya sehingga buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs ini dapat diselesaikan. Pengembangan kurikulum dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kurikulum merupakan alat yang penting bagi keberhasilan suatu pendidikan untuk meningkatkan usaha tersebut. Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) menekankan pada kemampuan peserta didik dalam belajar sesuai standar kompetensi yang ditetapkan.

Buku ini memberikan pendekatan belajar agar siswa mudah memahami materi yang terkandung, juga

membangun motivasi siswa untuk dapat mengaitkan suatu materi pada kehidupan sehari-hari. Penyajian materi diarahkan pada pendekatan untuk “How to know” (Bagaimana untuk mencaritahu)

dan “How to do” (Bagaimana untuk berbuat/melakukan), sehingga memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk membangun sendiri suatu konsep yang akan memberikan makna pada pengetahuan yang diperolehnya. Dalam buku ini disajikan beberapa hal, antara lain :

  1. Memuat standar kompetensi, kompetensi dasar serta indikator yang harus dikuasai oleh peserta didik.
  2. Di balik peristiwa, berisi suatu penerapan materi pelajaran dalam kehidupan sehari–hari.
  3. Kegiatan eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik.
  4. Contoh soal beserta pembahasan soal yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
  5. Tagihan yang harus dikerjakan oleh peserta didik yang bertujuan untuk menggali informasi tentang penerapan dan pemahaman konsep serta kinerja ilmiah yang telah dikuasai untuk tiap kompetensi dasar yang ditetapkan.
  6. Uji kompetensi yang bertujuan menggali informasi tentang penerapan dan pemahaman konsep serta kinerja ilmiah yang dikuasai oleh peserta didik untuk setiap standar kompetensi yang telah ditetapkan.
  7. Uji Kompetensi Komprehensif yang bertujuan mengevaluasi penerapan dan pemahaman konsep serta kinerja ilmiah yang dikuasai oleh peserta didik untuk beberapa standar kompetensi yang ditetapkan Penulis menyadari bahwa dalam penulisan buku ini jauh dari kesempurnaan, sesuai dengan peribahasa yang menyatakan bahwa “ Tak ada gading yang tak retak“, maka penulis menerima kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan buku ini.

Dengan terbitnya buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada tim editor yang membantu penyempurnaan buku ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Purwadi Antoro, S.Pd yang telah membaca, mengoreksi, dan memberikan masukan kepada penulis guna perbaikan naskah buku ini.

 

Akhirnya penulis berharap semoga buku ini dapat memenuhi harapan kita semua.

 

Maret 2008

 

Penulis

Baca :

Demikianlah beberapa Contoh Kata Pengantar Buku yang bisa admin bacatutorial.com bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membuat Kata Pengantar Buku. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *