Hari Korps Wanita Angkatan Laut 5 Januari

Posted on

Hari Korps Wanita Angkatan Laut – Pada kesempatan ini admin bacabagus.com akan berbagi kembali tentang Hari Besar Nasional yaitu Hari Korps Wanita Angkatan Laut. Ok langsung saja kita tengok informasi tentang Hari Korps Wanita Angkatan Laut.

Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Korps Wanita Angkatan Laut (disingkat Kowal) merupakan bagian dari TNI Angkatan Laut, dan setiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari jadi Kowal.

Sejarah Hari Korps Wanita Angkatan Laut

Sejalan dengan pembangunan ALRI pada awal dasawarsa tahun 1960-an, kebutuhan akan tenaga wanita dalam kedinasan Angkatan Laut semakin terasa, pembentukan Korps wanita dalam jajaran Angkatan Laut berkaitan dengan aspek egisensi, yaitu bahwa ada beberapa bidang tertentu yang lebih sesuai dikerjakan oleh kaum wanita sesuai dengan kodrat nya. Ide pembentukan sebuah korps wanita Angkatan Laut dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, direalisasikan oleh menteri/Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata dengan dikeluarkannya surat keputusan Men/Pangal No:5401.24 TGL 26 Juni 1962 tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) surat keputusan tersebut ditindak lanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang Perwira Kowal.

Pelantikan para anggota Kowal pertama tersebut dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda RE Martadinata di Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada tanggal 5 Januari 1963, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kowal. saat ini sudah ada dua anggota kowal yang sudah mencapai level Perwira Tinggi. Laksamana Muda TNI Christina Maria Rantetana SKM MPH dan Laksamana Pertama TNI dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp. BS.

Perwira Tinggi Kowal

  • Laksamana Muda TNI (Purn.) Christina Maria Rantetana SKM MPH (Jabatan terakhir : Staf Ahli Menkopolhukam RI Bidang Ideologi dan Konstitusi)
  • Laksamana Pertama TNI (Purn.) Dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp. BS (Jabatan terakhir : Kepala Dinas Kesehatan TNI AL)
  • Laksamana Pertama TNI (Purn.) dr. Sulantari, Sp. THT-KL (Jabatan Terahkir : Kepala Rumah Sakit TNI AL dr. Ramelan Diskesal)
  • Laksamana Pertama TNI drg. Lita Agustia, MH.Kes. (Jabatan : Kaladogi REM Diskesal)
  • Laksamana Pertama TNI dr. Janti Undari (Jabatan : Kapusrehap Kemhan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *