Hari Kusta Internasional 31 Januari

Hari Kusta Internasional – Pada kesempatan ini admin bacabagus.com akan berbagi tentang Hari Kusta Internasional, di sini admin akan membagikan informasi seputar Hari Kusta Internasional khususnya masalah Sejarah Hari Kusta Internasional. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Hari Gizi dan Makanan, Ok langsung saja kita simak bersama Hari Kusta Internasional.

Hari Kusta Internasional

Hari Kusta Internasional

Sejarah Hari Kusta Internasional (World Leprosy Day)

Asal terjadinya Hari Kusta Sedunia :

  • Hari Kusta Sedunia ditetapkan oleh seorang pendiri Yayasan Kusta Raoul Fallereau. Nama yayasan ini ditetapkan oleh pendirinya sama dengan namanya sendiri yaitu Roul Fallereau (RF), seorang wartawan berkebangsaan Perancis. Selama 30 th Raoul Fallereau mengabdikan dirinya untuk memperjuangkan nasib penderita kusta. Raoul Fallereau ini berjuang untuk menghilangkan stigma social di masyarakat. Roul Fallereau mengorganisir penetapan Hari Kusta (Leprosy Day) untuk mendapatkan kepedulian terhadap kusta. Pada tahun 1955, ada 150 radio dari 60 negara yang menyiarkan tentang kampanye kusta.
  • Suatu cara yang menarik terjadi di Amerika Tengah pada tahun 1953 untuk memperlihatkan bagaimana stigma social tersebut. Seorang yang mengetahui dirinya terserang kusta setelah didiagnosa oleh Dokter beberapa hari kemudian bunuh diri dengan melompat dari jendela. Dari hasil hasil pemeriksaan visum, ternyata ia hanya menderita kelainan kulit yang tidak begitu berbahaya. Dari kejadian ini dapat diambil kesimpulan bahwa “Seorang penderita kusta tidak mati karena penyakit kustanya, tetapi mati karena ia penyandang kusta”.
  • Peristiwa pertama kali orang-orang Afrika laki-laki, perempuan, anak-anak secara besar-besaran datang berkunjung ke Leprosary ditetapkan sebagai Hari Kusta (Leprosy Day). Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu, minggu terakhir bulan Desember 1955. Oleh karena itu di Eropa, Hari Kusta Sedunia atau World Leprosy Day ditetapkan pada hari Minggu, minggu terakhir bulan Desember.
  • Di India Presiden Mahatma Gandhi adalah seorang  yang sangat menaruh perhatian dan besar jasanya kepada penderita Kusta. Mahatma Gandhi meninggal karena  terbunuh pada hari Minggu, minggu terakhir bulan Januari. Untuk mengenang jasa-jasanya pada kusta, maka Hari Kusta Sedunia di Negara-negara Asia ditetapkan pada hari Minggu, Minggu terakhir bulan Januari.

Tujuan dari peringatan Hari Kusta adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dan berbagai stakeholder dalam pemberantasan kusta untuk mencapai Indonesia Bebas  Kusta. Lihat juga Hari Dharma Samudera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *