Jenis Batu Bungur Asli

Jenis Batu Bungur Asli – Ada 3 jenis Batu Bungur Asli yang akan dibahas di sini, yaitu Batu Bungur Brazil, Batu Bungur Kalimantan dan Batu Bungur Tanjung Bintang. Sebelumnya Admin Baca Bagus juga sudah berbagi tentang Perbedaan Batu Bungur Tanjung Bintang dengan Kalimantan.

Jenis Batu Bungur Asli
Jenis Batu Bungur Asli
Jenis Batu Bungur Asli

Jenis Batu Bungur Asli

Batu Bungur sendiri sebenarnya dikenal juga dengan sebutan atau nama lain yaitu Batu Kecubung, namun nama tersebut bisanya digunakan pada daerah yang berbeda atau dengan kata lain bahwa di tiap daerah biasanya namanya sendiri juga akan berbeda.

Batu Akik Bungur sendiri merupakan batu akik dan permata yang masuk pada kategori Quartz atau kuarsa, dan diketahui bahwa tingkat kekerasan dari jenis batu permata tersebut mencapai 7 skala mohs. Selain itu, diketahui bahwa batu bungur sendiri juga tersedia dalam beberapa jenis yang berbeda-beda, bagi anda yang pada saat ini ingin mengetahuinya, maka di bawah ini adalah macam – macam jenis batu bungur yang dapat kita ketahui bersama.

Jenis-jenis Batu Bungur Asli

Berikut ini 3 jenis batu bungur asli yang banyak dicari oleh para pecinta batu akik.

1. Batu Bungur Brazil

Ya, sesuai dengan namanya bahwa salah satu jenis batu bungur dari  Jenis Batu Bungur di atas bahwa jenis batu bungur ini memang diketahui berasal dari negara samba Brazil, dan diketahui bahwa jenis batu permata ini memiliki warna ungu yang lebih pucat dari batu bungur tanjung bintang. Sehingga Batu Bungur ini di rasa kurang mengkilap serta memiliki tingkat serat yang lebih kasar dari batu bungur kalimantan, namun warnanya tersebut merata dan tidak menggumpal hanya pada satu bagian atau satu sisi saja.

2. Batu Bungur Kalimantan

Jenis Batu Bungur ini diketahui merupakan jenis batu bungur terbaik pasalnya sudah diakui hingga tingkat internasional dan dapat di sertifikasi sebagai batu permata yang bernilai tinggi, sesuai dengan namanya bahwa batu permata kuarsa ini memang berasal dari daerah Kalimantan. Dengan ciri yang khas yaitu berwarna ungu pekat namun tetap memiliki tansparansi warna serta warnanya tidak menggumpal pada satu sisi dan merata, namun serat pada batu permata ini dikenal kasar dan dapat terlihat jelas.

3. Batu Bungur Tanjung Bintang

Berbeda dengan batu bungur sebelumnya, Batu Bungur Tanjung Bintang ini merupakan salah satu jenis batu kuarsa yang berasal dari daerah Lampung, selain itu, batu permata ini juga memiliki warna yang lebih pudar namun lebih mengkilat dari jenis batu bungur di atas. Selain itu, diketahui juga bahwa warna ungu yang cenderung pudar pada jenis batu permata ini biasanya akan bergumpal pada satu sisi saja, dan sayangnya jenis batu permata ini belum dapat di sertifikasi sebagai salah satu jenis batu permata yang bernilai tinggi.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Batu Bungur Asli, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan agan-agan tentang Batu Bungur. Jangan lupa baca juga Jenis Batu Pirus Langka yang Bagus[bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *