Jenis Batu Kecubung Terbaik

Posted on

Jenis Batu Kecubung TerbaikJenis Batu kecubung (flower amethyst) dan (Amethyst Banded). Batu ini sudah sangat populer di masyarakat baik di Indonesia maupun di mancanegara. Dalam berbagai kebudayaan khasiat batu kecubung dipercaya sebagai simbol welas asih dan kasih sayang. Batu Batu dengan khas warna ungu ini memang tampak sangat cantik dan anggun sebagai sebuah permata untuk baik untuk kalung, liontin atau cincin permata.

Batu kecubung selalu dikaitkan dengan kelahiran Februari, artinya dalam banyak kepercayaan dan budaya diberbagai negara, bahwa memilih sebuah perhiasan khuususnya permata sering dikaitkan dengan warna yang cocok dengan zodiak atau kelahiran, sehingga katanya bagi mereka yang lahir bulan Februari cocok seandainya mengenkan perhiasan dari jenis batu kecubung atau zodiak Aquarius.

Jenis Batu Kecubung Terbaik

Jenis Batu Kecubung Terbaik

 

Kecubung memiliki variasi warna seperti ungu muda, ungu kemerahan (merah muda) dan ungu tua. Sedang untuk batu kecubung termahal dengan warna ungu tua seperti kecubung Deep Rusian dengan harga bisa mencapai ribuan dollar.

Warna ungu pada batu ini juga selalu dikaitkan dengan warna raja-raja aman dulu, karena jenis batu ini dikategorikan sebagai batu sakral yang banyak dimanfaatkan kalangan raja dan pangeran karena dipercaya mampu meningkatkan karisma dan dianggap sebagai sumber keberuntungan.

Di pasaran internasional kecubung dikenal dengan nama Amethyst yang berarti tidak mabuk sedangkan kata kecubung sendiri di indonesia terkait dengan buah kecubung yang memambukkan, nama yang berkaitan tapi memiliki arti berbeda.

Asal Usul Dan Jenis Batu Kecubung Terbaik

Kebanyakan orang menganggap bahwa batu ini hanya ditemukan di Indonesia, sebenarnya ada banyak negara penghasil batu dengan warna yang sangat indah ini, misalnya Russia Sri lanka, Brasil, kanada, Madagaskar, Amerika, India, Kanda dan Namibia. Sedangkan di Indonesia banyak di temukan Kalimantan (kabupaten Sukamara) dan Sumatera, termasuk di Derah lain.

Selain Batu kecubng di Indnesia banyak ditemukan batu-batu berharga lainnya seperti intan atau berlian banyak ditemukan di Martapura Kalimantan Selatan. Ada juga batu giok yang selama ini sudah melegenda dan dipercaya sebagai sumber energi alam yang semesta sehingga memilki banyak khasiat.

Jenis kecubung yang dikenal banyak kolektor ada 2 jenis yaitu Amethyst Flower dan Amethyst Banded. Kedua jenis ini dasarkan pada kepercayaan banyak penghobi atau kolektor adanya daya magnetis dalam batu kuarsa yang dipercaya dapat membuka aura pemakainya

Struktur Batu Kecubung

Batu Amethyst atau kecubung merupakan batu mineral yang tersusun dari variasi batu kwarsa dan sangat terkenal baik di pasaran lokal maupun di pasaran internasional. Harga btu kecubung juga cukup terjangkau dengan kualitas sedang.

Namu untuk kualitas terbaik tentu saja sangat mahal layaknya batu permata lain yang bisa mencapai ribuan dollar perkarat. Kekerasan batu ini 7 skla mohs dan tergolong batu yang cukup keras.

Warna ungu pada batu ini diakibatkan oleh penyinaran yang bersumber dari ketidak murnian elemen besi termasuk adanya beberapa elemen yang meninggalkan jejak dan pola geometris kristal yang rumit sehingga memunculkan warna ungu yang terlihat indah dan unik.  Selain warna ungu kecubung juga ada yang biru dan merah namun secara umum warna ungu lebih mendominasi.

Demikianlah pembahasan tentang Jenis Batu Kecubung Terbaik, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan agan-agan tentang Batu Kecubung. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *