Jenis-Jenis Batu Blue Safir

Posted on

Jenis-Jenis Batu Blue SafirBatu blue safir memang sangat langka dan dari semua yang ada di pasaran dunia. Beberapa diantaranya telah menjadi koleksi pribadi. Dari batu-batu blue safir yang ada, terdapat tiga jenis batu blue safir yang sangat terkenal sehingga tidak mengherankan jika harga batu blue safir tersebut harganya sangat mahal. Ketiga jenis batu blue safir tersebut adalah batu badar mas, ceylon blue safir star, dan vivid blue safir star.

Jenis-Jenis Batu Blue Safir

Jenis-Jenis Batu Blue Safir

Batu Blue Safir Badar Mas

Batu badar mas adalah tipe batu blue safir birma. Bentuk batu blue safir ini adalah shave oval cobochon. Batu badar mas adalah batu alam asli yang berukuran 1 cm x 1,3 cm dan memiliki warna biru yang agar redup. Cahaya dari batu ini memang tidak begitu kuat, tetapi dari pancaran warna birunya memiliki kedalaman yang dapat membuat orang senang untuk memandangnya berlama-lama.

Jenis batu blue safir yang satu ini sudah banyak digunakan pada berbagai macam aksesoris dan perhiasan. Namun, di Birma dan pasaran dunia, batu mulia kelompok blue safir ini paling murah harga untuk tiap butirnya yakni Rp 640 ribu.

Harga ini memang masih termasuk jenis batu mulia termurah. Namun, jika berbicara tentang kendahan dan kualitas, batu ini tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, khasiat batu blue safir ini juga sama dengan blue safir lainnya. Batu mulia ini bisa ditambahkan pada perak maupun emas sebagai hiasan.

Ceylon Blue Safir Star

Bentuk dari batu blue safir ini memang cukup antik. Ceylon Blue Safir Star adalah batu alam asli yang berbentuk oval dan beratnya 11,06 carat. Batu ini mempunyai ukuran 17,77 mm x 9,09 mm x 7,53 mm. Batu blue safir ini mempunyai model buff top cutting style. Harga untuk batu blue safir jenis ini sudah dipatok cukup tinggi perbuahnya.

Batu ceylon blue safir star yang sudah diikat dengan logam mulia harganya biasanya berkisar antara Rp 47,5 juta sampai Rp 57,5 juta. Tentu saja keindahan batu mulia ini sudah bisa dibayangkan mengingat harganya yang cukup mahal. Semakin antik bentuk batu blue safir star ini, maka harganya juga akan semakin mahal, apalagi jika logam mulia yang digunakan untuk mengikatnya terbuat dari logam mulia berkualitas tinggi.

Vivid Blue Safir

Jenis batu blue safir yang ketiga adalah vivid blue safir 0116. Ini adalah batu alam asli yang memiliki warna vivid blue. Batu ini mempunyai model cutting mixed cut. Setiap butir memiliki ukuran 8,06 mm x 7 mm x 5,5 mm yang memiliki berat 2,25 carat. Vivid blue safir memiliki warna biru yang cerah. Harga batu blue safir ini dipatok sekitar Rp 7,350.000,- per buah. Harga ini sudah termasuk logam mulia yang digunakan untuk mengikat batu blue safir.

Harga batu ini memang tidak semahal Ceylon Blue Safir Star, namun jika berbicara tentang keindahan dan khasiat batu blue safir, batu vivid blue safir sudah tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, permintaan di pasaran terhadap batu ini memang sangat tinggi, baik yang masih berbentuk batu tunggal maupun yang sudah diikat dengan logam mulia. Penampilan batu blue safir memang selalu mencuri perhatian siapapun yang memandangnya.

Demikianlah beberapa Jenis-Jenis Batu Blue Safir yang bisa Admin rangkum, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *