7 Jenis Usaha Sampingan

Jenis Usaha Sampingan – Masin tentang Usaha Sampingan, kali ini akan dibagikan tentang Jenis Usaha Sampingan yang bisa menjadi pilihan untuk dijalankan. Pada artikel ini akan diberikan 7 Contoh Jenis Usaha Sampingan yang bisa dilakukan di rumah olej karyawan atau ibu rumah tangga.

Jangan salah gambar di atas keliatan lucu dan unik, tapi apakah anda tahu ternyata orang yang sukses dalam usaha adalah orang-orang spesial. Unik atau bahkan orang menilai kita aneh, jangan minder karena mungkin saja dibalikan keunikan anda terdapat sesuatu yang luar biasa untuk membuat anda bisa jadi sukses.Jenis Usaha Sampingan

7 Jenis Usaha Sampingan untuk Karyawan dan Ibu Rumah Tangga

1. Usaha resale

Usaha yang satu ini sering kita lihat di lingkungan perkantoran; seorang karyawan membawa sekantung barang dagangan seperti aksesoris, pakaian, makanan ringan atau kosmetik, lalu menawarkannya pada rekan-rekan sekantornya di saat istirahat.

Baca : Usaha Menjanjikan untuk Pemula Terbukti Modal Enteng

Usaha ini terbilang tidak memakan waktu karena bisa anda lakukan dengan cara mencuri-curi waktu luang untuk menawarkan barang anda, namun jenis usaha ini biasanya untungnya tidak banyak. Akan tetapi, kini seorang karyawan bisa menggunakan blog atau akun jejaring sosialnya untuk menawarkan barang di sela-sela waktu luang bahkan di rumah, sehingga tidak terlampau memakan waktu.

2. Direct selling/MLM

Jenis usaha ini hampir mirip usaha dagang lainnya, namun karyawan yang menekuni pekerjaan sampingan ini punya tugas ekstra yaitu mengundang orang lain untuk menjadi rekanan demi mendapat keuntungan.

Jenis usaha ini juga terhitung cukup populer sebagai usaha sampingan untuk karyawan, namun anda harus waspada karena sudah banyak kejadian penipuan yang menimpa para anggotanya. Jika anda ingin melakukannya, usahakan anda menjadi rekanan perusahaan yang sudah memeroleh reputasi baik sehingga orang pun akan lebih mudah diyakinkan.

3. Mengelola situs/blog

Banyak karyawan masa kini yang suka mengisi blog pribadi di sela-sela waktu senggang mereka, dimana blog ini kemudian diuangkan dengan cara menjual space iklan atau mendaftar di Google Adsense dan Google Adwords.

Usaha jenis ini cenderung sulit mendatangkan untung dalam waktu singkat, namun cenderung tidak memakan waktu. Bila benar-benar ditekuni, usaha ini dapat sangat menguntungkan. Syaratnya, anda harus benar-benar berdedikasi untuk membentuk sebuah blog atau situs yang benar-benar bermutu dengan konten orisinal.

4. Investasi

Usaha investasi merupakan salah satu usaha sampingan untuk karyawan yang digemari oleh mereka yang ingin membuat tabungan masa depan atau pensiun dini, karena walaupun investasi merupakan jenis usaha yang resikonya tinggi, imbalannya pun sebanding. Saat ini, ada bermacam-macam jenis investasi yang bisa dipilih seperti investasi emas, saham, properti, investasi perkebunan dan sebagainya. Usaha investasi juga biasanya tidak terlalu memakan waktu karyawan, sehingga tidak akan mengganggu aktifitas harian.

Baca : Tips Memulai Usaha Sampingan

5. Usaha kuliner

Usaha yang satu ini bisa diwujudkan dalam bermacam-macam cara; mulai dari membuat makanan ringan sendiri, membuat kue hingga cokelat.

Kebanyakan pelakunya memang adalah mereka yang hobi memasak, sehingga mereka tidak akan merasa lelah dan terpaksa ketika harus memasak lagi setelah pulang kantor. Anda bisa menjualnya langsung kepada teman-teman sekerja, atau menjualnya secara online jika makanan buatan anda memang memiliki nilai jual dan daya tarik.

6. Budidaya Ikan

Budidaya ikan menjadi salah satu alternatif bagi anda yang menginginkan hasil melimpah dari hasil ternak ikan, selain tidak terlalu sulit, usaha ternak ikan juga sangat menyenangkan apalagi saat anda memberi makan ikan – ikan anda sehingga dapat menjadi sarana melepas kepenatan saat anda selesai bekerja. usaha budidaya ikan yang paling potensial adalah ikan lele, ikan gurameh, ikan nila, dan ikan patin. namun tidak menutup kemungkinana anda menjalankan bisnis perikanan di satu jenis ikan yang masih jarang pembudidaya.

7. Ternak ayam  kampung super

Bisa dibilang, kebutuhan daging ayam memang tidak pernah ada matinya. Kebutuhan daging ayam semakin lama semakin banyak sehingga usaha ternak ayam bisa menjadi sangat potensial baik sekarang maupun di tahun – tahun berikutnya. Dan saya sangat merekomendasikan usaha ternak ayam kampung super karena selain harganya yang relatif stabil juga lebih cepat penen sekitar 40 – 60 hari dapat dipanen.

Baca : Peluang Usaha Sampingan

Dibandingkan dengan usaha ternak ayam boler dan ayam kampung, ternak ayam kampung seuper lebih menguntungkan karena modalnya yang lebih kecil serta stabilitas harga yang cenderung stabil bahkan cenderung naik terus. Dengan resiko kematian lebih kecil dan harga daging yang lebih mahal maka usaha ini lebih bagus dibandingkan ternak ayam boiler. Dan tentu saja, ini menjadi usaha rumahan atau usaha sampingan yang pantas untuk anda kerjakan sebagai seorang karyawan.

Demikianlah informasi singkat tentang 7 Jenis Usaha Sampingan untuk Karyawan dan Ibu Rumah Tangga, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *