Kejernihan Batu Safir dan Bentuk Batu Safir

Kejernihan Batu Safir dan Bentuk Batu Safir – Update tengah malam kali ini adalah Kejernihan Batu Safir dan Bentuk Batu Safir, siapa yang tidak kenal dengan batu safir? Batu dengan tingkat kejernihan tinggi dengan berbagai macam bentuk.

Kejernihan Batu Safir dan Bentuk Batu Safir

Kejernihan Batu Safir dan Bentuk Batu Safir

Seperti yang kita ketahui nilai dari batu mulia dapat kita uji dari warna, kecemerlangan, serta ukuran dan kejelasan batuan itu sendiri. Demikian juga dengan Batu Safir, menguji kejernihan Batu Safir adalah salah satu cara untuk menakar nilai jual sekaligus memastikan keasliannya. Dari uji yang dilakukan menggunakan mikroskop, warna hijau batu Safir terbentuk dari perpaduan warna halus dari Batu Safir Biru dan warna Batu Safir Kuning. Untuk pemasok Batu Safir Hijau terbanyak sejauh ini masih dipegang oleh Australia, Thailand, Madagaskar, dan Sri Lanka.

Tingkat Kejernihan Batu Safir

Dibanding Batu Ruby, Batu Safir memiliki tingkat kejernihan yang lebih baik (lebih bersih). Ada satu istilah untuk mengidentifikasi tingkat kejernihan Batu Safir yaitu Eye-clean, yang artinya tidak terlihat ada inklusi yang bisa dilihat dengan mata telanjang dari Batu Safir tersebut. Perlu diketahui sebenarnya garis halus dan bercahaya mirip sutera yang ada dalam Batu Safir adala unsur yang membuat batuan ini terlihat cantik sehingga harganya sangat tinggi. Satu contoh Batu Safir dari Kashmir yang identik dengan warna biru beludru, sebenarnya warna tersebut dihasilkan oleh garis-garis halus pada Batu Safir Kashmir itu sendiri. Dengan kata lain garis-garis halus tersebut menimbulkan efek Asterism (seperti cahaya bintang) pada Batu Safir. Namun jika kandungan garis-garis halus terlalu banyak maka warna biru akan terlihat pucat sedikit keabu-abuan.

Bentuk Batu Safir

Nilai keindahan batu Safir bukan hanya dengan menguji kejernihan Batu Safir itu sendiri namun juga dilihat dari bentuk atau potongannya. Batu Safir dapat dibentuk dengan variasi model seperti bentuk Oval, Emerald Cutting, dan Cushions bahkan ada yang dibentuk model Heart dan Pear. Salah satu model Batu Safir paling menarik adalah potongan Cabochon yang biasanya sengaja dibentuk untuk menciptakan efek fenomena cahaya bintang atau Asterism. Untuk model potongan Batu Safir dengan Cabochon yang paling bagus adalah model transparan yang membentuk seperti kubah halus serta simetri yang sangat baik. Berbagai variasi bentuk dan potongan tersebut mengindikasikan bahwa para kolektor dan pecinta batu mulia mempunyai selera berbeda-beda, tidak hanya dari warna namun juga dari bentuk Batu Safir tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Kejernihan Batu Safir dan Bentuk Batu Safir, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *