Khasiat, Keistimewaan dan Kandungan Batu Akik Sungai Dareh

Khasiat, Keistimewaan dan Kandungan Batu Akik Sungai Dareh – Update hari ini masih tentang Batu Akik, kali ini akan dibagikan Khasiat, Keistimewaan dan Kandungan Batu Akik Sungai Dareh. Fenomenal, Namun bagaimana asal muasal dari Batu Lumut Sungai Dareh tersebut, di tahun 1970 batu tersebut telah ditemui dan juga disebut orang di Sulawesi Selatan selaku Giok Kandi, dia didapat di Sungai Kandi dan juga Bukit Puti Bungsu. Bisa jadi sebab patahan di bawa arus sungai batu tersebut didapatkan pula di Sungai Dareh Dharmasraya. Sebab kehebatan pemerintah Dharmasraya batu tersebut kini pun populer dan juga men-jadi ikon penggilan batu cincin dengan Lumut Sungai Dareh.

Batu Akik Sungai Dareh
Batu Akik Sungai Dareh

Khasiat Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik Lumut Sungai Dareh, batu mulia jenis Idocrase, selain memiliki keindahan se­bagai perhiasan, jua memiliki kha­siat untuk ke­se­h­atan. Menurut Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat, Attila Majidi Datuak Rajo Sibungsu me­ngungkapkan, menurut kepercayaan manusia yang memakainya, Batu Giok Lumut Sungai Dareh yang kristal dapat mendinginkan suasana hati, sebab memancarkan sinar infra merah, yang melancarkan meta­bolisme tubuh, sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Keistimewaan Batu Akik Sungai Dareh

Keistimewaan Batu Lumut Sungai Dareh dibandingkan dengan batu mulia yg lain di Indonesia adalah memiliki banyak varian warna dari dua warna dasar, yaitu hijau muda dengan nama Pucuk Pisang (Natural Ido­crase) dan juga hijau tua dengan nama Kumbang Jati (Hydrogrossular Gar­net). Variasi warna tersebut seperti putih, kuning, hijau, dan juga perpaduan warna-warna tersebut.

Selain banyak variasi warna-nya, Batu Lumut Sungai Dareh jua mem­punyai banyak varian corak totol. Kumbang Jati memiliki corak totol seperti totol sayur/leak, totol se­mang­ka, totol seledri, totol gerimis, dan juga totol armi. Penamaan totol tersebut berlandaskan kesepakatan pecinta batu sesudah menatap corak totol. Sedangkan corak Pucuk Pi­sang seperti Pucuk Pisang polos, Pucuk Pisang cincau/bio solar, Pucuk Pisang dengan beragam ma­cam totol.

Kandungan Mineral Batu Akik Sungai Dareh

Menurut gemologist (pakar batu permata) Indonesia, Sujatmiko, konsentrat dulang Lumut Sungai Dareh sesudah diperiksa di labo­ratorium, mengandung 48 persen mineral magnetit dan juga 30 persen mineral hematit dan juga ilmenit, yang mengandung unsur tembaga, timah hitam, seng, perak dan juga emas, masing-masing 171 gram/ton, 124 gram/ton, 20 gram/ton, lima gram/ton, dan juga 0, 045 gram/ton.

“Lumut Sungai Dareh yang ter­masuk jenis Idocrase, memiliki kekerasan enam, lima skala Mohs, berat jenis tiga, 46 dan juga indek refraksi sekitar satu, 71 dengan pecahan konkoidal mirip pecahan gelas.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Khasiat, Keistimewaan dan Kandungan Batu Akik Sungai Dareh, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *