Langkah dan Cara Memulai Hidup Hemat

Langkah dan Cara Memulai Hidup Hemat – Pada kesempatan ini Admin Baca Tutorial akan berbagi tentang Langkah dan Cara Memulai Hidup Hemat. Hidup hemat itu penting agar di masa tua kita punya banyak persediaan untuk menikmati masa tua kita. Jadi sangat penting berhemat, agar kehidupan finansial mudah diatur.

Orang-orang selalu mengatakan bahwa mereka ingin memiliki lebih banyak uang. Namun, memiliki lebih banyak uang, belum tentu membuat situasi keuangan menjadi membaik, bahkan bisa menjadi lebih buruk.

Banyak fakta yang telah terbukti bahwa sebagian besar pemenang lotre, berakhir dalam kehancuran bukan karena mereka memiliki terlalu banyak uang, tapi mereka menggunakan uang itu untuk menggali sendiri lubang utang. Banyak orang “sukses” sukses berkat cara hidup hemat yang menjadi kunci kesuksesannya.

Langkah dan Cara Memulai Hidup Hemat

Langkah dan Cara Memulai Hidup Hemat

Berikut ini beberapa langkah untuk memulai cara hidup hemat :

1. Melacak pengeluaran

Kita tidak dapat melakukan perencanaan keuangan untuk menjadi lebih sedikit, kecuali jika tahu apa yang dibeli saat ini. Buat catatan pengeluaran setiap jumlah uang yang di habiskan selama seminggu, dua minggu, atau sebulan. Sisihkan 20-30 menit seminggu untuk mengecek keuangan.

Periksa apa yang menghabiskan uang dan melacaknya. Bahkan bila perlu, lihat catatan keuangan anda dalam jangka panjang. Orang kaya tampaknya tidak pernah khawatir tentang uang mereka, tetapi mereka memantau keuangan dengan sangat akurat mengenai situasi keuangan mereka.

2. Mengurangi Pengeluaran

Tinjau kebiasaan belanja – Setiap biaya adalah tetap, variabel, atau kebijaksanaan.

  • Biaya tetap adalah biaya wajib yang selalu sama dan tidak dapat dipengaruhi oleh keputusan. Contohnya termasuk sewa rumah dan asuransi kesehatan.
  • Biaya variabel adalah biaya yang wajib yang dapat mempengaruhi biaya. Contohnya termasuk tagihan listrik dan biaya transportasi.
  • Biaya kebijaksanaan adalah pengeluaran diskresioner, yang merupakan biaya yang dapat dihilangkan sepenuhnya jika diperlukan. Contohnya termasuk hiburan dan restoran.

Kurangi pengeluaran 

  • Hilangkan pengeluaran diskresioner, yang tidak memberikan kesenangan hati. Misalnya, tidak berpartisipasi dalam pertukaran hadiah kantor jika tidak menikmatinya.
  • Memaksimalkan kesenangan, misalnya dengan makan satu makanan favorit setiap bulan, bukannya mengambil perjalanan setiap minggu.

3. Menghapus utang

  • Keluar dari utang – Biaya pembayaran utang adalah uang ekstra. Salah satu caranya adalah dengan tidak mengaktifkan kartu kredit adalah salah satu hal bijaksana untuk menghilangkan diri dari utang.
  • Gunakan uang tunai untuk melakukan pembayaran – Menentukan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk setiap bulan. Setelah membayar tagihan dan ditransfer tabungan.

4. Menabung

  • Menyimpan uang untuk item yang ingin dibeli – Hanya membeli item dengan uang yang ada di tangan. Jangan membiayai rencana pada kartu kredit. Pembayaran tunai akan menghemat uang.
  • Rayakan keberhasilan – Menikmati hal-hal sendiri, setelah mengetahui kerja keras anda untuk hidup lebih hemat. Perhatikan kedamaian pikiran, setelah mengetahui adanya tabungan di bank. Pikirkan gaya hidup hemat dalam cara yang lebih positif.

Tips Hidup Hemat Lainnya

Berhemat adalah gaya hidup hidup yang baik. Kita dapat dengan tenang dengan memiliki tabungan untuk bertahan hidup dalam keadaan keuangan yang krisis. Hidup berhemat bukan berarti anda kehilangan apa yang anda sukai, melainkan memberikan nilai pada uang yang anda miliki.

Selain prinsip-prinsip cara hidup hemat, ada beberapa tips menghemat lainnya yang dapat dilakukan :

  • Hindari barang bermerek : Merek-merek terkenal biasanya lebih mahal. Ada barang-barang lebih murah sebagai alternatif dari barang-barang yang bermerek, bahkan mungkin kualitasnya sama atau lebih unggul.
  • Perbaiki barang yang rusak : Seringkali perbaikan yang sederhana seperti penjepit kertas, lem atau lapisan cat. Bahkan jika perbaikan memerlukan alat, mungkin lebih murah untuk berinvestasi di masa depan.
  • Perbandingan toko : Membandingkan berbagai merek, ukuran kemasan dari produk yang sama. Kadang-kadang wadah yang lebih besar akan lebih murah. Bandingkan harga antara toko. Jarang ada satu supermarket memberikan harga terbaik untuk semua item.
  • Membeli barang-barang yang dapat digunakan kembali : Dalam jangka panjang, sesuatu yang dibeli terus selama berkali-kali, biasanya akan lebih mahal daripada membeli satu item yang tahan lama.
  • Memasak makanan sendiri : Restoran lebih mahal karena anda membayar layanan, suasana, dan juga ruang makan. Memasak makanan sendiri lebih memungkinkan untuk menyesuaikan resep masakan sesuai dengan kondisi keuangan.
  • Hanya ganti apa yang dibutuhkan untuk diganti : Anda dapat membeli tinta untuk mengisi ulang cartridge tinta, daripada membeli kartrid tinta baru setiap kali habis. Seperti misalnya, anda dapat membeli baterai handphone baru, bukan dengan menggantinya dengan handphone baru. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *