Cara Mengatasi Duplikat Title Tag

Cara Mengatasi Duplikat Title Tag – Pada kesempatan ini admin bacatutorial.com akan berbagi tentang Cara Mengatasi Duplikat Title Tag.

Banyaknya duplikat title tag memberikan dampak cukup buruk bagi perkembangan blog artikel bagus di mata search engine google. Kemarin saya pernah coba praktekkan salah satu tutorial blogspot yang diberikan sebuah situs yang membahas duplikat title tag.

Cara Mengatasi Duplikat Title Tag

Cara Mengatasi Duplikat Title Tag

Duplikat meta deskripsi juga terjadi karna halaman blog anda di index dari mobilephone. Alternatif paling bagus adalah memasang robot.txt seperti di bawah ini. tapi anda harus ingat, jika anda memasang robot seperti di bawah ini bisah saja artikel anda tidak akan terdeteksi jika diindex dari versi mobile atau penerunan rank diindex Google di mobilephone. ( Efeknya hanya beberapa saat nantinya juga normal kembali )

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://urlbloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Yang belum saya tahu sampai sekarang adalah apakah pemasangan robot.txt seperti ini akan menambah url yang di cekal robot atau menguranginya ( di webmaster tools )?.. tapi menurut saya Url dicekalnya akan bertambah.. wkwkwwkwk.. tapi efek bagusnya kemungkinan terjadi duplikat deskripsinya berkurang. Anda harus tahu juga Blog yang mempunyai duplikat deskripsi tidak baik loh..

Cara kedua adalah Settingan Tag robot khusus

Settingan untuk mengatasi Duplikasi deskripsi meta


Cara ketiga adalah memasang meta tag seperti berikut ini di template blog anda :

<b:if cond=’data.blog.pageType == &quot;archive&quot;’>
<meta content=’noindex’ name=’robots’/>
</b:if>
<b:if cond=’data.blog.searchLabel’>
<meta content=’noindex, nofollow’ name=’robots’/>
</b:if>

Menurut saya jika anda telah memasang Tag robot khusus seperti dicara yang kedua pemasangan meta tag di cara yang ketiga tidak diperlukan lagi. Pemasangan ini akan mencegah Google mengindeks halaman arsip dari blog sehingga bisa mengurangi resiko duplikat konten di blog anda. Selanjutnya langkah berikutnya adalah hapus Url yang menjadi duplikat diblog anda. lihat caranya di bawah ini.

  • Buka Google Webmaster Tools
  • Pada halaman Google Webmaster Tools pilih blog yang akan anda hapus URL duplikatnya
  • Saat dasbor terbuka pilih menu “Pengoptimalan” dan klik “penyempurnaan HTML”
  • Anda akan melihat pada bagian atas menampilkan “Duplikasi deskripsi meta”, silahkan diklik….
  • Akan muncul deskripsi meta yang sering berulang, klik pada deskripsi meta tersebut
  • klik pada meta tag description yang ditampilkan dalam daftar
  • Akan ditampilkan URL yang menggunakan meta description yang duplikat, sekarang klik kanan pada setiap link untuk mengambil URL dari masing-masing dan copy URL duplikat meta description ke anda, kemudian agar mempemudah anda untuk menghapusnya di langkah berikut ini buka link di “New Tab”.
  • Sekarang kembali ke menu “pengoptimalan” dan pilih Hapus URL””
Cara Mengatasi Duplikat Title Tag


Cara yangkelima adalah menempatkan kode berikut ini dibawah code </head> untuk meminimalisir terjadinya duplikat konten atau duplikat title tag diblog anda.

<link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/>

Nah setelah diatas saya telah membagikancara-cara mengatasi duplikat meta tag dan duplikat konten atau tag judul duplikat. Semoga cara di atas bermanfaat dan nantinya mendapatkan hasil yang bagus di blog anda.

Sukses mengatasi duplikat meta deskripsi


NEW UPDATE !

Contoh duplikat meta deskripsi di blog anda. Tekan ctrl+U atau “View Page Source” dan cek apakah ada duplikat meta deskripsi di template blog. Contoh duplikat deskripsi yang disebapkan oleh template yang anda gunakan:

mengatasi Duplikasi deskripsi


Ket gambar: Terdapat dua deskripsi blog yang sama persis ( jika anda mengisi deskripsi secara manual ini dapat dihindari, tapi sebaiknya untuk Blogger saat ini, anda menggunakan deskripsiotomatis di template blogger anda, deskripsi yang terdapat pada settingan Blogger [ bukan deskripsi yang diisi secara manual ditemplate blog ] anda ) jika meta tag anda terdapat deskripsi yang diisi secara manual sebaiknya anda ganti dengan contoh berikut ini;

<meta expr:content=’data:blog.metaDescription’ name=’description’/>

Ket : letak meta deskripsi diatas jangan sampai salah, jika salah maka duplikat meta deskripsi akan terjadi diblog anda.. dan sungguh ini tidak baik jika terjadi duplikat deskripsi diblog anda..

How To Fix It On Blogger

1. Go To Blogger Dashboard > Template
2. Please Backup your template in your computer drive.
3. Click Edit HTML and Search for the following code

<b:if cond=’data:blog.metaDescription != &quot;&quot;’>
<meta expr:content=’data:blog.metaDescription’ name=’description’/>
</b:if>

4. Replace above with the below code. If you can’t found above code, then you may simply copy the below code and paste it just after opening <head> tag.

<b:if cond=’data:blog.url != data:blog.homepageUrl’>
<b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;item&quot;’>
<b:if cond=’data:blog.metaDescription != &quot;&quot;’>
<meta expr:content=’data:blog.metaDescription’ name=’description’/>
</b:if>
</b:if>
</b:if>

5.  Save your template and you are done!

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Mengatasi Duplikat Title Tag dari admin bacatutorial.com, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *