Mengenal Apa itu Tata Surya

Mengenal Apa itu Tata Surya – Pada kesempatan ini admin bacatutorial.com akan berbagi tentang Mengenal Apa itu Tata Surya. Berikut penjelasan lengkap tentang Apa itu Tata Surya.

Galaksi terdiri atas berjuta-juta bintang, sedangkan matahari kita adalah salah satu bintang yang berada di dalam Bimasakti. Matahari merupakan pusat dari tata surya. Matahari mempunyai sejumlah anggota dan membentuk suatu susunan yang disebut Tata Surya. Jadi, sebuah Tata Surya terdiri dari satu matahari dan semua benda langit yang beredar mengelilinginya. Tata Surya terdiri atas satu Matahari, dan delapan planet termasuk planet Bumi, serta benda langit lain yang mengelilinginya. Untuk membantu pemahaman kita tentang alam semesta, jagad raya, galaksi, dan Tata Surya serta planet-planet kita, cermatilah gambar perbandingan benda-benda langit.

Di dalam Tata Surya terdapat dua jenis planet berdasarkan letak lintasannya, yaitu planet dalamdan planet luar. Planet-planet dalam adalah planet-planet yang lintasannya di antara Bumi dan Matahari, yang terdiri atas Merkurius dan Venus.

Planet-planet luar adalah planet-planet yang lintasannya mengelilingi Matahari lebih besar daripada jari-jari lintasan Bumi di saat mengelilingi Matahari, yang terdiri atas Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Beberapa hal penting mengenai keberadaan planet-planet sebagai berikut.

  • Cahaya planet merupakan cahaya yang diterima dari Matahari kemudian dipantulkan kembali, artinya planet tidak mempunyai cahaya sendiri
  • Planet-planet berkilauan dan tidak berkelap-kelip seperti halnya bintang sejati.
  • Planet-planet terlihat sebagai keping atau cakram jika dilihat dengan teropong.
  • Bidang lintasan planet-planet berbentuk elips.
  • Arah peredaran planet-planet mengelilingi matahari antara satu dengan yang lain sama.
  • Kebanyakan planet-planet mempunyai satelit pengiring seperti bulan pada planet Bumi.

Tata Surya kita memiliki sembilan planet yang diklasifikasikan berdasarkan letak dan sifat fisiknya. Berdasarkan letaknya planet dalam Tata Surya dibagi atas Planet Inferior dan Planet Superior, sedangkan berdasarkan sifat fisiknya planet dalam Tata Surya dibagi atas Planet Teresterialdan Planet Raksasa.

Baca :

Demikianlah informasi tentang Mengenal Apa itu Tata Surya dari admin bacatutorial.com, semoga membawa manfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *