Mengenal Batu Akik Combong

Mengenal Batu Akik Combong – Update malam ini masih seputar Batu Akik, kali ini kita akan berkenalan dengan salah jenis Batu Akik Lokal Popular yaitu Batu Akik CombongBatu akik combong dikenal sebagai batu antik dan juga dipercaya sebagai batu bertuah. Disebut combong karena batu ini memiliki lubang pada bagian bilah atau sisi batu. Ukuran lubang bisa seukuran jarum atau lebih besar. Salah satu ciri keaslian batu ini memiliki lubng tembus walau hanya kecil.

Mengenal Batu Akik Combong

Mengenal Batu Akik Combong

Pada umumnya batu ini banyak diburu karena dianggap memiliki daya magis dan berkhodam. Karena secara fisik batu itu memang terlihat kurang menarik, bahkan bisa dibilang aneh untuk dijadikan perhiasan seperti liontin atau jenis perhiasan lainnya. Belum lagi jika lubangnya agak besar tentu tidak memiliki nilai sama sekali untuk mereka yang tidak paham.

Namun bagi mereka yang mengerti seluk beluk batu cincin bertuah, tentu batu ini sangat bernilai disamping banyak yang mencari, harga batu ini pun cukup tinggi sehingga bagi mereka yang hobi mengoleksi batu dan biasa jual beli batu akik bisa memperoleh keuntungan karena tingginya permintaan.

Hanya saja untuk meperoleh batu yang benar-benar asli dan berkhodam tentu sangat sulit dan diperlukan serangkaian pengetesan yang biasanya dilakukan secara supranatural. Hal itu dilakukan biasanya berdasarkan permintaan pembeli, untuk membuktikan keaslian batu yang akan dibelinya, namun bagi pembeli yang tidak terlalu memikirkan tentang tuah dan hanya berorientasi pada nilai seni, proses pengetesan tidak perlu dilakukan.

Jenis dan Asal usul Batu Combong

Batu combong bisa ditemukan pada berbagai jenis batu, mulai dari batu akik biasa sampai batu mulia bernilai tinggi, hanya saja untuk batu dengan kekerasan diatas 7 skala mohs biasanya jarang terjadi. Pada umumnya batu seperti itu banyak terdapat pada jenis batu akik sulaiman dan dikenal sulaiman combong, cempaka madu combong atau pada jenis batu lain dengan kekerasan rendah.

Batu bolong atau combong pada umumnya terdapat pada jenis batu akik dengan kekerasan 5 skala mohs atau batu yang terbentuk dari cadas dan banyak ditemukan di aliran air seperti sungai atau lereng. Sifat batu dengan dengan bahan cadas mudah retak atau pecah karena unsur meneral dan molekulnya tidak terikat secara kuat. Warna yang dihasilkan bisanya berwarna oranye berpadu dengan warna kuning, seperti batu jenis kenanga

Ciri khas batu seperti iru bisa dilihat pada pamor atau ruas batu yang dihasilkan seperti pamor akik sulaiman dengan gambar, pamor Collono (mulus), pamor air widuri (memiliki sedikit serat didalamnya) dan batu yaman bentukan dari air membeku ciri umum berwarna gelap atau hitam

Ciri-Ciri Batu Akik Combong Asli

Salah satu cirinya lubang harus tembus dan terjadi secara alami, bukan sengaja dibuat berlubang. Sebenarnya batu berlubang seperti itu mudah ditemukan dan banyak dijual di pedagang kaki lima. Namun untuk menemukan batu yang benar-benar memiliki tuah, itu yang sulit dan diperlukan pengujian atau tes khusus untuk mengetahui keasliannya.

Berikut Ciri Combong asli:

  • Batu terasa berat
  • Ada serabut atau serat di dalam batu sebagai ciri umum batu akik
  • Lubang batu terlihat alami tidak seperti dibor atau sengaja diuat
  • Padasisi lubang biasanya terlihat kasar seperti bekas kikisan air , tajam dan lancip (bisa menggunakan kaca pembesar)
  • Selain pada sisi bagian dalam jua pada permukaan juga terlihat kasar dan tidak halus seperti adanya benda dipaksa masuk untuk membuat lubang

Khasiat Batu Akik Combong

Jenis batu ini dipercaya memiliki daya magis yang bisa membawa pengaruh positif pada pemakainya diantaranya :

  • Menambah karismatik
  • Berfungsi sebagai asihan
  • Disukai banyak orang (pergaulan)
  • Membuka aura kecantikan bagi wanita dan ketampanan bagi pria
  • Menutupi kekurangan seseorang
  • Benci berubah menjadi rindu
  • keharmonisan
  • Meningkatkan perasaan cinta atau semua hal yang berkaitan dengan kasih sayang dan karismatik/kewibawaan.

Jenis batu ini memang cukup populer sebagai batu yang dipercaya miliki tuah, tapi semua kepada Allah SWT karena semua daya dan kekuatan hanya milikNya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Mengenal Batu Akik Combong, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *