Mengenal Workspace atau Area Kerja Corel Draw X4

Mengenal Workspace atau Area Kerja Corel Draw X4 – Postingan pertama admin bacatutorial.com untuk Tutorial Corel Draw X4 adalah Mengenal Workspace atau Area Kerja Corel Draw X4. Jadi sebelum kita belajar Tutorial Corel Draw X4 ada baiknya kita Mengenal Workspace atau Area Kerja Corel Draw X4.

Berikut antar muka (interface) program CorelDRAW X4 :

Mengenal Workspace atau Area Kerja Corel Draw X4
Workspace atau Area Kerja Corel Draw X4

A.  Menu 

Berisi menu-menu yang mengatur beberapa pengoperasian program, pengaturan menudan pengolahan halaman, dokumen, gambar dan efek.

B.  Icon Shortcut

Daftar icon-icon yang berfungsi sebagai jalan pintas untuk fungsi-fungsi tertentu seperti Save,  Open, New, Export+Import dan Print. 

C.  PropertyBar dari  Tool Box
Isi bar ini adalah property atau atribut dari tool di tool box yang berada di sebelah kiri dan  akan berubah-ubah sesuai dengan jenis tool yang dipakai dan tergantung objek yang dipilih. Property bar berisi parameter atau settingan dari masing-masing tool di tool box.

D.  Tool Box
Berbagai macam tool/peralatan untuk membuat berbagai macam objek/ gambar juga fitur tambahan seperti pemberian warna, garis serta ketebalannya, efek dan pengolahan gambar lainnya.

E.  Ruler
Garis pandu yang dapat dipakai untuk memandu ketika mengkomposisi objek/gambar dan layout artwork secara keseluruhan atau parsial (sebagian).

F.  AreaKerja/kanvas
Tempat mencurahkan segala bentuk kreatifitas gambar yang dibuat.

G.  Dockers
Menu tambahan dari beberapa perintah menu dan juga tool box yang sedang aktif. Hampir mirip dengan Property Bar namun dengan tambahan-tambahan fungsi yang kompleks.

H.  ColorPallette
Palet warna untuk memberi warna pada objek baik berupa garis luar (outline) dan warna blok atau gradasi (fill).

I.  Objek Information
Berisi informasi tentang warna fill dan outline yang sedang dipakai oleh suatu objek..

J.  Page Tab
Tab yang berisi halaman. Satu dokumen CorelDRAW dapat berisi beberapa halaman sekaligus.

K.  Cursor Position
Menunjukkan posisi kursor dalam perhitungan ukuran yuang sama pada penggaris (ruler).

L.  NavigationI con

Icon terpenting untuk melihat dan menjelajahi seluruh area kerja yang berada di satu halaman. Sangat bermanfaat untuk melihat objek yang tersembunyi di area kerja yang sangat luas.

Baca : 

Demikianlah informasi singkat tentang Mengenal Workspace atau Area Kerja Corel Draw X4 yang bisa admin bacatutorial.com bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *