Natal 25 Desember, Pohon Natal, Puisi Natal dan Kata Kata Ucapan Selamat Natal

Posted on

Natal – Pada kesempatan ini admin bacabagus.com akan berbagi informasi menarik tentang Natal yang selalu diperingati pada tanggal 25 Desember setiap tahun. Di sini admin akan berbagi tentang Sejarah Budaya natal, Puisi Natal, Pohon Natal dan Kata Kata Ucapan Selamat Natal.

Natal

Natal

Sejarah Budaya Natal

Kisah Natal berasal dari Injil Santo Lukas dan Santo Matius dalam Perjanjian Baru. Menurut Lukas, seorang malaikat memunculkan diri kepada para gembala di luar kota Betlehem dan mengabari mereka tentang lahirnya Yesus. Matius juga menceritakan bagaimana orang-orang bijak, yang disebut para majus, mengikuti bintang terang yang menunjukkan kepada mereka di mana Yesus berada.

Catatan pertama peringatan hari Natal adalah tahun 336 Sesudah Masehi pada kalender Romawi kuno, yaitu pada tanggal 25 Desember. Perayaan ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh perayaan orang kafir (bukan Kristen) pada saat itu. Sebagai bagian dari perayaan tersebut, masyarakat menyiapkan makanan khusus, menghiasi rumah mereka dengan daun-daunan hijau, menyanyi bersama dan tukar-menukar hadiah. Kebiasaan-kebiasaan itu lama-kelamaan menjadi bagian dari perayaan Natal. Pada akhir tahun 300-an Masehi agama Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi.

Di tahun 1100 Natal telah menjadi perayaan keagamaan terpenting di Eropa, di banyak negara-negara di Eropa dengan Santo Nikolas sebagai lambang usaha untuk saling memberi. Hari Natal semakin tenar hingga masa Reformasi, suatu gerakan keagamaan pada tahun 1500-an . Gerakan ini melahirkan agama Protestan. Pada masa Reformasi, banyak orang Kristen yang mulai menyebut Hari Natal sebagai hari raya kafir karena mengikutsertakan kebiasaan tanpa dasar keagamaan yang sah. Pada tahun 1600-an, karena adanya perasaan tidak enak itu, Natal dilarang di Inggris dan banyak koloni Inggris di Amerika. Namun, masyarakat tetap meneruskan kebiasaan tukar-menukar kado dan tak lama kemudian kembali kepada kebiasaan semula.

Pada tahun 1800-an, ada dua kebiasaan baru yang dilakukan pada hari Natal, yaitu menghias pohon Natal dan mengirimkan kartu kepada sanak saudara dan teman-teman. Di Amerika Serikat, Santa Claus (Sinterklas) menggantikan Santo Nikolas sebagai lambang usaha untuk saling memberi. Sejak tahun 1900-an, perayaan Natal menjadi semakin penting untuk berbagai bisnis.

Pohon Natal

Kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi dimulai dari Jerman. Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16.

Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong pohon evergreen untuk dekorasi Natal di dalam rumah. Dari catatan yang ada, orang Jerman di Pennsylvania Amerika Serikat memajang pohon Natal untuk pertama kalinya pada tahun 1830-an.

Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun dirumah sebab ini hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain “evergreen”. Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan “hidup kekal”, sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara yang selalu hijau daunnya.

Pemasangan pohon cemara, baik asli maupun yang terbuat dari plastik, di tengah kota atau di tempat-tempat umum pun menjadi pemandangan biasa menjelang Natal. Salah satu yang terbesar adalah pohon yang ada di Rockefeller Center di 5th Avenue New York Amerika Serikat.

Puisi Natal

Harapan

Harapan bukanlah strategi

Tanpa rencana, harapan tidak lebih dari sebuah ide

Allah memiliki rencana

untuk Anda

Untuk memberikan Anda harapan

Untuk masa depan yang lebih baik

dan hidup yang lebih indah

bersama-Nya

Sebab Aku mengetahui rencana-

rencana yang Aku miliki bagi kamu,

kata TUHAN,

rencana-rencana untuk kesejahteraan

dan bukan untuk kemalanganmu,

untuk memberimu

masa depan dan

PENGHARAPAN.

Mari Datang KepadaNya

Satu hari di bulan Desember

Dentang lonceng Gereja riuh bersahutan

Memanggil, mengundang anak-anak Tuhan untuk datang

“Mari masuk, mari semuanya masuk…”

Pintu Rumah Tuhan telah terbuka

Terbuka untukku, untuk kamu, untuk mereka, untuk kita semua,

Sehingga kita bisa larung dalam sukacita,

Bersama-sama merayakan, lahirnya bayi Yesus di Betlehem

Raja diatas segala raja, Tuhan, Juru Selamat manusia

Puisi Kisah Natal

Kuteringat pada Natal yang lalu

Saat kau masih dalam pelukanku

Jejak-jejak cinta itu

Masih terasa jelas didinding hatiku

 

Kutahu semua takkan kembali kini

Kisah Natal itu

Layaknya hatiku saat ini

Coba tuk meraih dirimu kembali

Namun apa dayaku

Engkau telah pergi jauh dariku

 

Kini……….

Aku berjalan sendirian dibawah rembulan

Sesaat kulihat bayangan dirimu

Namun kembali hilang

Bersama asa yang terpendam

Kata Kata Ucapan Selamat Natal

Selamat pesta Natal dan Tahun Baru semoga sukses selalu. Semoga Terang Natal akan tinggal di Hati kita dan menjadi terang bagi keluarga. Serta sesama. Selamat Natal dan Tahun Baru.

 

Hari ini kesempatan sangat bagus untuk berdoa, untuk peduli, untuk cinta, untuk senyum dan mengatakan selamat natal JBu……….

 

SelaMet Natal. Moga2 kebangkitanNya semakin menumbuhkan iman dalam diri kita semua.

 

I may not C U rite now,
But Messages show that I remember U.
Merry Christmas to all of you.

 

Days are so fast!

So i wanna be the 1st 2 say “MERRY CHRISTMAS”.

Do u know what Christmas is?

It’s : Christ Has Risen In Spite The Most Adverse Sacrifices, have a great Christmas.

 

SeLaMat Hari NaTaL 25 DeseMbeR 2012 & TahuN BarU 01 Januari 2013 SeMoga NaTaL YanG KiTa RayaKaN TaKKaN PerNaH KeHiLaNgaN MaKnA SeMoga DaLaM KeSibUkaN, KiTa MasiH InGaT BerDoa PaDa_NYA. DaN SeMoGa MasiH BanYaK WaKtu KitA uNtuK MenYenTuH HaTi SeSaMa KitA DenGaN KaSiH,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *