Pengaruh Kepadatan Populasi Terhadap Lingkungan

Pengaruh Kepadatan Populasi Terhadap Lingkungan – Pada kesempatan ini admin bacatutorial.com akan berbagi tentang Pengaruh Kepadatan Populasi Terhadap Lingkungan.

Semua kebutuhan manusia dipasok dari lingkungan yang merupakan sumber daya alam.Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan untuk keperluan manusia. Semakin meningkat jumlah popolasi semakin banyak sumber daya alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh: kebutuhan pangan, kebutuhan air bersih, kebutuhan udara bersih dan kebutuhan lainnya. Apabila jumlah populasi meningkat akan timbul berbagai masalah, misalnya kepadatan arus lalu Lintas yang mengakibatkan udara terjadi pencemaran, banyak lahan pertanian dijadikan pemukiman penduduk akibatnya terjadi perkampungan yang kumuh, dan ahkirnya air bersih ikut menjadi permasalahan. Apabila hal ini dibiarkan maka akan terjadi penurunan kwalitas lingkungan yang nantinya juga akan merusak lingkungan. Untuk itu dibutuhkan manusia-manusia yang sadar lingkungan.Pengaruh Kepadatan Populasi Terhadap Lingkungan

Beberapa hal yang mempengaruhi populasi manusia, yaitu:

  • Kelahiran atau natalitas, kepadatan populasi akan bertambah. Angka kelahiran diperoleh menghitung jumlah kelahiran hidup tiap 1000 penduduk per tahun
  • Kematian atau mortalitas, kepadatan populasi akan berkurang. Angka kematian diperoleh menghitung jumlah kematian tiap 1000 penduduk per tahun.
  • Imigrasi, adanya penduduk yang datang akan menambah kepadatan populasi. Perpindahan penduduk dari desa ke kota, dapat pula diartikan dengan perpindahan penduduk dari lingkungan yang populasinya jarang ke lingkungan yang padat populasinya. Akibatnya akan menambah kepadatan populasi
  • Emigrasi, adanya penduduk yang pindah atau pergi akan mengurangi kepadata populasi. Perpindahan penduduk dari kota ke desa, dapat pula diartikan dengan perpindahan penduduk dari lingkungan yang populasinya padat ke lingkungan yang jarang populasinya.
    Akibatnya akan mengurangi kepadatan populasi.

Kepadatan penduduk berkaitan erat dengah pengaruhnya  terhadap  kualitas penduduknya .

Pada daerah yang mempunyai kepadatan penduduk  tinggi, usaha untuk melakukan peningkatan kualitas penduduk akan lebih sulit dilaksanakan.

Akibatnya timbul permasalahan ekonomi, sosial, kesejahteraan , keamanan, ketersediaan lahan, kebutuhan pangan dan  ketersediaan air bersih, dan berdampak pada kerusakan lingkungan.

Sebagai contoh, coba kamu bandingkan tingkat pencemaran akibat asap kendaraan bermotor  di daerah perkotaan dengan perdesaan !

Pasti tingkat pencemaran asap kendaraan di daerah perkotaan lebih tinggi dibandingkan di pedesaan.

Baca : Satuan-Satuan Ekosistem

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengaruh Kepadatan Populasi Terhadap Lingkungan dari admin bacatutorial.com, semoga bermanfaat. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *