Pengertian dan Fungsi Administrasi Keuangan Perusahaan

Posted on

Pengertian dan Fungsi Administrasi Keuangan Perusahaan – Keuangan adalah darah bagi kehidupan. Sebagai bahan yang diperlukan untuk fungsi dari setiap kantor, industri, perusahaan dapat dibuat tersedia melalui uang. Oleh karena itu, keuangan memainkan peran penting dalam bisnis. Kekuatan ekonomi yang dipicu oleh revolusi industri, telah memberikan arti baru dan konten dinamis untuk administrasi keuangan.

Pengertian dan Fungsi Administrasi Keuangan Perusahaan

Pengertian dan Fungsi Administrasi Keuangan Perusahaan

Pengertian Administrasi Keuangan

Menurut Jaze Gaston, “Financial Administration is that part of government organization which deals with the collection, preservation and distribution of public funds, with the coordination of public revenue and expenditure, with the management of credit operations on behalf of the State and with the general control of the financial affairs of public household“.

“Administrasi Keuangan adalah bagian dari organisasi pemerintah yang berkaitan dengan pengumpulan, pelestarian dan penyaluran dana publik, dengan koordinasi pendapatan dan belanja publik, dengan pengelolaan kredit operasi atas nama Negara dan dengan umum kontrol urusan keuangan rumah tangga umum “.

Menurut L. D. White, “Fiscal Management includes those operations designed to make funds available to officials and to ensure their lawful and efficient use.”

“Manajemen Fiskal termasuk operasi-operasi yang dirancang untuk menyediakan dana bagi para pejabat dan untuk memastikan penggunaan yang sah dan efisien mereka.”

Menurut istilah, Administrasi Keuangan terdiri dari dua kata. ‘Keuangan’ dan ‘Administrasi’. Pengertian administrasi mengacu pada organisasi dan manajemen usaha manusia dalam mengejar tujuannya. Kata ‘keuangan’ mengacu pada sumber daya moneter.

Jadi pengertian administrasi keuangan mengacu pada serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan membuat uang yang tersedia untuk berbagai cabang organisasi, yang memungkinkannya untuk melaksanakan maksud dan tujuannya. Apakah itu adalah sebuah keluarga, bisnis atau departemen pemerintah, untuk kegiatan yang bergantung pada ketersediaan dana, dengan administrasi keuangan yang bersangkutan.

Fungsi Administrasi Keuangan

Seorang administrator keuangan dalam sebuah organisasi melakukan tugas akuntansi serta penganggaran. Administrator keuangan harus memiliki gelar sarjana di bidang akuntansi atau administrasi bisnis dengan fokus di bidang keuangan. Sebagian besar perusahaan membutuhkan staff administrasi keuangan yang memiliki pengalaman kerja terkait dengan bidang akutansi.

Berikut ini fungsi administrasi keuangan perusahaan :

1. Pembayaran dan Penagihan

Tugas staff administrasi keuangan membayar tagihan untuk korporasi. Fungsi administrasi keuangan, misalnya melakukan prosedur perjanjian pembelian dengan faktur vendor dan menerima laporan untuk memastikan pembayaran yang dikirim untuk pembelian resmi oleh perusahaan hingga diterima. Administrator Keuangan mempunyai rekening penjual dan memastikan keakuratan faktur pada semua bahan yang diterima.

2. Entri Jurnal

Seorang administrator keuangan melakukan tugas akuntansi seperti membuat jurnal secara teratur. Jurnal entri dalam prinsip dasar akuntansi adalah catatan kronologis semua transaksi untuk sebuah perusahaan. Entri dibuat menjadi buku besar akuntansi, yang dibuat oleh akun. Administrator keuangan bekerja dengan departemen akuntansi untuk menyelesaikan jurnal ini.

3. Akun Rekonsiliasi dan Penutupan

Administrator Keuangan berpartisipasi dalam kegiatan penutupan organisasi. Penutupan adalah proses akuntansi yang dapat mencakup rekonsiliasi perbedaan persediaan, depresiasi aset tetap perusahaan dan posting informasi penagihan. Administrator juga berpartisipasi dalam kegiatan penggajian untuk korporasi. Menutup akun rekonsiliasi yang dilakukan setiap bulan atau tahun di kebanyakan organisasi.

4. Penganggaran

Sebuah perusahaan menganalisa informasi keuangan yang digunakan untuk membuat anggaran bulanan oleh staff administrasi keuangan. Fungsi administrasi keuangan juga, memantau anggaran dan melakukan analisis biaya dan peramalan keuangan. Karyawan di posisi administrator keuangan juga mempersiapkan laporan keuangan untuk manajemen yang mencakup laporan biaya dan laporan arus kas. Administrator keuangan memonitor investasi perusahaan.

5. Pajak

Tugas administrator keuangan dalam sebuah organisasi mempersiapkan pajak bagi organisasi, sesuai dengan ketentuan dan prosedurnya.

Tanggung Jawab Administrasi Keuangan

Seorang administrator keuangan mengawasi operasi keuangan harian dan perencanaan keuangan jangka panjang. Pekerjaan meliputi :

  • pengembangan proses
  • laporan
  • pedoman yang dibutuhkan untuk membangun dan menjaga keuangan perusahaan
  • koordinasi departemen keuangan kepegawaian

Seorang staff administrasi keuangan yang sukses sangat terorganisir dan profesional berorientasi pada detail dengan analitis, komunikasi dan keterampilan matematika yang kuat. Mereka harus memahami persyaratan hukum dan peraturan yang berkaitan dengan keuangan usaha di tingkat lokal, negara bagian dan federal, dan tahu teknik audit untuk membantu memastikan operasi keuangan perusahaan tetap mematuhi peraturan. Penguasaan komputer untuk posisi ini termasuk spreadsheet, presentasi, pengolah kata dan perangkat lunak pelaporan. [bt]

Kata Kunci :

fungsi administrasi keuangan,pengertian administrasi keuangan,fungsi administrasi keuangan(staff administrasi keuangan),fungsi ADM keuangan berdasarkan organisasi perusahaan,fungsi adm keuangan,fungsi administrasi keuangan dalam perusahaan,pengertian dan fungsi administrasi keuangan,yang dilakukan administrator dibidang keuangan,fungsi adm keuangan bagi perusahaan adalah,fungsi administrasi manajer keuangan di perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *