Pengertian Desentralisasi Menurt Para Ahli

Pengertian Desentralisasi Menurt Para Ahli – Desentralisasi adalah penyerahan wewenang oleh pemerintah pusat kepada daerah  dalam  kerangka sistem  kenegaraan.  Dalam  Negara  kesatuan  seperti Indonesia, penyerahan wewenang dari pemerintah diserahkan kepada daerah otonom. Daerah otonom adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas daerah tertentu serta berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam ikatan Negara kesatuan (Pasal 1 angka 6 dan 7 UU No.32 Tahun 2004).

Pengertian Desentralisasi

Pengertian Desentralisasi

 

Adanya pemerintahan daerah dimulai dari kebijakan desentralisasi. Desentralisasi berasal dari bahasa latin, yaitu De yang berarti lepas dan Centrum yang berarti pusat. Decentrum berarti melepas dari pusat. Dengan demikian, desentralisasi bersarti melepas atau menjauh dari pemusatan. Desentralisasi tidak putus sama sekali dengan pusat tapi hanya menjauh dari pusat.

Organisasi yang besar dan kompleks seperti Negara Indonesia tidak akan efisien jika semua kewenangan politik dan administrasi diletakkan pada puncak hirearki organisasi / pemerintah pusat, karena pemerintah pusat akan menanggung beban  yang  berat.  Juga  tidak  cukup  hanya  dilimpahkan secara  dekonsentrasi kepada pejabatnya yang berada di wilayah Negara. Agar kewenangan tersebut dapat   diimplementasikan   secara   efisien   dan   akuntabel,   maka   sebagian kewenangan poltik dan administrasi pada organisasi yang lebih rendah disebut desentralisasi.

Karena jenjang hierarki yang lebih rendah (pemerintah daerah) tersebut diserahi wewenang penuh, baik politik maupun administrasi, maka pada jenjang organisasi yang diberi penyerahan wewenang tersebut timbul otonomi. Otononi artinya kebebasan masyarakat yang tinggal di daerah yang bersangkutan untuk  mengatur dsan mengurus kepentingannya yang bersifat lokal, bukan yang bersifat nasional.   Karena   itu   ,   desentralisasi   menimbulkan   otonomi   daerah,   yaitu kebebasan masyarakat yang tinggal di daerah otonom untuk mengatur   dan mengurus kepentingannya yang bersifat lokal. Jadi, otonomi daerah adalah konsekuensi logis penerapan asas desentralisasi pada pemerintahan daerah.

Henry Maddick menjelaskan, desentralisasi adalah penyerahan kekuasaan secara hukum untuk menangani bidang – bidang / fungsi – fungsi tertentu kepada daerah otonom.

Rodinelli seperti dikutip oleh Hanif Nurcholis mengatakan bahwa Desentralisasi adalah penyerahan perencanaan, pembuatan keputusan, dan kewenanan administratif dari pemerintah pusat kepada organisasi wilayah, satuan administrasi daerah, organisasi semi otonom, pemrintah daerah, atau organisasi non pemerintah / lembaga swadaya masyarakat.

Menurut  smith,  desentalisasi  mempunyai  cirri-cirri  sebagai berikut :

  1. Penyerahan   wewenang   untuk   melaksanakan   fungsi   pemerintahan tertentu dari pemerintah pusat kepada daerah otonom.
  2. Fungsi  yang diserahkan  dapat  dirinci,  atau  merupakan  fungsi  yang tersisa (residual function).
  3. Penerima wewenang adalah daerah otonom
  4. Penyerahan wewenang berarti wewenang untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan,wewenang mengatur dan mengurus (regeling en bestuur) kepentingan yang bersifat lokal.
  5. Wewenang  mengatur  adalah  wewenang  untuk  menetapkan  norma hukum yang berlaku umum dan bersifat abstrak.
  6. Wewenang  mengurus  adalah  wewenang  untuk  menetapkan  norma hukum yang bersifat individual dan konkrit (beschikking, acte administratif,verwaltungsakt)
  7. Keberadaan   daerah   otonom   adalah   di   luar   hirearki   organisasi pemerintah pusat.
  8. Menunjukkan pola hubungan antar organisasi.
  9. Menciptakan political veriety dan diversity of structur dalam sistem politik.

Bhenyamin  hoessein  menjelaskan  dalam  pidato  pengukuhan  Doktornya, dalam rangka desentralisasi, daerah otonom berada di luar hirearki organisasi pemerintah pusat. Sedangkan dalam rangka dekonsentrasi, wilayah administratif (filed  administration)  berada  dalam  hirearki  organisasi  pemerintah  pusat.

Desentralisasi   menunujukkan   model   hubungan   kekuasaan   antar   oganisasi, sedangkan   dekonsentrasi   menunjukkan   model   hubungan   kekuasaan   intra oganisasi.

J. Riwu Kaho, mengatakan Republik Indonesia adalah Negara Kesatuan yang didesentralisasikan. Dan alasan diterapkannya asas desentralisasi adalah pelaksanaan asas desentralisasi akan membawa efektifitas dalam pemeintahan, sebab wilayah Negara itu pada umumnya   terdiri pada pelbagai satuan daerah yang masing – masing memilikki sifat khusus tersendiri yang disebabkan oleh faktor-faktor geografis (keadaan tanah, iklim, flora, fauna, adat – istiadat, kehidupan ekonomi, bahasa, tingkat pendidikan / pengajaran, dan sebagainya). Pemerintahan dapat efektif kalau sesuai dan cocok dengan keadaan riil dalam Negara.

Baca juga :

Sehubungan dengan alasan penerapan asas desentralisasi tersebut, beberapa pakar memberikan pendapatnya, seperti The Liang Gie yang dikutip oleh Hanif Nurcholis, yang menjelaskan dianutnya desentralisasi adalah :

  1. Desentralisasi    dapat    mencegah    penumpukan    kekuasaan    pada pemerintah pusat yang pada akhirnya dapat menimbulkan tirani.
  2. Desentralisasi dapat dianggap sebagai tindakan pendemokrasian, yaitu untuk ikut menarik rakyat ikut serta dalam pemerintahan dan melatih diri dalam pemerintahan dalam menggunakan hak – hak demokrasi.
  3. Dilihat  dari  sudut  teknik  organisatoris,  desentalisasi  mampu menciptakan pemerintahan yang efisien. Hal – hal yang lebih utama untuk diurus oleh pemerintah setempatnya pengurusannya diserahkan kepada daerah. Hal – hal yang lebih tepat ditangani pusat  tetap diurus oleh pemerintah pusat.
  4. Dilihat  dari  sudut  cultural,  desentralisasi  perlu  diadakan  supaya perhatian dapat sepenuhnya ditumpahkan pada kekhususan daerah, seperti keadaan geografi, penduduk, kegiatan ekonomi, watak kebudayaan, atau latar belakang sejarahnya.
  5. Dilihat dari sudut kepentingan pembangunan ekonomi, desentralisasi diperlukan karena pemerintah daerah dapat lebih banyak dan secara langsung membantu pembangunan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *