Pengertian Kota menurut Para Ahli dan Undang-Undang

Posted on

Pengertian Kota – Kota merupakan salah satu kenampakan di permukaan bumi sebagai tempat permukiman penduduk dengan beraneka ragam kegiatan. Jika ditinjau dari sejarah kelahirannya, sebetulnya kota berasal dari wilayah pedesaan. Akibat pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, kebutuhan sandang, pangan, dan perumahan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi wilayah pedesaan makin lama semakin berkembang dan meluas. Bahkan dengan terjadi penggabungan beberapa desa dihubungkan melalui jaringan jalan raya.

Pengertian Kota

Pengertian Kota

Untuk mengetahui pengertian kota, berikut ini disajikan beberapa definisi kota.

  1. Bintarto, kota merupakan kesatuan jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata sosial ekonomi yang heterogen dan coraknya materialistis. Dengan kata lain, kota adalah bentang budaya yang ditimbulkan unsur-unsur alami dan nonalami.
  2. Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah, kawasan perkotaan adalah kawasan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan jasa, pemerintah, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.
  3. Northam mengemukakan kota adalah lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada populasi lokasi tersebut, yang menjadi pusat administrasi, perekonomian, dan kebudayaan serta tidak hanya terpusat pada satu sektor.

Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam membahas pengertian kota, antara lain:

  • urban adalah suatu bentuk yang memiliki suasana kehidupan dan penghidupan yang modern,
  • city adalah pusat kota,
  • town kota kabupaten,
  • township adalah kota kecamatan.

Kota sebagai tata ruang harus merupakan lingkungan yang dinamis sehingga membutuhkan daya dukung bagi kehidupan penghuninya. Oleh karena itulah timbul beberapa sifat kota. Secara fisik, kota menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap, seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, pusat bisnis, rekreasi, dan olahraga.

Baca juga :

Ciri fisik tersebut berdampak pada sifat-sifat kehidupan masyarakat kota. Sifat-sifat tersebut antara lain:

  • hubungan sosial antarwarga bersifat patembayan (gesselschaft),
  • adanya heterogenitas sosial,
  • sikap hidup penduduk bersifat egois dan individualistik,
  • adanya segregasi keruangan, yaitu pemisahan yang dapat menimbulkan kelompok atau kompleks -kompleks tertentu,
  • norma-norma keragaman tidak begitu ketat,
  • pandangan hidup masyarakat kota lebih rasional.

Demikianlah info pengetahuan Geografi yang bisa admin bagikan tentang Pengertian Kota menurut Para Ahli dan Undang-Undang, semoga bermanfaat Amin…[bb]

Kata Kunci :

pengertian kota menurut undang undang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *