Pengertian Medebewind

Pengertian Medebewind – Pada kesempatan ini admin Baca Tutorial akan berbagi informasi mengenai Pengertian Medebewind. Khusus bagi anda yang ingin menambah wawasan dalam masalah Tata Negara, di mana salah satu istilah yang kerap kita temui adalah Medebewind. Apa itu sebenarnya Medewind? Berikut ini admin akan membagikan penjelasannya.

Pengertian Medebewind

Medebewind (pembantuan) adalah penugasan pemerintah pusat kepada daerah dan desa dan dari daerah ke desa untuk melaksanakan tugas tertentu yang disertai pembiayaan, sarana, dan prasarana, serta sumer daya manusia dengan kewajiban melaporkan pelaksanaannya kepada yang menugaskan (Pasal 1 angka 9 UU No.32 Tahun 2004).Pengertian Medebewind

Menurut Bagir Manan tugas pembantuan diberikan oleh pemerintah pusat atau pemerintah yang lebih atas kepada pemerintah daerah di bawahnya berdasarkan undang -undang.

Kusumah atmadja mengartikan medebewind sebagai pemberian kemungkinan dari pemrintah pusat / pemerintah daerah yang lebih atas untuk meminta bantuan kepada pemerintah daerah / pemerintahan yang tingkatannya lebih rendah agar menyelenggarakan  tugas  atau  urusan  rumah  tangga pemerintah  /  daerah  yang tingkatannya lebih atas.

Dalam menjalankan medebewind tersebut urusan pusat / daerah yang lebih atas, tidak beralih menjadi urusan daerah yang dimintai bantuan. Hanya saja cara daerah  otonom  menyelenggarakan  bantuan  tersebut  diserahkan  sepenuhnya kepada daerah itu sendiri. Daerah otonom ini tidak berada di bawah perintah, juga tidak dapat dimintai pertanggungjawaban oleh pemerintah pusat / daerah yang lebih tinggi yang memberi tugas.

Karena hakekatnya urusan yang diperbantukan pada daerah otonom tersebut adalah urusan pusat maka dalam sistem medebewind anggarannya berasal dari APBN. Anggaran pusat ini lalu ditransfer langsung ke kas daerah. Anggaran ini masuk ke rekening khusus yang pertanggunjawabannya terpisah dari APBD.

Bagir Manan juga mengatakan :

Pada dasarnya, tugas pembantuan adalah tugas melaksanakan peraturan perundang-undangan lebih tinggi (de uitvoering van hogere regelingen). Daerah terikat melaksanakan peraturan perundang-undangan termasuk yang diperintahkan atau diminta dalamr rangka tugas pembantuan.

Demikianlah info singkat dari admin bacatutorial.com tentang Pengertian Medebewind yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Tata Negara. [bt]

Pengertian Medebewind | Admin | 4.5
Leave a Reply