Pengertian Norma Menurut Para Ahli Kegunaan dan Macam-Macam Norma

Pengertian Norma Menurut Para Ahli – Norma adalah kaidah, ketentuan, atauran, kriteria, atau syarat yang mengandung nila tertentu yang harus dipatuhi masyarakat dalam berbuat, dan bertingkah laku sehingga terbentuk masyarakat dalam berbuat, dan bertingkah laku sehingga terbentuk masyarakat yang terti, teratur dan aman.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

1. Pengertian Norma Menurut Achmad C. Zubair

Pengertian dan Penjelasan Norma, Pengertian Norma, arti Norma, Apa itu Norma? pengertian Norma adalah ukuran, garis pengarah, aturan atau kaidah bagi pertimbangan dan penilaian.

2. Pengertian Norma Menurut Thomas Hobbes,

Menyatakan bahwa tampa norma manusia akan menjadi serigala bagi sesamanya (homo homini lupus ), Apabila suatu masyarakat tidak ada norma, maka akan menimbulkan kekerasan, dan tidak adanya keadilan, ketertiban dan kedamaian dalam kehidupan. Dengan demikian, pihak yang kaut akan menindas pihak yang lemah

3. Pengertian Norma Menurut John J. Macionis

Menurut John J. Macionis menyatakan bahwa Norma ialah sebuah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu sebuah perilaku anggota-anggotanya.

4. Pengertian Norma Menurut E. Ultrecht

Menurut E. Ultrecht menyatakan bahwa Norma ialah segala himpunan sebuah petunjuk hidup yang mengatur berbagai suatu tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diwajibkan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika ada yang melanggar maka akan ada tindakan dari pemerintah.

5. Pengertian Norma Menurut Robert Mz. Lawang

Menurut Robert Mz. Lawang Norma ialah suatu gambaran yang mengenai apa yang diinginkan baik dan pantas sehingga menjadi sejumlah anggapan yang baik dan perlu dihargai seharusnya.

6. Pengertian Norma Menurut A. Ridwan Halim

Menurut A. Ridwan Halim menyatakan bahwa Norma ialah segala peraturan baik tertulis ataupun tidak yang pada intinya merupakan suatu peraturan yang berlaku untuk sebagai acuan atau pedoman yang harus dipatuhi oleh setiap individu dalam masyarakat.

7. Pengertian Norma MenurutBagja Waluya

Menurut Bagja Waluya menyatakan  bahwa Norma ialah suatu wujud konkret dari nilai yang merupakan pedoman, yakni yang berisikan suatu keharusan bagi individu atau masyarakat dalam berperilaku.

8. Pengertian Norma MenurutRobert P. Lamm

Menurut Robert P. Lamm menyatakan bahwa Norma ialah suatu standar dari sebuah perilaku lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

9. Pengertian Norma Menurut Hans Kelsen

Menurut Hans Kelsen menyatakan bahwa Norma ialah suatu perintah yang tidak personal dan anonim.

10. Pengertian Norma MenurutAchmad D. Marimba

Menurut Achmad D. Marimba menyatakan bahwa Norma ialah yang berlaku secara alamiah dalam suatu masyarakat, bisa berubah menurut kesepakatan dan persetujuan dari suatu masyarakat pada dimensi ruang dan waktu tertentu.

11. Pengertian Norma Menurut Craig Calhoun

Menurut Craig Calhoun menyatakan bahwa Norma ialah suatu aturan ataupun pedoman yang menyatakan yang mengenai bagaimana seseorang seharusnya bertindak di dalam suatu situasi yang tertentu.

12. Pengertian Norma Menurut Aulia, Tia Oktaviani Sumarna, dan Arya Hadi Dharmawan

Menurut mereka Norma ialah sebuah standar-standar tingkah laku yang terdapat di dalam sebuah masyarakat.

13. Pengertian Norma Menurut Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm

Menurut mereka berdua menyatakan bahwa Norma ialah suatu standar perilaku yang mapan yang dipelihara oleh sebuah masyarakat.

14. Pengertian Norma Menurut Ariefa Efianingrum

Menurut Ariefa Efianingrum menyatakan bahwa Norma ialah suatu aturan atau patokan (baik tertulis atau tidak tertulis) yang mempunyai fungsi sebagai pedoman bertindak atau juga sebagai tolok ukur benar atau salahnya suatu perbuatan.

15. Pengertian Norma Menurut Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto menyatakan bahwa Norma ialah suatu perangkat agar hubungan antar masyarakat bisa terjalin dengan baik.

16. Pengertian Norma MenurutFerdy Roring

Menurut Ferdy Roring menyatakan bahwa Norma ialah sebuah konvensi sosial yang mengatur suatu kehidupan manusia.

17. Pengertian Norma MenurutIsworo Hadi Wiyono

Menurut Isworo Hadi Wiyono menyatakan bahwa Norma ialah suatu peraturan atau petunjuk hidup yang memberi ancar-ancar perbuatan yang mana yang boleh dijalankan dan perbuatan yang mana yang harus dihindari.

18. Pengertian Norma Menurut Hamid Syahrul Aminuddin

Menurut Hamid Syahrul Aminuddin menyatakan bahwa Norma ialah suatu pola perilaku yang diterima pada sebuah lingkungan sosial tertentu.

19. Pengertian Norma MenurutMarvin E. Shaw

Menurut Marvin E. Shaw menyatakan bahwa Norma ialah suatu peraturan tingkah laku yang ditegakkan ataupun diasaskan oleh anggota kelompok bagi yang mengekalkan keselarasan tingkah laku.

20. Pengertian Norma Menurut Broom & Selznic

Menurut Broom & Selznic menyatakan bahwa Norma ialah suatu rancangan ideal perilaku manusia yang memberikan suatu batas-batas bagi anggota masyarakat didalam untuk mencapai tujuan hidupnya.

21. Pengertian Norma Menurut AA Nurdiaman

Menurut AA Nurdiaman menyatakan bahwa Norma ialah suatu tatanan hidup yang berupa sebuah aturan-aturan dalam pergaulan hidup pada masyarakat.

22. Pengertian Norma Menurut Antony Giddens

Menurut Antony Giddens menyatakan bahwa Norma ialah suatu prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat.

23. Pengertian Norma Menurut Bellebaum

Menurut Bellebaum menyatakan bahwa Norma ialah suatu alat untuk mengatur masyarakat agar orang yang bertingkah laku dalam suatu komunitas yang berdasarkan keyakinan dan sikap-sikap tertentu.

Hidup didalam lingkungan masyarakat harus mematuhi norma norma yang berlaku didalam masyarakat agar dilingkungan masyarakat nya menjadi nyaman dan tentram.

Norma mempunyai sifat-sifat perintah dan larangan yang harus dipatuhi oleh semua golongan masyarakat, sifat-sifat perintah dan larangan norma adalah sebagai berikut.

  • Perintah, yang merupakan keharusan bagi seorangu ntuk melakukan sesuatu, oleh karena akibat-akibatnya yang dipandang baik. Misalnya setiap orang diharuskan melapor kepada pihak yang berwajib bila mengetahui suatu kejahatan
  • Larangan, yang merupakan keharusan bagi seseorang untuk tidak berbuat suatu oleh karena akibat-akibatnnya dipandang tidak baik, dan tdapat menimbulkan sanksi bagi yang menyelenggarakan misalnya dilarang membunuh dan mencuri.

Kegunaan Norma

Norma memiliki kegunaan disitiap kita berada, kegunaan norma adalah sebagai berikut.

    1. Sebagai pedoman atau panduan berbuat dan beringkah laku,

    2.  sebagai tolah ukur dalam mengevaluasi perbuatan seseorang dalam bertingkah laku,

Norma dan sanksi selalu berpasangan, yaitu suatu keadaan yang dikenakan kepada si pelanggar norma. Apabila orang melanggar norma maka harus menjalani sanksi, yaitu sebagai akibat atau tanggung jawab atas perbuatannya.

Macam-Macam Norma

  • Norma agama/religi,yaitu peraturan hidup yang berasal dari Tuhan (allah ) yang diberlakukan bagi manusia ciptaan-nya melalui perantara utusan-nya.
  • Norma adat/ kesopanan yaitu  norma yang timbul dari kebiasaan pergaulan sehari-hari untuk suatu daerah tertentu. Misalnya, orang yang lebih muda harusmenghormati yang tua, memberikan tempat duduk, cara bersalaman dan lain-lain
  • Norma hukum yaitu norma peraturan yang timbul dari hukum yang berlaku. Norma hukum bertujuan untuk mengatur kepentingan manusia dalam masyarakat agar memperoleh kehidupan yang tertib.

Demikianlah info admin bacabagus.com tentang Pengertian Norma Menurut Para Ahli Kegunaan dan Macam-Macam Norma, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita dalam masalah Pendidikan Kewarganegaraan. Amin…[bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *