Tips Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik

Posted on

Tips Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik – Pada kesempatan ini Admin Baca Bagus akan berbagi Tips Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik atau Cara Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik. Semua orang yang cinta akan batu permata atau batu akik pasti menyukai Batu Akik atau Batu Permata yang sudah tua. Mengapa mereka menyukai Batu yang Tua, itu karena Batu Akik Tua mempunyai kualitas yang tinggi dan karena Batu Akik yang sudah tua mempunyai struktur kristal yang bagus. Sebelumnya Admin Baca Bagus juga sudah berbagi Khasiat Batu Giok Hitam Black Jade

Tips Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik

Tips Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik

Dalam dunia perbatu akik banyak orang berusaha memaksimalkan dan menuakan batu kesayangannya. Karena mereka beranggapan bila batu semakin tua dan kelihatan tua, dapat meningkatkan purna jual dan lebih bergengsi. Sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh dalam menuaakan batu akik. Mulai dari cara yang simple dan cara yang ter ekstrim. Namun sebagai catatan bahwasanya Penuaan Batu dengan cara instan sangat tidak direkomendasikan karena akan membuat batu akik kesayangan menjadi rusak, namun jika beruntung malah bisa menimbulkan batu kesayangan menjadi bagus, kelihatan tua dan mengkristal.

Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik ini sebenarnya gampang gampang susah karena sebelum menuakan batu kita terlebih dulu memahami sifat batu tersebut. Ada yang batu hidup dan ada yang batu mati. Dan pada dasarnya batu permata itu terbentuk dari komponen mineral dan bila ditemukan dengan zat zat atau larutan yang mengandung mineral akan bereaksi. Respon reaksi yang terjadi beragam ada yang cepat dan ada yang lambat tergantung dengan kualitas batu tersebut. Berikut ini beberapa cara mempercepat proses penuaan batu akik tercepat

Cara Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik

  • Siapkan wadah toples yang terbuat dari kaca yang bening.
  • Siapkan air aki yang zuur.
  • Sebelum memulai siapkan terlebih dahulu batu yang akan di tuakan. Bisa berupa batu yang sudah dipoles dan batu yang masih dalam kondisi bahan asalkan batu tersebut muat bila dimasukkan kedalam toples. Tapi lebih disarankan jika batu sudah dipoles karena larutan akan lebih mudah diserap dan lebih cepat bereaksi.
  • Batu yang masih dalam kondisi bahan banyak mengandung unsur dan lapisan mineral lain seperti kerak, kapur dan kotoran. Sebaiknya kerak dan lapisan luar batu dihilangkan terlebih dahulu.
  • Masukkan batu kedalam toples yang sudah diberi cairan aki zuur sampai batu benar benar tenggelam seluruhnya.
  • Lalu tutup toples rapat rapat.
  • Jemur diatas rumah (genting) tiap hari sampai 3 bulan.
  • Jika sudah tiga bulan ambil toples, keluarkan batu dengan menggunakan pinset plastik. Ingat pinset plastik jangan besi karena akan menimbulkan korosi. Lalu bersihkan batu dengan menggunakan air kelapa atau larutan isotonik sampai bersih.
  • Lalu amati dan evaluasi batu, apakah sudah sesuai keinginan apa belum..? jika belum bisa diulangi sampai beberapa bulan kedepan.

Ada juga yang melakukan penuaan batu dengan cara dibakar dengan api las karbit. Namun ini tidak disarankan dan bila suhu api sangat panas bisa menyebabkan batu pecah dan retak. Berhati hatilah dalam melakukan treatment ini.

Demikian sedikit pembahasan tentang  Tips Mempercepat Proses Penuaan Batu Akik, Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang Batu Mulia atau Batu Permata. Jangan lupa Baca juga Kegunaan, Khasiat dan Manfaat Batu Obsidian[bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *