Trik Mengembangkan Bisnis Internet di Dunia Digital

Trik Mengembangkan Bisnis Internet di Dunia Digital – Internet saat ini adalah salah satu lahan “basah” untuk bisnis, dan kamu mungkin termasuk yang tertarik mengembangkan bisnis internetmu sendiri. Akan tetapi, komputer dan ponsel saja tidak cukup. Kamu juga harus memiliki koneksi internet yang stabil, misalnya internet Simpati Loop. Dan yang lebih penting, kamu harus punya strategi khusus untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnismu.

Karena bisnis internet banyak pesaingnya, pastikan kamu memiliki strategi untuk mempertahankan bisnismu di dunia digital. Berikut beberapa strategi untuk sukses secara finansial di dunia digital.

Miliki Jejaring Sosial Berbasis FotoMiliki Jejaring Sosial Berbasis Foto

Source – pixabay

Kamu mungkin sudah memiliki akun Facebook dan Twitter, tetapi zaman sekarang, media social ini tidak cukup untuk bisnis. Orang akan lebih tertarik melihat gambar produk atau barang, dan media promosi dengan foto biasanya lebih menarik perhatian. Instagram adalah jejaring sosial berbasis foto yang bagus untuk bisnis. Apalagi, sekarang Instagram memiliki banyak fitur berguna untuk membuat akunmu menarik, seperti Instagram Stories dan fitur untuk beriklan.

Jejaring sosial berbasis foto (dan video) adalah investasi yang bagus untuk bisnis internet, tetapi ingat bahwa jejaring sosial semacam ini membutuhkan internet stabil dan bisa menghabiskan banyak kuota ponsel. Jadi, jangan lupa untuk memilih provider yang jaringan intenetnya bagus, seperti paket internet Simpati Loop. Dan yang tak kalah pentingnya, selalu siapkan cadangan kuota di ponselmu, misalnya dengan secara rutin membeli paket internet Simpati Loop yang tersedia di Traveloka.com.

Gunakan Blog Yang Tepat

Kalau kamu belum punya uang untuk membuat situs resmi berkualitas (yang bisa membuatmu membayar jutaan Rupiah), kamu bisa mulai dari blog gratisan yang bisa diubah menjadi situs premium dengan harga relatif murah. Dari berbagai penyedia blog gratis, WordPress adalah salah satu yang terbaik. Selain memiliki banyak pilihan tema profesional baik gratis maupun berbayar, blog WordPress juga memiliki banyak plugin yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kinerjanya.

Gunakan Aplikasi RSS FeederGunakan Aplikasi RSS Feeder

Source – pixabay

Jika kamu ingin mengembangkan bisnis, sangat penting buatmu untuk selalu mendapat informasi terbaru terkait bidang bisnismu. Berlangganan RSS feeder akan membantumu mendapat berita terbaru terkait topik penting dari situs-situs favoritmu. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Feedly untuk mendapat semua jenis berita dan informasi terbaru di satu tempat terkait kata kunci atau topik favoritmu.

Misalnya, jika kamu tertarik pada topik “social media marketing” atau “business app”, kamu bisa mendapat semua berita dan artikel dengan tema tersebut di Feedly, sehingga kamu tidak perlu membuka banyak aplikasi sekaligus (membuka banyak aplikasi bisa menghabiskan kuota internet).

Kelola Proyek Bisnismu dengan TrelloKelola Proyek Bisnismu dengan Trello

Source – digitaltrends

Internet telah membuat banyak orang bisa bekerja sama secara profesional, sekalipun mereka tidak tinggal di tempat yang sama. Tetapi, kalau kamu mengerjakan banyak proyek dengan beberapa tim sekaligus, kamu mungkin mengalami kesulitan menangani mereka. Gunakan alat seperti Trello untuk mengelola proyekmu secara daring, menghubungkanmu dengan orang-orang yang mengelola suatu proyek secara spesifik, sehingga kamu bisa melacak setiap proyek dengan mudah.

Fokus Pada Pemasaran Mobile

Pernahkah kamu membuka situs penjualan atau bisnis yang tampak bagus di komputer, tetapi sulit dijelajahi atau tampak berantakan di layar ponsel? Apakah kamu pernah merasa kesal ketika menemukan kesulitan saat menggunakan berbagai fitur suatu toko di ponselmu? Mungkin ini karena si pemilik toko tidak berfokus pada pemasaran mobile, dan lebih memerhatikan pengguna komputer atau laptop daripada ponsel. Padahal, sekarang hampir sebagian besar aktivitas (termasuk transaksi dan belanja) bisa dilakukan lewat ponsel.

Ketika mengatur tampilan blog atau situsmu, pastikan tampilannya optimal ketika dilihat lewat layar ponsel. Kamu juga harus memastikan bahwa situsmu tidak “lambat” atau menghabiskan banyak kuota internet ketika pengguna ponsel menjelajahi berbagai halamannya.

Gunakan Fitur Live Pada Berbagai Jejaring Sosial

Jejaring sosial populer seperti Facebook dan Instagram kini sudah memiliki fitur live, di mana kamu bisa menggunakannya untuk merekam video dan langsung menayangkannya di akunmu. Fitur ini memberi kesan autentik pada akun jejaring sosial, serta memberi kesempatan bagi pemasar untuk lebih kreatif dan orisinal ketika membuat konten pemasaran di jejaring sosial. Selain itu, menggunakan video “siaran langsung” serta menggabungkannya dengan promosi produk akan memberi kesan lebih asli dan familier, sehingga lebih meyakinkan.

Jika kamu tipe yang sering melakukan perjalanan atau mendatangi berbagai acara, kamu bisa menggunakan ponselmu sebagai sarana pemasaran kilat lewat fitur live. Misalnya, kamu bisa mengiklankan produk yang kamu jual dengan cara menggunakannya di jalan, lalu sampaikan mengapa produk tersebut wajib dibeli, lengkap dengan bahasa yang cocok untuk pangsa pasarmu. Mungkin kamu bisa mengiklankan produk sepatu yang kamu pakai saat sedang melancong ala backpacker, atau mempromosikan situs jasa pemesanan tiket konser saat kamu sedang di sebuah acara konser populer.

Pemasaran digital adalah bisnis yang bisa dilakukan siapa saja, selama punya produk untuk dipasarkan dan sambungan internet, serta tak lupa paket internet yang bisa kamu beli di Traveloka. Manfaatkan ponsel serta sambungan internet Simpati Loop kamu untuk bergabung dalam tren dunia digital, dan luncurkan bisnismu ke dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *