Tutorial Photoshop Membuat Efek Smudge Painting

Tutorial Photoshop Membuat Efek Smudge Painting – Pernah lihat gambar atau Photo yang seperti lukisan kanvas? Seperti itu disebut dengan Efek Smudge painting. Istilah Smudge sering juga dikenal dengan istilah mengosok gambar atau Photo sehingga menghasilkan efek lukisan. Untuk membuat Efek Smudge Painting digunakan sebuah Tools dalam Photoshop yang disebut Smudge Tool.

Pada postingan pertama kami di pembahasan Tutorial Photoshop akan diperkenalkan Cara Membuat Efek Smudge Painting. Untuk bisa menggunakan Tool Smudge dengan baik untuk membuat Efek Smudge painting perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Bahan :

Hasil Akhir

tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 1

Buka gambar old-Man.jpg dan kita akan mengganti backgroundnya terlebih dahulu, pertama anda harus menyeleksi objek kakek pada gambar old-man.jpg menggunakan Pen Tool (P) atau bisa juga Pylagonal Lasso Tool (L). Jika sudah masuk ke menu Edit > Copy atau tekan Ctrl + C pada keyboard anda.

seleksi gambar old man dan copy - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 2

Buka gambar Oil-Paintig-Backgroud.jpg kemudian masuk ke menu Edit > Paste atau cukup dengan menekan Ctrl + V pada keyboard anda. Jika sudah maka gambar kakek yang telah diseleksi dan di copy tadi akan muncul dengan nama “Layer 1”.

paste gambar old man - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 3

Gunakan Free Transform Tool (Ctrl + T) untuk mengatur posisi dan ukuran gambar kakek (Layer 1) agar sesuai dengan background.

atur posisi dan ukuran gambar menggunakan free transform tool - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 4

Tahap berikutnya kita akan menyesuaikan mulai dari warna, kecerahan, kontras, dan juga lelvel pada gambar kakek dengan background, agar keduanya terlihat menyatu. Ok! Pertama masuk ke menu Image > Adjustment > Selective Color. Jika sudah silahkan anda atur seperti gambar dibawah ini.

image adjustment selective color - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 5

Masuk lagi menu Image > Adjustment > dan pilih Color Balance (Ctrl + B). Selanjutnya silahkan atur seperti gambar dibawah ini.

image adjustment color ballance - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 6

Masih pada menu Image > Adjustment > kali ini pilih Brightnerss/Contrast, dilanjutkan dengan mengatur Brightness = – 30 dan Contast = +20.

image adjustment brightness contrast - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 7

Sekali lagi masuk ke menu Image > Adjustment > dan pilih Level atau cukup dengan menekan Ctrl + L pada keyboard anda, Kemudian atur seperti contoh gambar dibawah ini.

 

image adjustment level - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 8

Masih pada gambar kakek (Layer 1), kali ini kita akan mempertajam gambar kakek, caranya masuk ke menu Filter > Sharpen > Sharpen. Ingat! Lakukan langkah ini sebanyak 2x.

filter sharpen sharpen - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 9

Masuk ke menu Filter > Artistic > Paint Daubs, kemudian atur Brush Size = 2, Sharpness = 5, dan pada pilihan Brush Type silahkan pilih Simple, dilanjutkan dengan meng-klik tombol OK.

filter artistic paint daubs - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 10

Satukan “Layer 1” dan layer “Background”, caranya adalah dengan meng-klik kedua layer tersebut pada layer palette sambil menekan tombol Shift pada keyboard anda. Kemudian klik kanan dan pilih Marge Layer. Jika sudah maka kedua layer tersebut akan menyatu mejadi satu layer dengan nama “Background”.

 

marge layer - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

Gandakan layer “Background” dengan cara menekan Ctrl + J pada keyboard anda, maka akan muncul layer baru dengan “Layer 1”

duplicate layer background ctrl j - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 11

Baiklah, Sekarang kita masuk ke tahap inti dari tutorial ini, yaitu melakukan proses Smudge Painting atau yang biasa disebut dengan menggosok. SIlahkan gunakan Smudge Tool (R) anda, kemudian atur Strenght sebesar 65%. Atur juga jenis brushnya, silahkan gunakan brush smudge 01 dari smudge brushes by kanonliv yang sudah anda download.

gunakan smudge tool dan atur jumlah strenght - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 12

OK! Sekarang silahkan anda mulai menggosok gambar kakek dengan Smudge Tool (R) anda. Yang perlu anda ingat adalah saat menggosok, ikuti alur atau garis-garis pada wajah dan juga rambut sesuai dengan bentuknya, begitu pula degan pencahayaannya. Juga jangan lupa untuk mengatur besar dan kecilnya ukuran brush sesuai dengan area yang akan anda gosok. Misalkan, pada bagian mata, hidung, Bibir, silahkan anda gunakan brush dengan ukuran/size kecil. Untuk mengatur ukuran brush secara cepat, tekan tombol [ untuk memperbesar ukuran brush dan tekan tombol ] untuk memperkecil ukuran brush. Pastikan anda juga menggosok pada area background.

sebelum dan sesudah gambar di gosok menggunakan smudge tool - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 13

Setelah anda menggosok seluruh area pada gambar, selanjutnya gandakan “Layer 1” dengan menekan tombol Ctrl + J pada keyboard anda, maka akan muncul layer baru dengan nama “Layer 1 Copy”. Kemudian gunakan Burn Tool (O) untuk menambah kesan gelap seperti pada area lekukan, seperti lekukan baju, dagu, dan juga pada area bayangan. Tapi sebelum menggunakan Burn Tool pada gambar, silahkan atur terlebih dahulu Range-nya menjadi Midtones dan Exposure sebesar 40%.

menggunakan burn tool dan mengatur jumah exposure dan mode range - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 14

Gandakan “Layer 1 Copy” (Ctrl + J), maka akan muncul layer baru dengan naman “Layer 1 Copy 2”. Kemudian masuk ke menu Filter > Sharpen > Smart Sharpen dan atur Amount-nya sebesar 100% dan Radius sebesar 4.1 pixels dilanjutkan dengan menekan tombol OK.

filter sharpen smart sharpen - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

STEP 15

Selanjutnya gandakan lagi layer “Layer 1 Copy 2” (Ctrl + J), maka akan muncul layer baru dengan nama “Layer 1 Copy 3”. Kemudian silahkan gosok sekali lagi gambar menggunakan Smudge Tool (R), tapi kali ini dengan Strenght yang lebih kecil, yaitu 40%.

gunakan smudge tool dengan strenght 40 persen - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

Jika sudah, maka proses Smudge Painting pun telah selesai dan silahkan anda save gambar anda atau anda juga bisa melakukan variasi lebih lanjut, misalnya pada warna silahkan gunakan menu Hue/Saturation dan silahkan anda atur sesuai dengan kreatifitas anda.

sebelum gambar di smudge painting - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

sesudah gambar di smudge painting - tutorial cara membuat efek smudge painting di photoshop

Itulah tadi teknik photoshop sederhana dari saya mengenai Tutorial Cara Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop , semoga bisa bermanfaat dan seperti biasa setiap kali saya membuat postingan tentang tutorial photoshop, tidak lupa saya juga membuat tutorialnya dalam bentuk video yang kemudian saya upload di youtube selanjutnya saya masukan kedalam postingan dengan harapan jika ada yang tidak dimengerti dari tulisan saya semoga tutorial dalam bentuk videonya bisa membantu. Seperti pada postingan kali ini jika ada yang kurang dipahami dari langkah-langkah diatas, dibawah ini saya sediakan tutorialnya dalam bentuk video yang telah saya buat. OK! Sekian dari saya, terimakasih atas kunjungan anda dan wassalam.

Tutorial Photoshop Membuat Efek Smudge Painting | Admin | 4.5
Leave a Reply