2 Contoh Usaha Sampingan tanpa Modal

Usaha Sampingan tanpa Modal – Update hari ini masih tentang Usaha Sampingan, kali ini akan dibahas tentang Usaha Sampingan tanpa Modal. Di sini diberikan 2 Contoh Usaha Sampingan tanpa Modal.

Banyak orang yang bilang bahwa membangun bisnis mandiri tanpa modal merupakan suatu hal yang tidak mungkin. Hal tersebut memang tak terbantahkan apabila yang dimaksud adalah benar-benar tanpa modal keterampilan ataupun hobi. Namun apabila Anda memiliki sebuah keterampilan tertentu ataupun hobi, bukan tidak mungkin untuk mejalankan sebuah usaha tanpa modal.

Usaha Sampingan tanpa Modal

Usaha Sampingan tanpa Modal

Banyak peluang usaha yang sebenarnya dapat dijalankan tanpa modal uang, tentunya apabila Anda memiliki keterampilan ataupun hobi. Contohnya Anda memiliki sebuah keterampilan membuat sesuatu yang kreatif, Anda bisa menjadikan hal tersebut menjadi ladang uang apabila Anda bisa memanfaatkannya. Semisal Anda mempunyai hobi menulis, Anda bisa menjadi seorang content writer atau penulis artikel dengan penghasilan yang tidak bisa dianggap remeh.

Disini Anda dapat menemukan inspirasi untuk menjalankan sebuah usaha tanpa modal uang. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan pokok yang saat ini Anda geluti. Dan berikut contoh usaha tanpa modal yang dapat menghasilkan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

1. Usaha Sampingan tanpa Modal Menjadi Content Writer

Seperti yang telah disebutkan diatas, usaha sampingan tanpa modal dengan menjadi content writer atau penulis artikel ini hanya cocok bagi Anda yang hobi menulis. Pekerjaan ini sebenarnya cukup potensial dan tentunya dapat dikerjakan di rumah. Namun jangan salah, usaha sampingan sebagai penulis artikel juga memerlukan kesabaran dan ketelitian. Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa memahami apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan oleh pembeli tulisan Anda.

Dengan menjadi seroang penulis artikel lepas, Anda bisa membuka jasa penulisan artikel dengan harga yang bervariasi. Mayoritas saat ini menggunakan acuan berapa kata untuk menghargai tulisan tersebut. Semisal Anda harus menulis artikel 400-500 kata (berdasarkan Microsoft Word), Anda bisa mematok harga sekitar Rp 10.000 per artikel (bisa lebih bisa kurang). Apabila Anda sanggup menulis 10 artikel per hari, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan Rp 3.000.000,- setiap bulan. 10.000 x 10 = 100.000 x 30 = 3.000.000

Tak perlu bingung bagaimana menjadi content writer atau penulis artikel. Anda bisa membuka lapak jualan secara online di forum-forum besar seperti kaskus atau ads.id misalnya. Disana banyak sekali yang bersedia membayar tulisan Anda. Anda tinggal membuka thread “jasa penulisan artikel” dengan mencantumkan contoh tulisan dan daftar harga sesuai ketentuan Anda. Jangan lupa juga untuk membaca dan mematuhi peraturan pada masing-masing forum.

2. Usaha Sampingan tanpa Modal Menjadi Dropshiper

Dropshiper secara singkatnya merupakan orang yang menjual kembali suatu produk tanpa harus memiliki produk tersebut. Contoh, Jimmy merupakan supplier dari produk kaos. Lalu Anda berminat untuk menjadi dropshiper dari produk Jimmy tersebut. Anda menawarkan produk kaos Jimmy tersebut kepada Robert, dan apabila terjadi transaksi, Robert akan membayar kepada Anda dan Anda meneruskannya kepada Jimmy. Lalu Jimmy akan mengirim kaos kepada Robert dengan nama Anda sebagai pengirimnya. Note: sebaiknya Anda dan supplier dari awal telah bersepakat masalah harga.

Anda tidak perlu bingung bagaimana mencari supplier dan pembeli. Contoh simple, Anda bisa memanfaatkan Tokopedia dan OLX (dulunya Tokobagus). Jadi Anda mencari supplier barang di Tokopedia, tanyakan pula apakah bisa barangnya tersebut Anda dropshipkan. Jika ada respon positif dari supplier di Tokopedia, Anda bisa mengiklankan secara gratis barang tersebut di OLX, tentu saja dengan harga yang lebih dibanding harga yang tertera di Tokopedia.

Jika ada pembeli, Anda bisa menginstruksikan pembeli tersebut untuk membayar harganya kepada Anda terlebih dahulu. Lalu Anda harus meneruskannya dengan membayar harga barang yang tertera di Tokopedia tersebut kepada supplier.

Sebenarnya masih banyak contoh peluang usaha yang dapat dijalankan meskipun tanpa modal uang. Namun, 2 contoh peluang usaha diatas kiranya merupakan peluang usaha sampingan terbaik yang dapat dijalankan tanpa modal dengan potensi penghasilan jutaan rupiah per bulannya.

Namun perlu Anda ingat, bahwa tidak ada sebuah usaha yang dapat dijalankan tanpa modal sama sekali. Keterampilan dan kemampuan ataupun hobi juga dapat dikatakan sebagai modal bukan. Sekian, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun usaha mandiri tapi belum memiliki modal. [bt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *