Vertigo Jenis sakit Kepala yang Wajib Anda Ketahui

Vertigo Jenis sakit Kepala yang Wajib Anda Ketahui – Masih tentang sakit kepala, kali ini admin Baca Bagus akan berbagi tentang Vertigo Jenis sakit Kepala yang Wajib Anda Ketahui. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Jenis Jenis sakit Kepala yang sering dialami secara Umum.

Vertigo Jenis sakit Kepala yang Wajib Anda Ketahui

Vertigo Jenis sakit Kepala yang Wajib Anda Ketahui

Vertigo yang merupakan suatu ilusi bergerak atau halusinasi gerakan.  Penderita merasakan atau melihat lingkungannya seolah berputar, padahal sebenarnya tidak. Gerakan yang dirasakan pada umumnya berputar, walaupun ada kasus yang gerakannya bersifat linier (tubuh seolah didorong atau ditarik menjauhi bidang vertikal).

Lihar juga Penyebab Sakit Kepala yang sering terjadi

Perasaan berputar muncul karena sistem keseimbangan dalam otak terganggu. Yang mengatur sistem keseimbangan adalah sistem vestibuler, sistem serebelum (otak kecil), dan sistem korteks (lapisan luar) serebri dan batang otak.

Vertigo yang dalam bahasa Yunani artinya memutar, Sebagian besar disebabkan oleh gangguan sistem vestibuler yang sering dibarengi gangguan sistem otonom (mual, pucat, keringat dingin, muntah, perubahan denyut nadi, tekanan darah, dan diare). Vertigo sebenarnya merupakan gejala suatu penyakit, bisa akibat benturan atau trauma pascakecelakaan, stres, gangguan pada telinga bagian dalam, obat-obatan, terlalu sedikit atau terlalu banyak aliran darah ke otak. Sensasi sempoyongan juga dapat dialami seseorang yang berdiri di ketinggian atau bingung berada di tempat yang ramai dan asing. Yang lebih parah apabila sakit kepala ini merupakan gejala stroke atau tumor otak. Untuk mengetahui pangkal penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan secara teliti.

Dikenal juga istilah vertigo posisional, yakni vertigo akan muncul hanya pada sikap atau posisi kepala tertentu, misalnya miring ke kanan atau kiri dan telinga yang terganggu ditempatkan di sebelah bawah. Sindrom ini pada umumnya hanya berlangsung beberapa detik atau menit saja, namun disertai rasa mual.

Ada pendapat yang menyatakan, untuk mengatasi gejala itu penderita seharusnya terus berusaha mempertahankan sikap atau posisi yang mencetuskannya. Dengan latihan ini, lama kelamaan intensitas serangan akan mereda. Namun dalam kenyataan, kebanyakan penderita langsung mencari posisi lain untuk mengalihkan serangan. Tapi, ini tergantung penyebabnya. Kalau kelainan terletak pada batang otak atau serebelum, tidak akan diperoleh perbaikan dengan cara di atas.

Yang perlu diwaspadai apabila sakit kepala timbul mendadak dengan rasa sakit tidak tertahankan. Perlu juga dicurigai sakit kepala yang semakin berat. Juga sakit kepala yang memburuk bila mengejan atau melakukan kegiatan. Apalagi kalau disertai penurunan kesadaran, bicara mulai kacau, demam tinggi. Sakit kepala yang begini biasanya pertanda adanya kelainan daam rongga tengkorak.

Baca juga Fakta Menarik tentang Sakit Kepala

Fakta menunjukkan bahwa migren yang lebih banyak menyerang perempuan dewasa merupakan sakit kepala tipe sekunder. Biasanya migren bersifat kronis, dimana serangannya akan datang berulangkali. Migren biasanya terasa disekitar pelipis (temple), kadang-kadang di dahi, sekeliling mata atau bagian belakang kepala. Migren juga dikaitkan dengan rasa mual, muntah, diarrhea, tangan dan kaki dingin, serta sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Serangannya berlangsung antara empat sampai 72 jam, dan yang anda perlukan adalah berbaring ditempat yang tenang dan gelap. Kurang lebih 50% penderita migren mengalami gejala seperti mengantuk, mudah tersinggung/marah (bad mood), kelelahan/keletuhan, depresi, atau bias juga ‘ngidam’(kepingin) makanan yang asin-asin selama berhari-hari sebelum serangan migren. Dan sekitar 20% penderita sebelum serangan migren mereka mengalami sensasi ‘aura’, yaitu berupa cahaya terang yang tiba-tiba muncul seperti gerakan angina diikuti dengan rasa ngilu dan nyeri di lengan dan sekitar mulut dan hidung, bahkan halusinasi dan rasa atau aroma yang aneh. [bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *